Blog Post

Gerakan > Election > Ganjar Pranowo Soroti Kesejahteraan Petani
Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo Soroti Kesejahteraan Petani

Spread the love

Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menekankan pentingnya merevitalisasi Koperasi Unit Desa (KUD). Hal itu dilakukan sebagai upaya menangani berbagai tantangan dalam memenuhi kebutuhan petani. Fokusnya mencakup penyelesaian permasalahan seperti ketersediaan pupuk dan langkah-langkah untuk meningkatkan kesejahteraan para petani di Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ganjar saat menjadi narasumber dalam acara sarasehan nasional yang diadakan oleh Ikatan Alumni Universitas Negeri Makassar di Hotel Four Points, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada Sabtu (18/11/2023).

Dalam acara sarasehan nasional Ikatan Keluarga Alumni Universitas Negeri Makassar (IKA UNM) di Makassar, Ganjar Pranowo diundang sebagai pembicara di hadapan ribuan alumni UNM. Tema acara ini adalah “Demokrasi dan Ekonomi.”

“Dibanyak tempat pupuk sulit, harga beras mahal, yang saya bayangkan, kenapa kita enggak hidupkan lagi KUD lagi,” kata Ganjar.

Dalam penjelasannya, mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut menekankan pentingnya memberikan pelatihan dan pembinaan kepada pengelola koperasi. Hal tersebut dilakukan agar mereka memiliki keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pendamping yang profesional. Menurutnya, untuk memastikan operasional yang efektif dari Koperasi Unit Desa (KUD), perlu ada upaya untuk mendorong timbulnya inisiatif kewirausahaan baru di kalangan petani.

Baca Juga : Ungkap Arti Video Salam 3 Jari Ganjar Pranowo!

Ganjar juga mencatat perlunya usaha untuk menyederhanakan proses pendirian koperasi. Tujuannya adalah agar masyarakat di berbagai daerah dapat lebih mudah mendirikan koperasi. Selain itu, diharapkan bahwa langkah ini akan memberikan kemudahan-kemudahan lain yang diperlukan oleh masyarakat melalui KUD.

“Saya kira perlu di revitalisasi kekuatannya. Dan ini kalau bisa kita lakukan, maka petani-petani kita akan punya banyak sekali kenyamanan, keamanan, bahkan membangun enterpreneur diantara mereka untuk bisa saling berkolaborasi dan melengkapi,” tegas Ganjar.

Ganjar juga menekankan upaya untuk mempermudah dalam pendirian koperasi. Hal ini agar masyarakat diberbagai daerah bisa lebih banyak mendirikan koperasi, serta memberikan kemudahan lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat melalui KUD.

“Dan inilah yang mesti kita lakukan agar mereka bisa mendapatkan akses yang lebih mudah, dari, oleh untuk anggota yang lebih banyak lagi bisa diberikan,” ucap Ganjar.

Kesejahteraan Petani dalam Visi-Misi Ganjar-Mahfud

Ganjar Pranowo menegaskan bahwa isu pertanian akan menjadi salah satu program prioritasnya bersama Calon Wakil Presiden Mahfud MD, jika terpilih menjadi Presiden RI pada tahun 2024 mendatang. Hal ini dianggap sebagai kesempatan dan tantangan bagi mereka untuk memajukan sektor pertanian.

Ganjar Pranowo, yang memiliki pengalaman dan prestasi dalam kepemimpinan di tingkat lokal dan nasional, khususnya dalam bidang pertanian, menyatakan komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Visi-misi Pasangan nomor urut 3 itu tertera dalam dokumen sebanyak 62 halaman itu terkait upaya memajukan sektor pertanian.

“Penghijauan wilayah pesisir, ruang terbuka hijau memadai, mitigasi bencana, serta transportasi umum yang nyaman, aman, dan ramah lingkungan diikuti penerapan teknologi digital bagi petani dan nelayan.” Dikutip tertulis dalam Visi-Misi Ganjar Mahfud pada Jumat (24/11/2023).

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *