Blog Post

Gerakan > Election > Ganjar Pranowo Janjikan Kemudahan Bagi Pelaku UMKM

Ganjar Pranowo Janjikan Kemudahan Bagi Pelaku UMKM

Spread the love

Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo berkomitmen untuk memberikan peluang dan kemudahan bagi pelaku UMKM agar dapat tumbuh dan berkembang.

Hal tersebut dikatakan oleh Ganjar saat menyerap aspirasi dari pengusaha usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam kegiatan Urban Sneaker Society (USS) di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Jumat (3/11/2023).

GANJAR bersama CEO USS Networks Sayed Muhammad menjelajahi berbagai tenant yang menampilkan beragam produk lokal seperti sepatu, kaus, dan kemeja di acara tersebut.

Selain sekadar melihat, Ganjar juga melakukan pembelian beberapa produk lokal, termasuk sepatu sneakers dan jaket jeans.

Selama berbelanja, Ganjar juga meluangkan waktu untuk mendengarkan aspirasi dari kaum muda dan beberapa pelaku UMKM yang turut memamerkan produk mereka dalam acara tersebut.

Baca Juga : Potensi Energi Baru Terbarukan, Misi Ganjar Pranowo

Beberapa harapan yang diungkapkan melibatkan akses permodalan dari lembaga keuangan dan upaya promosi untuk meningkatkan penjualan produk di pasar lokal maupun internasional.

Vincent, salah satu pelaku UMKM, mengungkapkan kepada Ganjar bahwa produk lokal saat ini harus bersaing dengan merek-merek ternama dari berbagai negara di seluruh dunia.

Oleh karena itu, menurut Vincent, pemerintah seharusnya memberikan kemudahan kepada pelaku UMKM agar produk lokal dapat meraih popularitas global dan diterima oleh banyak orang.

’’Caranya dengan mendorong masyarakat untuk mendukung produk lokal. Mengapa harus menggunakan produk impor, kita bisa menggunakan produk Indonesia,’’ ujar Vincent.

Jika pemerintah dapat memfasilitasi hal tersebut, Vincent optimistis bahwa produk-produk buatan Indonesia akan semakin diminati baik di dalam negeri maupun di pasar internasional. ’’Semoga produk Indonesia semakin berkualitas dan dapat bersaing dengan produk luar negeri,’’ tambahnya.

Ganjar Pranowo Sadari UMKM Hadapi Tantangan yang Besar

Dia menyadari bahwa saat ini UMKM menghadapi tantangan yang cukup besar, terutama dalam hal akses permodalan. Ganjar yakin bahwa kerja sama dengan lembaga perbankan dapat diimplementasikan dengan serius.

“Hanya perlu komitmen yang kuat. Kerjasama dengan 1-2 bank yang dapat dipilih dapat dijalankan sehingga pelaku UMKM dapat memperoleh permodalan,” ujarnya.

Baca Juga : Ulama Banten Abuya Muhtadi Dukung Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024

Ganjar menegaskan bahwa pemerintah telah memiliki peraturan yang memungkinkan jaminan kekayaan intelektual atau HAKI digunakan sebagai agunan untuk memperoleh akses permodalan dari bank.

“Ini sebenarnya sangat mungkin karena regulasinya sudah ada. Terdapat peraturan pemerintah (PP) yang mengaturnya,” tambahnya.

Dia juga menyebut bahwa saat menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah, dia telah memulai kerjasama dengan Bank Jateng.

Meskipun demikian, skala kerjasama tersebut belum optimal. Oleh karena itu, Ganjar berjanji untuk mempermudah akses permodalan ke depannya.

“Masa depan ini harus dikejar karena keluhan dari pelaku industri kreatif sama. Mereka kesulitan meminjam dari bank karena tidak memiliki agunan,” jelasnya.

Untuk diketahui, selama menjabat menjadi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memang dikenal sebagai sosok yang sangat peduli dengan UMKM. Hal tersebut terbukti dari kebijakannya yang sangat pro-UMKM

Seperti memberikan akses modal bunga rendah juga memberikan pembinaan kepada UMKM. Selain itu, program Lapak Ganjar, Hetero Space dan Blangkon Jateng juga menjadi saksi keberpihakan Ganjar kepada ekosistem UMKM di Jawa Tengah

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *