Blog Post

Gerakan > Election > Ganjar Pranowo Komitmen Buka Lapangan Kerja
Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo Komitmen Buka Lapangan Kerja

Spread the love

Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo seringkali menunjukan perhatiannya dalam sektor ketenaga kerjaan.

Dalam suatu kesempatan, Ganjar Pranowo menyuarakan job creation atau penciptaan lapangan kerja  buat menjaring sumber daya manusia (SDM) saat bertemu 200 pengusaha di Surabaya.

Hal itu disampaikan Ganjar Pranowo dalam momen makan siang bersama 200 pengusaha di Ming Garden, Jalan Mayjen HR. Muhammad No.19, Putat Gede, Kecamatan Sukomanunggal, Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Sabtu (14/10/2023).

Ganjar mengatakan, penyediaan lapangan kerja yang ada saat ini perlu dipercepat untuk memenuhi kebutuhan kepegawaian perusahaan sekaligus memberikan lebih banyak ruang dan kesempatan bagi sumber daya manusia.

Untuk itu, Ganjar mengajak para pengusaha untuk terus beradaptasi dengan perkembangan saat ini. Tidak hanya dijadikan modal untuk mengembangkan usaha, tapi juga sebagai sarana penyerap tenaga kerja.

Baca Juga: Mahfud MD Ingin Pembangunan Merata di Aceh

“Tentu saja karena banyak pertanyaan terkait dengan penciptaan lapangan kerja, maka ini pasti investasi, insentif-insentif yang diberikan, termasuk adaptif terhadap perubahan,” ungkap Ganjar.

Menurut Ganjar, di era digital yang serba cepat, banyak sekali lapangan kerja yang dapat diciptakan oleh para wirausaha dan perusahaan, terutama untuk generasi muda yang memiliki banyak potensi dan bakat.

Ganjar berharap, inovasi wirausaha dan penciptaan lapangan kerja akan membuka lapangan kerja seluas-luasnya, sehingga lebih banyak SDM lokal yang terserap dan tingkat perekonomian semakin membaik.

“Sehingga banyak kreasi-kreasi pekerjaan yang bisa dibuat oleh mereka. Maka harus ada inovasinya di setiap perusahaan,” ungkap Ganjar Pranowo.

Di kesempatan itu, ada banyak pengusaha kelas kakap seperi Hary Tanoesoedibjo, Alim Markus, serta Henky Kurniadi. Ganjar juga berkesempatan mengisi talkshow dan menuangkan pandangannya mengenai pentingnya peran SDM dalam pengembangan industri.

Komitmen mendorong penciptaan lapangan kerja tersebut, kini dituangkan oleh Ganjar Pranowo dalam visi-misinya bersama Mahfud MD, mereka menjanjikan penciptaan 17 juta lapangan kerja baru.

Ganjar dan Mahfud akan menekan jumlah pengangguran hingga tercapai tingkat penyerapan tenaga kerja yang optimal. Hal ini untuk memastikan semua orang dapat bekerja dengan cepat.

Keduanya juga berjanji untuk menyediakan lingkungan bisnis yang mendukung pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah, dan perusahaan yang dapat terus maju melalui penciptaan lapangan kerja dan pembentukan serta penegakan peraturan untuk menjamin kepastian hukum.

Baca Juga: Ganjar-Mahfud Buka Layanan 24 Jam Untuk Mental

“Memastikan alokasi kredit perbankan minimal 35% untuk koperasi, UMKM, dan perusahaan rintisan diikuti dengan pelatihan serta fasilitasi akses pasar,” tertulis dalam dokumen tersebut.

Ganjar-Mahfud juga menargetkan pertumbuhan ekonomi rata-rata sebesar 7%, dan sasaran pertumbuhan ekonomi tersebut tertuang pada Bab 3 bertajuk “Mempercepat Pembangunan Ekonomi Berdikari Berbasis Pengetahuan dan Nilai Tambah”.

Dalam bab tersebut keduanya juga berjanji akan menciptakan strategi pembangunan ekonomi yang mampu menjaga roda perekonomian tetap berjalan cepat, adil, dan merata.

“Dengan mengutamakan pembangunan SDM yang unggul, produktif, dan berdaya guna bagi peningkatan nilai tambah perekonomian nasional,” seperti yang tertulis dalam dokumen visi misi.

Komitmen Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dalam menciptakan lapangan kerja, tentu menjadi komitmen yang harus diwujudkan. Kebutuhan akan lapangan pekerjaan di Indonesia terus meningkat, apalagi mengingat negara kita akan memasuki bonus demografi.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *