Blog Post

Gerakan > Daerah > Ganjar Pranowo Ungkap Pentingnya Peran Tokoh Agama di Masyarakat

Ganjar Pranowo Ungkap Pentingnya Peran Tokoh Agama di Masyarakat

Spread the love

Dalam upaya memajukan Indonesia, Calon Presiden 2024, Ganjar Pranowo, menyoroti pentingnya peran tokoh agama dalam menyelesaikan berbagai masalah yang tengah dihadapi masyarakat.

Hal ini diungkapkannya saat bertemu dengan pimpinan pondok pesantren (ponpes) se-Sumatera Utara di Pesantren Darularafah Raya, Kab. Deli Serdang, pada Jumat (10/11/2023). Ganjar, yang merupakan mantan Gubernur Jawa Tengah, menegaskan bahwa bantuan dari para tokoh agama telah menjadi kunci sukses dalam menangani permasalahan di tengah masyarakat.

Menurut Ganjar Pranowo, kehadiran dan dialog para tokoh agama mampu memudahkan penyelesaian masalah di masyarakat. Pengalaman ketika menjadi gubernur Jawa Tengah menjadi bukti konkret bagaimana sinergi antara pemerintah dan tokoh agama dapat menciptakan solusi yang efektif, terutama dalam menghadapi tantangan sosial dan finansial, khususnya selama pandemi COVID-19.

Ganjar mencontohkan pengembangan zakat, infak, dan sedekah di lingkungan pegawai Pemprov Jateng sebagai hasil kerja sama dengan ulama.

Awalnya, penerimaan zakat di lingkungan tersebut hanya sekitar Rp 100 juta hingga Rp 200 juta dari sekitar 40 ribu pegawai. Namun, dengan bantuan ulama yang memberikan ceramah tentang zakat, angka tersebut meningkat drastis menjadi Rp 6 miliar per bulan.

Dana zakat tersebut kemudian disalurkan untuk menangani kemiskinan ekstrem, memberikan bantuan sosial, hingga mengatasi masalah stunting. Penerimaan zakat di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pada 2022 mencapai Rp 82,5 miliar dan diperkirakan akan terus meningkat pada tahun 2023.

Ganjar Pranowo sangat mengapresiasi peran penting tokoh agama dalam meningkatkan kesadaran zakat di kalangan pegawai pemerintah. Ia menyoroti bagaimana ulama yang berkunjung ke seluruh dinas mampu memotivasi pegawai untuk membayar zakat.

Dari penerimaan awal Rp 200 juta, sekarang berhasil mencapai Rp 6 miliar. Keterlibatan tokoh agama juga mencakup doa dan dukungan dari pimpinan Pondok Pesantren Sumatera Utara, yang berharap Ganjar Pranowo menjadi Presiden Indonesia periode 2024-2029.

Kunjungan Ganjar ini tidak hanya mencerminkan peran vital tokoh agama dalam menyelesaikan masalah sosial, tetapi juga menunjukkan betapa pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan pemimpin agama.

Model kerjasama ini dapat dijadikan contoh di berbagai daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini juga menekankan bahwa pemimpin agama memiliki peran utama dalam membentuk kebijakan publik yang langsung berdampak pada kehidupan masyarakat.

Baca Juga: Pangeran Siahaan Sebut Ganjar-Mahfud Sosok Pemimpin yang Peka Persoalan Masyarakat

Pentingnya Peran Tokoh Agama di Tengah Masyarakat Menurut Ganjar Pranowo

Peran tokoh agama sebagai penyeimbang kehidupan sosial masyarakat terlihat dalam beberapa aspek.

Pertama, mereka berfungsi sebagai pemimpin spiritual yang membimbing masyarakat dalam memahami dan mengamalkan nilai-nilai agama, menciptakan fondasi moral dan etika yang kuat.

Mereka juga sering menjadi mediator dalam konflik sosial, membantu menyelesaikan masalah dengan cara yang adil dan bijaksana.

Selain itu, tokoh agama terlibat aktif dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat, membantu mendirikan dan mengelola lembaga pendidikan, rumah sakit, panti asuhan, dan lembaga kesejahteraan sosial, memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat.

Dengan demikian, peran tokoh agama bukan hanya sebagai pembimbing spiritual, tetapi juga sebagai pelaku yang aktif dalam memajukan masyarakat, mengintegrasikan aspek spiritualitas dan materialitas ke dalam kehidupan sosial.

Baca Juga: Ketika Mahfud MD Ngopi dengan Pemuda Makassar, Ini yang Terjadi

Pengalaman Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah memberikan gambaran konkret tentang bagaimana kerja sama antara pemerintah dan tokoh agama dapat menciptakan dampak positif dan membentuk kebijakan yang berpihak pada kepentingan masyarakat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *