Blog Post

Gerakan > Daerah > Ganjar Pranowo Tegaskan Ini di Tana Toraja
Guru Honorer Jawa Tengah di Era Ganjar Pranowo Sejahtera, Mungkinkah di Bawa ke Tingkat Nasional?

Ganjar Pranowo Tegaskan Ini di Tana Toraja

Spread the love

Calon presiden Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan tentang perlindungan perempuan selama berada di Tana Toraja.

Pada Sabtu, 25 November 2023, calon presiden Ganjar Pranowo bertemu dengan para pendeta dan tokoh setempat di Kantor Badan Pekerja Sinode Gereja Toraja di Rantepao, Toraja Utara, untuk memulai perjalanannya ke Sulawesi Selatan.

Salah satu tokoh masyarakat, Dhani, tidak hanya menekankan keindahan alam Toraja tetapi juga menyuarakan keprihatinan mengenai hak-hak perempuan dan perlindungannya.

“Kira-kira menurut bapak, bagaimana tanggapan bapak tentang perempuan yang seringkali boleh dikatakan belum mendapat haknya?” tanya Marry dari Tana Toraja.

Ganjar Pranowo menegaskan, dirinya berkomitmen memberikan perlindungan terhadap perempuan. Dengan latar belakangnya sebagai Gubernur Jawa Tengah dan anggota DPR RI, Ganjar berharap bisa menerapkan langkah-langkah praktis untuk meningkatkan perlindungan perempuan.

“Kelompok perempuan, disabilitas, dan anak-anak. Dialah yang boleh berbicara lebih dulu, yang lainnya nanti. Agar semua punya frame, agar setiap pembangunan yang selama ini maskulin punya perspektif gender,” jelas Ganjar, menunjukkan kesungguhan untuk memberikan ruang dan perlindungan yang setara bagi seluruh elemen masyarakat.

Baca Juga: Soal Debat Capres-Cawapres yang Digelar KPU, Ganjar Pranowo Lakukan Persiapan Khusus

Kunjungan ini merupakan bukti dedikasi Ganjar Pranowo dalam memajukan hak-hak perempuan dan industri pariwisata seiring dengan tujuan membangun masyarakat yang inklusif dan berkeadilan.

Namun selain dedikasinya tersebut, ia dan wakilnya Mahfud MD telah mengeluarkan pernyataan visi dan tujuan yang berpusat pada perlindungan perempuan, anak, dan penyandang disabilitas.

Tujuan dan ambisi Ganjar Pranowo dan Mahfud MD terlihat dalam kunjungannya ke Tana Toraja dan reaksinya terhadap perlindungan perempuan.

‘Menuju Indonesia Unggul: Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari’ merupakan visi Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Salah satu dari delapan fase dalam “8 Langkah Cepat Ganjar & Mahfud” bertujuan untuk mempercepat pembangunan manusia Indonesia yang unggul, berkualitas, produktif, dan bermartabat.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Capres Paling Paham Soal Kemiskinan

Tujuan dari misi ini antara lain peningkatan kesejahteraan perempuan dan anak sebagai salah satu kegiatannya.

Sebagaimana tertuang dalam pernyataan ‘Perempuan Maju dan Anak Sejahtera’, pasangan Ganjar-Mahfud mempunyai misi khusus dalam konteks ini yang berkaitan dengan kesejahteraan dan kemajuan perempuan dan anak.

Ganjar-Mahfud menjalankan berbagai misi untuk mewujudkan tujuan tersebut. Salah satunya adalah program ‘Kartini Maju’ yang berupaya menjamin penguatan dan dukungan peran laki-laki di rumah melalui berbagai cara.

Misi ‘Jaga Teman’ adalah misi berikutnya, dan misi ini mencoba untuk melindungi korban pelecehan berbasis gender.

Misi “Meningkatkan Tempat Penitipan Anak” adalah misi terakhir, dan berupaya untuk memastikan bahwa perempuan dapat berkontribusi lebih banyak baik di sektor formal maupun informal.

Meski demikian, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD bukanlah orang baru dalam upaya mewujudkan visi dan tujuan tersebut.

Keduanya telah berpartisipasi aktif dalam program pemberdayaan, pembelaan, dan pendidikan perempuan selama masa jabatan mereka dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan mereka.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *