Blog Post

Gerakan > Election > Ganjar Pranowo, Sang Pemimpin Transformasional

Ganjar Pranowo, Sang Pemimpin Transformasional

Spread the love

Ganjar Pranowo atau dikenal dengan Ganjar merupakan pemimpin yang erat hubungannya dengan pemimpin transformasional karena kiprah yang diraihnya selama memimpin Jawa Tengah.

Dalam kapasitasnya saat menjabat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo telah mencapai banyak hal. Kemampuannya membimbing pemerintah provinsi untuk memenangkan penghargaan Administrasi Imajinatif (IGA) 2020 sebagai yang paling imajinatif bisa dibilang yang paling menonjol di antara keduanya.

Karena sikap Ganjar Pranowo yang santai dan lugas, beberapa warga—khususnya di Jawa Tengah—mulai semakin merasakan kehadirannya di tengah masyarakat.

Hal ini sesuai dengan semboyan Ganjar Pranowo yaitu “Tuanku adalah rakyat, dan jabatan hanyalah amanah.” Tuhan berbicara melalui suara manusia.

Penggunaan tagline tersebut terlihat dari diskusi publik yang rutin dilakukan Ganjar Pranowo mengenai topik-topik yang sedang berkembang di masyarakat saat ini.

Baca Juga: Ketua Satgas Relawan MNC Group Ungkap Alasan Dukung Ganjar-Mahfud

Generasi milenial sering kali memanfaatkan kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam pengambilan keputusan, dan orang-orang dari generasi yang sama tertarik pada forum-forum ini. memiliki kemampuan berpikir kritis.

Untuk bisa berpartisipasi langsung, Ganjar menggandeng generasi muda melalui Organisasi Masyarakat Pemuda (OKP) yaitu generasi teknologi.

Dalam beberapa hal, seperti membantu generasi milenial mewujudkan potensi ekonomi kreatifnya di era digitalisasi, Pak Ganjar tak segan-segan melibatkan generasi tersebut.

Hal ini menunjukkan betapa pentingnya kepemimpinan dalam kolaborasi yang disandang Ganjar sejalan dengan kesimpulan Ansell dan Gash (2012) yang menegaskan bahwa salah satu tugas kepemimpinan dalam kolaborasi adalah peran pemimpin sebagai katalis.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Serap Aspirasi Rakyat Toraja

Indikasi lain dari gaya kepemimpinan demokratis Ganjar adalah kecenderungannya mendorong komunikasi antar kelompok sosial yang berbeda.

Terlihat dari tindakan cepatnya dalam menyampaikan cita-cita mahasiswa Aliansi Semarang Raya kepada pimpinan DPR RI pada tahun 2019, Ganjar sangat menghargai aspirasi masyarakatnya.

Menurut Robbins (2003:167), pemimpin yang demokratis adalah pemimpin yang melibatkan pemangku kepentingan dalam proses pengambilan keputusan, dan cara berpikir ini konsisten dengan definisi tersebut.

Tumbuh kembangnya gaya kepemimpinan transformatif Ganjar tidak lepas dari para pengikut yang dipilihnya untuk membantunya dalam menjalankan tugasnya sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Partisipasi masyarakat yang sangat besar dalam forum diskusi yang dirintis Ganjar ini menunjukkan betapa kuatnya orang-orang yang mengikuti teladannya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *