Blog Post

Gerakan > Daerah > Ganjar Pranowo Kunjungi Jayapura, Ini Fakta Menarik Tentang Kota Seribu Pinang!

Ganjar Pranowo Kunjungi Jayapura, Ini Fakta Menarik Tentang Kota Seribu Pinang!

Spread the love

Calon Presiden Ganjar Pranowo mengunjungi Kota Jayapura dan mendapatkan sambutan yang luar biasa di Bandara Sentani dalam rangkaian safari politiknya ke Papua pada Selasa (21/11/2023). Kota yang secara spesial memiliki keterikatan kuat dengan masyarakat Papua ini dikunjungi Ganjar dan kota ini memiliki banyak fakta-fakta menarik di dalamnya.

Berbagai elemen masyarakat, termasuk tokoh adat, perempuan, agama, dan pemuda, turut menyambut Ganjar Pranowo dengan antusias. Kepala Suku, Keondofian, bersama masyarakat, menyatakan dukungan dengan yel-yel, “Ganjar-Mahfud for tanah, tanah Papua for Ganjar-Mahfud.” Tarian adat khas Papua juga memeriahkan kedatangan Ganjar, menciptakan suasana hangat dan meriah.

Dalam momen tersebut, Ganjar disambut dengan tarian penyambutan selamat datang dari sanggar tari Yonokhong Manaya, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura. Antusiasme warga Kota Jayapura tidak hanya terlihat dalam sambutan, tetapi juga dalam permintaan berswafoto dengan Ganjar Pranowo. Bahkan, seorang anak kecil memberikan pin selamat datang kepada Ganjar. Dalam tanggapannya, Ganjar terlihat sangat bahagia, menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat masyarakat.

“Terima kasih, terima kasih atas sambutannya,” ujar Ganjar Pranowo.

Meskipun tujuan kunjungannya adalah respons terhadap permintaan para relawan, Ganjar tetap menjadi sorotan utama di Jayapura, bertemu dengan relawan dan memberikan perkuliahan umum bagi mahasiswa Uncen. Koordinator Ganjarist Papua, Yulianus Dewa, menegaskan bahwa kunjungan Ganjar Pranowo ke Jayapura bukan untuk berkampanye, melainkan sebagai wujud temu sapa dan hiburan bagi masyarakat.

“Kita pastikan acara itu, hanya temu sapa bahkan, berbagai hiburan mulai berjalan dari pukul 14.00 Wit di lapangan PTC,” jelas Yulianus.

Kembali lagi dengan Kota Jayapura, kota ini menyimpan berbagai seputar menarik di dalamnya yang perlu para pembaca ketahui. Kira-kira apa saja faktanya? Berikut kami rangkumkan dari berbagai sumber untuk para pembaca.

Baca Juga: 8 Poin Manifesto Politik Ganjar Pranowo Seputar Pemilu

Fakta-Fakta Menarik Seputar Kota Jayapura yang Dikunjungi oleh Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo

  1. Punya Danau Terluas di Indonesia, Danau Sentani

Tidak jauh dari pusat kota Jayapura terletak Danau Sentani, yang merupakan danau alami terbesar di Papua. Keistimewaan danau ini tidak hanya terletak pada ukurannya yang besar, tetapi juga pada keindahan alam yang memukau dan menjadi tempat bagi puluhan pulau kecil yang tersebar di perairannya.

Danau Sentani terkenal bukan hanya sebagai anugerah alam, tetapi juga sebagai rumah bagi masyarakat lokal yang memiliki keterampilan seni lukisan tradisional yang unik dan indah. Penduduk asli Danau Sentani dikenal sebagai seniman berbakat yang menghasilkan karya-karya seni yang memikat, mencerminkan kekayaan budaya dan warisan tradisional mereka.

Keindahan alam dan keunikkan seni budaya ini membuat Danau Sentani menjadi daya tarik yang tak terlupakan bagi para wisatawan yang ingin menikmati kekayaan alam dan kebudayaan Papua.

  1. Punya Julukan Kota Seribu Pinang

Kota Jayapura disebut Kota Seribu Pinang karena merupakan kota yang kaya akan pohon pinang. Pohon pinang tumbuh subur di sekitar kota ini dan memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Jayapura.

Masyarakat setempat memiliki kebiasaan yang sangat erat dengan pinang, seperti menggunakan buah pinang dalam upacara adat, upacara pernikahan, atau sebagai simbol persaudaraan. Oleh karena itu, julukan “Kota Seribu Pinang” menjadi representatif bagi kehidupan dan budaya yang kental diwarnai oleh keberadaan pohon pinang di Jayapura.

Tidak hanya sebagai simbol budaya, pinang juga memiliki peran ekonomis yang signifikan di Jayapura. Hasil-hasil dari pohon pinang, seperti buahnya yang dapat dimakan, serta bahan-bahan dari batang dan daunnya, dimanfaatkan secara luas dalam kehidupan sehari-hari dan kegiatan ekonomi masyarakat. Kesejahteraan masyarakat Jayapura sebagian besar juga terkait dengan eksploitasi sumber daya alam yang melimpah, termasuk pohon pinang.

  1. Memiliki Distrik

Jayapura tidak menggunakan istilah kecamatan; sebaliknya, mereka merujuk pada wilayah administratif mereka sebagai distrik.

Penggunaan istilah distrik ini sudah berlangsung sejak masa pemerintahan Belanda dan masih dipertahankan hingga saat ini. Jayapura terbagi menjadi beberapa distrik, termasuk Muara Tami, Heram, Jayapura Utara, Jayapura Selatan, dan Abepura.

Demikian fakta-fakta menarik seputar Kota Jayapura, ibukota Provinsi Papua yang dikunjungi oleh Ganjar Pranowo sebagai bagian rangkaian kunjungannya. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *