Blog Post

Gerakan > Election > Ganjar Pranowo Pernah Singgung Pendapatan Guru
Kepedulian Ganjar Terhadap Sektor Pendidikan

Ganjar Pranowo Pernah Singgung Pendapatan Guru

Spread the love

Ganjar Pranowo, calon presiden, berjanji menaikkan gaji guru hingga Rp 30 juta. Butuh anggaran lebih dari Rp 120 triliun untuk mewujudkan impian Ganjar.

Ganjar dalam video YouTube menyatakan ingin melihat kenaikan gaji guru hingga Rp 30 juta. Mantan Gubernur Jawa Tengah ini mengungkapkan kekhawatirannya terhadap kesejahteraan fakultas saat ini. Guru itu depresi karena gajinya yang sedikit.

Ganjar Pranowo mempunyai motivasi yang sangat lugas ingin menaikkan gaji guru. Karena guru tidak menghasilkan banyak uang, menurutnya lulusan paling berbakat pun lebih memilih bekerja di perusahaan bergengsi daripada menjadi instruktur.

Oleh karena itu Ganjar berharap dapat meningkatkan kesejahteraan guru, dimulai dari kondisi keuangan mereka.

Pada peringatan 77 tahun PGRI dan perayaan Hari Guru Nasional di Semarang, Jawa Tengah, Desember 2022 lalu—yang turut dihadiri Presiden Joko Widodo—Ganjar Pranowo pernah angkat bicara soal gaji guru.

Baca Juga: TPN Ganjar-Mahfud Terima Keluhan Indonesia Sentris Berubah Jadi Solo Sentris

Pentingnya sektor pendidikan baik dalam menjunjung harkat dan martabat manusia maupun dalam menghasilkan tenaga kerja ditegaskan oleh Ganjar Pranowo.

Ganjar menegaskan, tugas pendidik adalah membantu siswa mewujudkan potensinya secara maksimal.

Tapi kalau Ganjar Pranowo bicara soal pendidikan dan mengabaikan tenaga pendidik, rasanya ada yang ketinggalan.

Ganjar menceritakan pengalaman para pengajar di hadapan Presiden Jokowi saat itu. Ganjar bercerita tentang keluhan terkait PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).

“Tapi nggak fair membicarakan pembangunan pendidikan tapi nggak membicarakan sumber pendapatan para pengajarnya. Ku wis mbaten kok. Kalo saya ngomong pendidikan ngomongnya keras, ngomong pendapatan apa lagi. Bahkan kadang-kadang perbedaan pendapat itu bisa lebih diterima dibanding beda pendapatan, ayo,” kata Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Asal Usul Gultik, Santapan Ganjar di Blok M

“Jadi Bapak Presiden, waktu peringatan hari guru tingkat provinsi kemarin, teman-teman guru banyak mengeluh soal PPPK. Kira-kira gini Pak, wah pak katanya mau ada pengangkatan 1 juta PPPK. Mbok guru diutamakan, katanya gitu, dan tentu saja saya yakin bapak ibu yang hadir juga menerima curhat seperti itu di tempat masing-masing, apalagi kepala daerah,” lanjutnya.

Lalu, berapa harga yang harus dibayar untuk mewujudkan impian Ganjar Pranowo?

Badan Pusat Statistik (BPS) memiliki informasi jumlah guru di Indonesia sebanyak 4.268.882 orang.

Guru-guru ini mendidik siswa di semua tingkatan, mulai dari taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas, baik negeri maupun swasta (SMA).

Jumlah guru yang dipekerjakan pada tingkat sekolah dasar merupakan yang terbanyak yaitu sebanyak 1.605.509 orang.

Jika Ganjar memilih menaikkan gaji guru sebesar Rp30 juta setiap bulannya, maka dibutuhkan total Rp128,066 triliun. Angka ini tentu saja tidak bisa diabaikan.

Selain itu, 20% anggaran negara tahunan Indonesia dibelanjakan untuk pendidikan.

Tergantung pada tempat kerjanya, guru swasta memperoleh gaji yang bervariasi. Tentu saja, gaji guru yang bekerja di sekolah internasional di Jakarta jauh lebih besar dibandingkan guru yang bekerja di pemerintah.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *