Blog Post

Gerakan > Daerah > Ganjar Pranowo Dapat Dukungan 3 Tokoh Besar
sektor pendidikan ganjar

Ganjar Pranowo Dapat Dukungan 3 Tokoh Besar

Spread the love

Masih banyak sejumlah pihak yang mendukung calon presiden Ganjar Pranowo terpilih pada tahun 2024. Kali ini, sejumlah besar ulama Sumbar berkumpul dan membentuk ijtimak, atau koalisi, untuk mendukung Ganjar Pranowo.

Surat Tuanku Bagindo Muhammad, seorang ulama terkemuka asal Sumatera Barat, menyatakan bahwa para ulama menganggap Ganjar harus menjadi presiden. Hal ini berkat rekam jejak kepemimpinan Ganjar yang teruji, yakni dua periode menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah dan beberapa kali menjadi anggota DPR.

Masih ada sejumlah pihak yang mendukung Ganjar Pranowo, calon presiden, terpilih pada tahun 2024. Kali ini, sejumlah besar ulama Sumbar berkumpul dan membentuk ijtimak, atau koalisi, untuk mendukung Ganjar Pranowo.

Surat Tuanku Bagindo Muhammad, seorang ulama terkemuka asal Sumatera Barat, menyatakan bahwa para ulama menganggap Ganjar harus menjadi presiden. Hal ini berkat rekam jejak kepemimpinan Ganjar yang teruji, yakni dua periode menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah dan beberapa kali menjadi anggota DPR.

Masoed mengungkapkan, dirinya sudah mengenal Ganjar Pranowo dan merasa Ganjar adalah calon yang ideal. Yang ia harapkan hanyalah para ulama mengambil keputusan tepat yang bisa menguatkan bangsa Indonesia.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Nginap di Rumah Warga Musi Rawas, Dengar Curhat dan Masukan Rakyat Berjam-jam

Ketua Dewan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Fauzi Bahar mengklaim para ulama Sumbar sepakat mendukung Ganjar. Ia menggambarkan Ganjar sebagai pemimpin yang lugas, jujur, dan penuh perhatian serta memahami keprihatinan masyarakat kurang mampu.

Sejak menjabat di legislatif dan gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo terbukti sebagai sosok yang jujur, rendah hati, dan tanggap di matanya. Bersama-sama, para pemimpin ninik-mamak dan tokoh masyarakat menunjukkan dukungan tulus terhadap Pak Ganjar.

Ia melanjutkan, “Tungku Tigo Sajarangan” telah memutuskan untuk mendukung Ganjar Pranowo, calon presiden, dalam upayanya untuk menjabat sebagai Presiden Nasional pada tahun 2024, menurut majelis ulama, tokoh adat, dan pakar Islam.

Tungku Tigo Sajarangan adalah sebutan kolektif bagi pimpinan Minangkabau yang terdiri dari ulama, penghulu, dan cadiak pandai. Di masyarakat, Tungku Tigo Sajarangan merupakan tokoh sosiologi yang terkenal.

Tungku Tigo Sajarangan merupakan adat yang dilakukan masyarakat Minangkabau. Masyarakat Minangkabau membangun sejumlah Tungku Tigo Sajarangan dengan prinsip Minangkabau yang berbeda dan berkaitan dengan tujuan melestarikan dan memajukan etika Minangkabau bagi masyarakat Minangkabau.

Baca Juga: Alasan Ganjar Pranowo Sebut Pentingnya Diversifikasi Pangan Bagi Indonesia

Keempat macam etika Minangkabau yang tercakup dalam kajian Tungku Tigo Sajarangan adalah Etika Adat Savana, Etika Adat dan Adat, Etika Adat Adat, dan Etika Adat yang Berlaku pada Nagari di Minangkabau serta Perkembangannya Menuju Etika Minangkabau Bagi Anak Nagari.

Terdapat tiga individu penting di Tungku Tigo Sajarangan memiliki kemampuan membimbing masyarakatnya, diantaranya

  • Pemimpin dan pelindungnya, Niniak Mamak atau dikenal juga dengan sebutan Penghulu, bergelar Datuk. Dia terutama bertugas mengawasi dan memelihara adat istiadat.
  • Cadiak Pandai, pakar ilmu pengetahuan, agama, dan pengetahuan tradisional. Cadiak yang pandai adalah orang yang berintelektual yang mampu menyelesaikan suatu situasi penuh tantangan dengan logika dan kreativitas. Cadiak yang berakal adalah orang yang membuat undang-undang dan peraturan.
  • Alim Ulama, penting sekali kehadiran ulama di dalam suatu suku atau nagari. Cara seorang Ulama Islam mengatur kepemimpinannya dalam suatu suku atau nagari digambarkan dalam pepatah Minang “Kapampiannyo bajalan sairiang jo paimpin lain di Minangkabau”. Mendidik generasi penerus Nagari tentang nilai-nilai dan keyakinan mereka adalah salah satu tanggung jawab ulama. Ulama juga bisa dianggap sebagai secercah cahaya dalam bayang-bayang.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *