Blog Post

Gerakan > Election > Ganjar Pranowo Peduli Kesehatan & Gizi Ibu Hamil Semasa Jadi Gubernur, Dilanjutkan Jadi Program Ganjar-Mahfud?
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD

Ganjar Pranowo Peduli Kesehatan & Gizi Ibu Hamil Semasa Jadi Gubernur, Dilanjutkan Jadi Program Ganjar-Mahfud?

Spread the love

Ganjar Pranowo, Calon Presiden 2024, telah menciptakan jejak peduli yang signifikan terhadap kesehatan dan gizi ibu hamil selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Tidak hanya sebagai sosok politisi yang berfokus pada pembangunan infrastruktur, tetapi juga sebagai pemimpin yang memahami urgensi kesehatan ibu hamil dan anak-anak.

Dalam berbagai kebijakannya, Ganjar menunjukkan komitmennya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan maternal, menciptakan program-program inovatif bagi gizi ibu hamil, dan memberikan dukungan nyata bagi perempuan hamil di provinsi dengan populasi terbesar kedua di Indonesia.

Sebagai tindak lanjut pencapresannya bersama Ganjar-Mahfud, mereka telah meluncurkan misi atau program bagi kesehatan dan gizi ibu hamil ke depannya, secara meluas se-Indonesia. Dalam visi Menuju Indonesia Unggul, Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil Dan Lestari, Ganjar Pranowo mengusahakan agar Ibu Sehat, Anak Sehat sebagai bagian yang mendukung kesejahteraan anak dan ibu hamil.

“Dukungan gizi dan akses layanan kesehatan selama masa kehamilan dan menyusui. Program 1.000 hari pertama, serta pasokan gizi untuk anak hingga usia lima tahun. Dengan target prevalensi tengkes (stunting) di bawah 9% serta ibu dan ayah menjadi penjaga kesehatan keluarga.” Demikian yang berbunyi dalam poin 1.1.3 dalam dokumen visi-misi Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Kembali lagi dengan bukti Ganjar Pranowo yang peduli akan kesehatan dan gizi ibu hamil semasa ia menjadi Gubernur Jawa Tengah, berikut rangkumannya dari berbagai sumber.

Baca Juga: Firli Bahuri Tersangka Pemerasan SYL, Ganjar-Mahfud: Peringatan Untuk Kita Semua

Bukti Ganjar Pranowo Peduli Kesehatan & Gizi Ibu Hamil Semasa Jadi Gubernur

1. Gagas Program Gayeng Nginceng Wong Meteng (5NG) untuk Berantas Stunting

Capres yang berpasangan dengan Mahfud MD, Ganjar Pranowo ketika menjadi Gubernur Jawa Tengah membuktikan komitmennya terhadap kesehatan ibu hamil melalui program revolusioner “Jawa Tengah Gayeng Nginceng Wong Meteng (5NG)”. Dalam empat tahun, angka stunting di provinsi tersebut mengalami penurunan drastis dari 24,4 persen pada 2018 menjadi hanya 11,9 persen pada 2022. Program 5NG secara sistematis memantau kesehatan ibu hamil, memberikan perawatan optimal, dan melibatkan sejumlah stakeholder di lapangan, termasuk Dinkes dan DPU.

Ganjar Pranowo mengungkapkan pada 20 Februari 2023 lalu, “Di lapangan nanti kami intervensi dari masing-masing stakeholder, misalnya memberi makanan tambahan, obat penambah darah, jambanisasi, dan akses air bersih.” Keberhasilan program ini menjadikan Jawa Tengah sebagai rujukan nasional dalam menangani stunting.

2. Beri Arahan pada Bidan di Jawa Tengah untuk Pantau Ibu Hamil dengan Risiko Tinggi

Mantan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo secara aktif mendorong bidan-bidan untuk melakukan pendataan terhadap ibu hamil kategori risiko tinggi di wilayahnya.

Saat kunjungan di Desa Blerong, Ganjar menekankan perlunya pendampingan intensif untuk setiap ibu hamil. Ia khususnya memberi perhatian pada delapan ibu hamil dengan risiko tinggi, termasuk yang berusia di atas 35 tahun dan hamil kembar.

Ganjar menitipkan pesan kepada bidan agar rutin melakukan pengecekan, terutama pada kasus yang melibatkan bayi kembar. Selain itu, ia juga menyoroti masalah stunting di desa tersebut dan menegaskan pentingnya penanganan untuk mencapai target nasional serta persiapan generasi emas.

“Kalau kita mau nyiapin generasi emas nggak boleh ada stunting, harus nol.” pesan Ganjar

3. Luncurkan Berat Fortifikasi untuk Penuhi Gizi Ibu Hamil

Semasa menjadi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meluncurkan program Beras Fortifikasi untuk meningkatkan asupan gizi ibu hamil dengan tujuan menurunkan angka stunting dan mengurangi kemiskinan ekstrem di Jateng.

Beras fortifikasi ini mengandung vitamin dan mineral esensial seperti Vitamin A, E, D, B1, B2, B3, B6, B9 (Asam Folat), B12, zat besi, protein, zinc, yodium, dan kalsium. Ganjar menjelaskan bahwa satu sendok beras fortifikasi dapat dicampur dengan satu kilogram beras konvensional yang dikonsumsi oleh ibu hamil.

Program ini diluncurkan sebagai langkah konkret dalam mengatasi masalah gizi, terutama stunting. Ganjar berharap program ini dapat dijadikan bantuan tetap dari Pemprov Jateng untuk memastikan asupan gizi sehat bagi ibu hamil.

“Agar kita bisa terus memantau satu per satu mulai dari ibu hamil sampai nanti melahirkan, sehingga nanti kita pastikan tidak akan ada stunting di daerah-daerah,” ungkap Ganjar.

Demikian bukti-bukti dukungan Ganjar Pranowo Calon Presiden Nomor Urut 3 yang peduli pada kesehatan dan gizi ibu hamil. Begitupun juga masih diteruskan dalam visi-misi Ganjar-Mahfud dalam pencapresannya di Pilpres 2024.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *