Blog Post

Gerakan > Election > Ganjar Pranowo Paling Getol dukung Palestina
Peran Ganjar Pranowo dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani Jawa Tengah Melalui Peningkatan Nilai Tukar Petani

Ganjar Pranowo Paling Getol dukung Palestina

Spread the love

Emrus Sihobing, pakar komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH), berpendapat bahwa Calon Presiden Ganjar Pranowo adalah sosok yang paling bersemangat dalam mendukung kemerdekaan Palestina dibandingkan dengan calon presiden lainnya.

Emrus juga menilai bahwa sikap tegas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Ganjar Pranowo yang mendukung kemerdekaan Palestina sebagai Calon Presiden merupakan pesan dukungan yang sangat jelas.

“Ketegasan PDIP dan Calon Presiden Ganjar Pranowo sebagai kader serta calon presiden lebih tegas memberikan suatu pesan keberpihakan kepada Palestina dan mendukung kemerdekaan Palestina,” kata Emrus pada hari Rabu, (11/10/2023).

Menurutnya sikap Ganjar inilah yang membedakannya dengan 2 kandidat Capres lainnya seperti Prabowo Subianto dan Anis Baswedan.

Pakar komunikasi politik UPH ini juga mencontohkan kasus penolakan Ganjar Pranowo yang tidak setuju tim nasional Israel untuk berpartisipasi dalam turnamen Piala Dunia U-20 di Indonesia. Menurut Emrus, secara tidak langsung menunjukkan bahwa Ganjar mendukung kemerdekaan Palestina.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu, juga dikenal sebagai politisi lihai yang tidak memperhitungkan isu-isu elektoral terutama berkaitan dengan penolakannya terhadap Timnas Israel. Padahal, jika Ganjar mau berdiam diri, nilai elektoralnya bisa meningkat.

Baca Juga: 3 Prestasi Ganjar Pranowo di Jawa Tengah

Namun, tidak demikian halnya dengan Calon Presiden dari Partai Perindo ini, yang dengan tegas sejalan dengan UUD 1945, menolak segala bentuk penjajahan.

“Ganjar Pranowo ketika menolak Israel pada kegiatan perhelatan Piala Dunia U-20 itulah Ganjar sebagai seorang negarawan. Kalau dia berpikir soal elektoral, lebih baik dia diam. Tetapi, dia justru tegas mengatakan bagi dia sebagai negarawan bukan soal elektoral, tapi soal sikap. Saya kira itu sebagai bentuk dari ketegasan dia dari garis daripada konstitusi kita,” sambungnya.

Emrus juga menambahkan bahwa calon presiden Ganjar Pranowo dapat dikatakan jauh lebih berani dalam isu kemerdekaan Palestina dibandingkan dengan dua calon presiden lainnya. Ia berpendapat bahwa kedua capres lainnya seharusnya dapat membela isu Palestina, terutama isu kemerdekaan Palestina.

Hal itulah yang menjadi nilai tambah tersendiri bagi Ganjar Pranowo dibandingkan dua kandidat lainnya.

Emrus juga meyakini bahwa Ganjar Pranowo secara pribadi memiliki sikap dan keberanian untuk menentukan kebijakan luar negeri Indonesia di bidang hubungan internasional demi menjaga dan mewujudkan perdamaian dunia.

Ia percaya bahwa mantan Gubernur Jawa Tengah ini memiliki gaya kepemimpinan yang cenderung pluralis, yang tentu menjadi modal sosial dan politik untuk merumuskan kebijakan luar negeri yang menolak segala bentuk penjajahan di dunia. Tidak mengherankan jika pakar politik UPH menempatkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden yang paling mendukung isu kemerdekaan Palestina.

Dari komentar Emrus, kita dapat menyimpulkan bahwa calon presiden Ganjar Pranowo adalah contoh pemimpin yang patut ditiru. Ia lebih menghargai kewajiban UUD 1945 dibandingkan dengan suara elektoral, hal ini ditunjukkan dengan keberanian Ganjar Pranowo dalam menolak kunjungan tim Israel yang secara tidak langsung mendukung kemerdekaan Palestina.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *