Blog Post

Gerakan > Daerah > Ganjar Pranowo Puji Toleransi Beragama yang Kuat di Sumatera Utara
Ganjar Pranowo Puji Toleransi Beragama yang Kuat di Sumatera Utara

Ganjar Pranowo Puji Toleransi Beragama yang Kuat di Sumatera Utara

Spread the love

Calon Presiden Ganjar Pranowo, dalam kunjungan ke Kisaran Kota, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, menyampaikan pujian dan apresiasinya atas toleransi beragama yang kuat di daerah tersebut.

Pernyataan ini disampaikan Ganjar dalam sebuah acara ramah tamah dengan berbagai tokoh masyarakat, agama, generasi milenial, dan pelaku UMKM yang diadakan di Riverview kafe dan restoran pada Sabtu malam, 11 November 2023.

Dalam pertemuannya, Ganjar mengungkapkan kegembiraannya melihat bagaimana toleransi beragama di Sumatera Utara terjaga dengan baik.

“Saya senang tingkat toleransi beragama di sini bagus, sukunya di sini banyak, tapi semua merasa mendapatkan peluang yang sama. Ini (toleransi beragama) adalah sebuah nilai yang sangat penting untuk kita jaga sehingga semua bersatu,” kata Ganjar, seperti yang tertuang dalam keterangan tertulisnya pada Minggu, 12 November 2023.

Pujian ini tidak hanya mengakui kerukunan dan keramahtamahan warga Asahan, tetapi juga menekankan pentingnya memelihara nilai-nilai kebersamaan dan persatuan di tengah keberagaman.

Ganjar juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada masyarakat Asahan atas sambutan hangat yang ia terima.

Baca Juga: Mengenal Jaleswari Pramodhawardhani, Deputi Inklusi TPN Ganjar-Mahfud

“Terima kasih sekali, saya senang disambut luar biasa, sambutannya sangat dahsyat, masyarakatnya juga ramah dan selalu ada penghargaan dari adat,” tambahnya.

Selain itu, mantan Gubernur Jawa Tengah 2 periode itu juga menerima cendera mata yang menurutnya merupakan karya yang hebat, menandakan penghargaan dan budaya lokal yang kuat di daerah tersebut.

Ganjar Pranowo nginep di Rumah Warga Asahan

Dalam kunjungannya ke Asahan itu, rupanya Calon Presiden Ganjar Pranowo memutuskan untuk ngingep di rumah Mbah Sumadi, seorang warga berusia 102 tahun di Desa Tanjung Alam, Kecamatan Sidadap, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Kunjungan ini menjadi sorotan karena menunjukkan sisi kemanusiaan dan keakraban Ganjar dengan rakyat.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu tiba di rumah Mbah Sumadi sekitar pukul 22.00 WIB, disambut dengan hangat oleh warga desa. Ganjar dan Mbah Sumadi terlibat dalam percakapan yang hangat, di mana Mbah Sumadi berbagi cerita tentang sejarah kemerdekaan Indonesia.

“Mbah rasanya sangat bangga dan senang sekali ditemui calon presiden. Baru calon kan, Insyaallah tahun 2024 beneran presiden,” kata Mbah Sumadi dengan penuh semangat. Mbah Sumadi menyampaikan rasa senang dan terhormatnya dengan kedatangan Ganjar, menggambarkan perasaannya seperti dalam mimpi.

Mbah Sumadi juga memberi pujian kepada mantan Gubernur Jawa Tengah itu dan menganggapnya sebagai pemimpin yang merakyat.

“Orangnya (Ganjar) ramah, baik dan merakyat. Kalau nggak merakyat, tentu nggak mungkin mau tidur sama rakyat,” tutur Mbah Sumadi.

Kehadiran Ganjar di rumah Mbah Sumadi diterima dengan sukacita tidak hanya oleh tuan rumah tetapi juga oleh ratusan warga desa yang antusias. Meski cuaca hujan, antusiasme mereka tetap tinggi, ditandai dengan pertunjukan kesenian reog Ponorogo dan kuda kepang.

Kunjungan Calon Presiden Ganjar Pranowo ke Asahan ini menjadi salah satu momen penting untuk sosok berambut putih itu, di mana ia dapat menyaksikan secara langsung nilai-nilai keberagaman dan toleransi beragama yang menjadi fondasi penting bagi bangsa Indonesia serta mendengarkan langsung aspirasi rakyat ketika menginap di salah satu rumah warga.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *