Blog Post

Gerakan > News > Ganjar Pranowo Soroti Pentingnya Kualitas Kepada Calon Pekerja Migran Indonesia
Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo Soroti Pentingnya Kualitas Kepada Calon Pekerja Migran Indonesia

Spread the love

Calon Presiden Ganjar Pranowo memberikan semangat kepada para pekerja migran Indonesia dan menyampaikan soal pentingnya kualitas dalam bekerja. Hal itu diutarakan Ganjar ketika mengikuti acara untuk Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Namun Ganjar Pranowo memberikan beberapa pandangannya mengenai profil pekerja Indonesia yang ideal mencerminkan dua kualitas utama yakni, disiplin dan profesionalisme.

Ia juga menuturkan bahwa jika para pekerja migran Indonesia bisa menunjukan kualitasnya maka mereka akan sangat dihargai dan dihormati.

“Pekerja migran dari Indonesia itu selalu disiplin, pekerja dari Indonesia itu selalu profesional, berkinerja yang sangat optimal. Tunjukkan itu di luar sana, kalian terampil, sehingga akan dihargai dan dihormati.”

Menurutnya, apabila keterampilan, disiplin, dedikasi, dan profesionalitas menjadi prioritas dalam proses rekrutmen, hal tersebut akan mencerminkan kebijakan yang tepat. Ganjar juga menyarankan bahwa pemerintah seharusnya menyediakan lebih banyak sekolah vokasi yang berkualitas dan mengarahkan anak-anak Indonesia untuk mengisi berbagai lapangan kerja yang ada.

Selain itu, Ganjar Pranowo juga menyinggung kisah inspiratif Samsul Hadi, seorang lulusan SMP dari Purwodadi, Jawa Tengah, yang telah bertemu dengannya. Samsul, yang bisa berkomunikasi dengan lancar dalam bahasa Korea Selatan hanya setelah delapan bulan belajar, merupakan contoh nyata dari tenaga kerja Indonesia yang dapat berkinerja optimal dengan disiplin dan profesionalitas.

Baca Juga: Ganjar ingin Perbarui Sistem BAZNAS

Samsul tidak melanjutkan pendidikannya setelah SMP karena kendala ekonomi, namun kemampuannya dalam berbahasa Korea dan pengalamannya bekerja di konstruksi jalan tol di Jawa Tengah sebagai pembuat kerangka besi telah membuka peluang baginya untuk bekerja di Seoul dengan penghasilan yang layak.

Ganjar yakin bahwa model seperti kisah Samsul bisa dijadikan contoh untuk memajukan tenaga kerja Indonesia, agar di masa depan lebih banyak lagi pekerja dari Indonesia yang dihormati dan diakui di panggung global.

Hal itu menggambarkan optimisme Ganjar bahwa dengan kebijakan yang tepat, termasuk pelatihan yang efektif dan peningkatan keterampilan, tenaga kerja Indonesia bisa bersaing dan dihargai di tingkat internasional.

Ganjar Pranowo Ingin Permudah Pencari Kerja di Indonesia?

Di kesempatan yang sama Calon Presiden Ganjar Pranowo, telah menyuarakan niat dan komitmennya untuk mempermudah persyaratan batas usia dalam penerimaan karyawan baru di Indonesia.

“Ya, kita permudah saja. Dipermudah saja,” kata mantan Gubernur Jawa Tengah 2 periode itu.

Ganjar juga menegaskan pentingnya memperhatikan kebutuhan industri dan pasar kerja, yang harus selaras dengan jumlah dan kualitas SDM yang diproduksi oleh negara.

Oleh karena itu, ada kebutuhan mendesak untuk pendekatan yang terkoordinasi dalam pendidikan vokasi, agar mencetak pekerja-pekerja yang tidak hanya terampil tapi juga dapat beradaptasi dengan permintaan pasar kerja yang dinamis.

Melalui pandangan tersebut, Ganjar Pranowo menunjukkan pemahamannya soal kualitas yang harus dimiliki pekerja migran Indonesia serta meunjukkan komitmennya untuk menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan mendukung peningkatan kapasitas tenaga kerja Indonesia.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *