Blog Post

Gerakan > Election > Ganjar Pranowo Ungkap Pengalamannya Membantu ODGJ Hingga Sembuh: Apa Visi-Misinya Bagi Kesehatan Mental?
TPD Ganjar

Ganjar Pranowo Ungkap Pengalamannya Membantu ODGJ Hingga Sembuh: Apa Visi-Misinya Bagi Kesehatan Mental?

Spread the love

Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, menghadirkan sentuhan empati dan komitmen yang kuat terhadap orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), sambil menyoroti pentingnya kesehatan mental.

Dalam acara “Dialog Terbuka Capres-Cawapres” di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Kamis (23/11/2023), Ganjar menegaskan pentingnya mengakomodasi hak-hak ODGJ, termasuk hak mereka untuk sembuh.

“Hak-hak ODGJ, termasuk untuk sembuh, tidak bisa diabaikan,” ucap Ganjar dikutip dari salah satu media nasional, menegaskan bahwa pemerintahan yang dipimpinnya akan mengutamakan pelayanan kesehatan bagi mereka yang membutuhkan dukungan lebih, seperti ODGJ.

Ganjar juga merinci pengalamannya di Banyumas, Jawa Tengah, di mana ia bertemu dengan seorang ODGJ yang saat itu hidup dalam kondisi yang memprihatinkan. “Dikerangkeng dia (ODGJ), diikat kakinya, maaf, telanjang. Kami datangi, kami bercanda, dan kemudian dibawa ke rumah sakit di Klaten saat itu,” ungkap Ganjar.

Dengan penuh kebahagiaan, Ganjar Pranowo berbagi kisah penuh haru ketika ODGJ tersebut bisa sembuh bahkan bisa bekerja selayaknya masyarakat.

“Masya Allah, sembuh dia! dan sekarang dia bekerja seperti layaknya kita,” ungkap Ganjar sambil menyoroti keberhasilan transformasi hidup seseorang yang mendapat bantuan dan perhatian.

Keberhasilan Ganjar dalam membantu ODGJ menjadi bukti konkrit dari komitmennya terhadap isu kesehatan mental. Menyadari pentingnya perhatian terhadap kesehatan jiwa anak muda, Ganjar menjadikan hal ini sebagai salah satu fokus utama visi-misinya.

Sebagai contoh, Ganjar menyampaikan bahwa kesehatan mental anak muda saat ini butuh diperhatikan. Bersama cawapresnya, Mahfud MD, mereka memiliki visi-misi spesifik yang menitikberatkan pada kesehatan mental sebagai bagian dari isu-isu prioritas dalam kepemimpinan mereka. Apa sajakah program atau misi-misinya tersebut? Berikut rinciannya dari Buku Penjelasan Visi-Misi Ganjar Pranowo & Mahfud MD.

Baca Juga: Berbagai Makna dari Angka 3, Nomor Ganjar-Mahfud

Visi-Misi Ganjar Pranowo – Mahfud MD dalam Menangani Kesehatan Mental Masyarakat Seperti ODGJ

1. Meningkatkan Dukungan Terhadap Kesehatan Mental

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menekankan komitmen mereka untuk meningkatkan layanan kesehatan mental dengan menginisiasi sejumlah langkah konkret. Salah satunya adalah melalui inisiatif penyediaan nomor darurat gratis 24/7, memberikan akses bantuan sepanjang waktu bagi mereka yang membutuhkan dukungan mental mendesak. Selain itu, mereka juga merencanakan pendirian lembaga komunikasi krisis yang tidak hanya responsif, tetapi juga holistik dalam menanggapi berbagai masalah kesehatan jiwa.

Langkah-langkah konkret tersebut juga mencakup pembentukan pos konseling di seluruh kampus, menciptakan ruang aman di lingkungan pendidikan untuk diskusi dan dukungan mental. Di samping itu, mereka berencana memperluas layanan kesehatan mental ke tingkat lokal dengan menyediakan pelayanan di setiap puskesmas, memastikan bahwa masyarakat memiliki akses yang mudah dan terjangkau terhadap dukungan kesehatan mental.

Selain itu, untuk mendukung pelayanan yang lebih lanjut, mereka berkomitmen untuk menyediakan fasilitas layanan jiwa di seluruh rumah sakit umum, menciptakan sistem yang merangkul kesehatan mental sebagai bagian integral dari sistem perawatan kesehatan secara keseluruhan.

2. Pemberian Edukasi dan Penyediaan Layanan Konseling serta Pendampingan Kesehatan Mental Bagi Seluruh Warga

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berkomitmen untuk memberikan edukasi menyeluruh dan layanan kesehatan mental yang terintegrasi untuk seluruh warga Indonesia. Mereka merencanakan pemberian edukasi yang mencakup penyuluhan dan informasi terkait kesehatan mental di semua lapisan masyarakat.

Dengan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kesehatan jiwa, diharapkan stigma yang masih terkait dengan masalah ini dapat dikurangi, membuka pintu untuk lebih banyak percakapan terbuka dan penerimaan.

Dalam upaya memprioritaskan kesehatan jiwa dan mendukung hak-hak ODGJ, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD membawa sentuhan empati ke panggung politik. Kisah haru di Banyumas menjadi bukti nyata dari komitmen mereka untuk mengakomodasi dan memberikan perhatian terhadap isu-isu kesehatan mental. Melalui visi-misi konkret mereka, pasangan calon nomor urut 3 ini memperlihatkan langkah-langkah nyata dalam meningkatkan layanan kesehatan mental serta menciptakan lingkungan yang mendukung bagi semua warga Indonesia.Top of Form

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *