Blog Post

Gerakan > Election > Ganjar Pranowo Sebut SDM Jadi Prioritas
Ganjar Pranowo SDM

Ganjar Pranowo Sebut SDM Jadi Prioritas

Spread the love

Calon Presiden Ganjar Pranowo, sebut Sumber Daya Manusia jadi salah satu prioritas utama untuk mendorong membangun Indonesia menjadi negara yang lebih maju.

“Untuk mencapai Indonesia unggul dan itu sumbernya atau yang harus menjadi prioritas nomor satu adalah sumber daya manusia. SDM itu harus menjadi prioritas,” ucap Ganjar Pranowo saat hadir dalam acara pembukaan Indonesia Millennial and Gen Z Summit 2023 di Spark, Jakarta, pada hari Jumat, 24 November 2023.

Menurutnya, Investasi SDM ini menjadi suatu hal yang sangat amat penting dan harus sama-sama didorong agar Indonesia memiliki generasi unggul. Hal ini, demi merealisasikan bersama, yakni target Indonesia Unggul 2045 mendatang.

Capres berambut putih kemudian mjuga enggambarkan secara singkat bagaimana pembangunan SDM agar terjalin dengan lebih efektif. Menurutnya, tidak hanya di dalam  perkotaan dan wilayah yang menjadi sentra industri, Ia juga menyoroti pentingnya pembangunan di desa dan perkampungan.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Tekankan Pentingnya EBT

“Kalo saya gambarkan secara singkat gini, kalo kita bicara tentang pembangunan perkotaan, sudah ada. Sentra industri, juga sudah ada, di sana ada desa juga,” tuturnya.

“Saya ambil sirkulasi begini ya, kalau orang desa pergi ke kota, belajar, lulus, dia memiliki dua pilihan. Tetap tinggal di kota atau mau kembali ke desa? Menurut saya yang bagus adalah pilihan kedua, kembali ke desa,” lanjut Ganjar

Capres yang berpasangan dengan Mahfud MD itu, kemudian memberikan contoh ketika masyarakat berperan membangun desa.

Sebelumnya dia sempat bertemu dengan seorang mahasiswi yang berasal Papua, yang mengaku tidak mampu membayar uang pendidikan. Lantas dirinya membiayai pendidikannya dan setelah lulus harus kembali ke Papua untuk membangun wilayah tersebut.

“Kamu (mahasiswi tadi) saya perintahkan, harus kembali ke Papua. Dia kemudian itu kembali ke desa, dan jadi aktivis di sana. Maka tadi, di sana dia bisa ikut serta membangun daerahnya untuk tumbuh berkembamg. Tapi, pada sisi yang lain, ketika kemudian mereka sekolah, kurikulumnya juga harus kami siapkan, kurikulum siap kerja,” ungkap Ganjar

Lebih lanjut, Ganjar juga mengatakan pihaknya telah membuat sebuah stimulus, yakni program yang bertajuk “1 desa 1 BLK (Balai Latihan Kerja)”.

Baca Juga: Ganjar Diskusikan Penanggulangan Narkoba di Papua

Ganjar mengungkap, dengan adanya upaya tersebut, maka akan mempermudah akses bagi para masyarakat desa.

“Sehingga siklus ini akan bisa mereka dapatkan. Aksesnya nanti akan jadi lebih mudah,” kata Ganjar. Ganjar juga menyebut, setelah mereka lulus, Ia memastikan lulusan tersebut pasti akan mendapat pekerjaan.

Diketahui, Ganjar Pranowo yang berpasangan dengan Mahfud MD memang terus membahas tentang upaya pengembangan SDM dalam berbagai kesempatan. Pasangan ini juga memiliki prorgam “1 Keluarga Miskin 1 Sarjana” yang diharapkan dapat membantu mengembangkan SDM.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *