Blog Post

Gerakan > Election > Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Mendunia
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Mendunia

Spread the love

Dukungan untuk pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD semakin bertambah. Termasuk, dari para diaspora Indonesia di berbagai penjuru dunia.

Dukungan masyarakat sangat penting bagi Ganjar-Mahfud yang akan berlaga di Pilpres mendatang. Suara warga negara Indonesia di negara lain juga tidak dapat dipisahkan.

Berikut ini dukungan diaspora WNI untuk Ganjar-Mahfud dari berbagai penjuru dunia

Diaspora Amerika Serikat

Dukungan untuk pasangan Ganjar-Mahfud di Amerika Serikat (AS), datang dari Komunitas Indonesia yang berada di Negeri Paman Sam tersebut.

Dukungan terhadap Ganjar-Mahfud mereka ungkapkan dengan membacakan naskah sumpah pemuda saat menggelar acara bertajuk ‘USA for Ganjar Mahfud’. Bahkan, deklarasi ini konon telah dilakukan di lebih dari 20 kota di AS.

“Kami mendeklarasikan dukungan dengan serentak untuk pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, dan disiarkan beberapa menit lepas ditetapkannya Pak Mahfud sebagai pasangan Mas Ganjar,” ujar Daniel Fu, salah satu anggota USA for Ganjar Mahfud, pada Jum’at (27/10/2023).

Daniel menambahkan, “USA for Ganjar Mahfud” ingin menegaskan komitmennya dalam mendukung Ganjar-Mahfud sebagai pemimpin yang dipercaya untuk menjalankan amanat UUD 1945 secara jujur, adil, dan berintegritas.

Deklarasi ini juga disampaikan beriringan dengan perayaan Hari Sumpah Pemuda dan ulang tahun Ganjar Pranowo yang ke 55.

Dalam delarasi ini, Daniel berharap, semangat kesatuan dan persatuan yang menjadi nilai Sumpah Pemuda, dapat diimplementasikan pada Pemilu 2024.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Janjikan Kemudahan Bagi Pelaku UMKM

Diaspora Hong Kong

Di Hong Kong, 500 diaspora WNI pekerja menggelar deklarasi dukungan dalam upaya pemenangan nasional Ganjar Pranowo di Victoria Park, Couseway Bay Hong Kong, pada Senin (23/10/2023).

Ketua Tim Pemenangan Ganjar Hong Kong, Michale Cheng menyrbut deklarasi tersebut diikuti oleh 18 organisasi relawan.

“Kami yakin Ganjar Pranowo akan meraih suara terbanyak di Hong Kong. Para Sahabat Ganjar berjanji akan mendukung kebijakan dan program yang diusung Ganjar demi kesejahteraan buruh migran,” ungkap Michale Cheng.

Michale kemudian menambahkan, dukungan terhadap Ganjar Pranowo dari warga Indonesia yang memiliki berbagai profesi di Hong Kong sudah diungkapkan sejak Juli lalu.

Mayoritas pendukungnya berasal dari latar belakang seperti pekerja migran, tokoh budaya, seniman, dan pelajar.

Diaspora Australia

Dukungan untuk Ganjar-Mahfud juga datang dari Australia. Mereka tergabung dalam jejaring relawan Ganjar yaitu Ganjarist, Kasmaran Ganjar dan GP-Link.

Mereka mengadakan deklarasi dukungan di sekitar pusat kota Sydney akhir pekan lalu, tepatnya di Harbour Lawn di Royal Botanic Gardens, New South Wales.

Kerja sama ini merupakan kegiatan kedua sejak ketiga jaringan terintegrasi awal bulan lalu. Mereka semakin dekat dengan kemenangan pasangan Ganjar-Mahfud pada pemilu presiden mendatang.

Deklarasi tersebut juga dihadiri salah satu tokoh dari Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP) Ganjar-Mahfud, yaitu Hj. Siti Mariani S.Sos MM.

“Saya mewakili TKRPP menyampaikan beribu terima kasih tak terhingga kepada seluruh relawan Ganjar di Australia atas gerakan dukungan yang luar biasa untuk pemenangan Ganjar-Mahfud sebagai pimpinan nasional,” ungkap Siti Mariani.

Baca Juga: 3 Fakta Mahfud MD yang Inspiratif

Diaspora Eropa

Komunitas Diaspora Indonesia, yang dikenal dengan sebutan Eropa Bersatu, mengadakan sebuah acara besar di kota Vught, Belanda.

Acara tersebut bertajuk “Kampanye Akbar: Eropa Bersatu untuk Ganjar Pranowo dan Mahfud MD” sebagai bentuk dukungan dan respons terhadap situasi politik yang mengkhawatirkan di Tanah Air akhir-akhir ini dengan pendekatan yang berbeda.

Acara ini berlangsung di lokasi yang bisa menampung hingga 700 pengunjung dan dimeriahkan oleh berbagai kegiatan, termasuk sesi siaran langsung dengan pasangan calon presiden dan wakil presiden, perwakilan dari TPN Ganjar-Mahfud,  hingga pertunjukan budaya, pasar seni, dan bazaar kuliner Indonesia.

Ketua Panitia Kampanye Akbar, Bambang Ponco menjelaskan bahwa komunitas Diaspora Indonesia di Eropa bertujuan untuk menginspirasi semangat para relawan.

Ini ditujukan agar para relawan memantapkan dukungan mereka pada pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Akbar menginginkan agar kegiatan ini mendapatkan dukungan luas, terutama dari para pendukung Ganjar-Mahfud di wilayah Eropa.

“Kami mengajak dan mendorong semua pendukung Ganjar-Mahfud untuk menunjukkan kesetiaan sebagai relawan dengan tujuan memenangkan Ganjar-Mahfud,” ungkapnya

Dukungan dari diaspora di berbagai penjuru dunia ini menunjukan popularitas Ganjar-Mahfud bagi masyarakat diaspora Indonesia. Suara WNI yang dari luar negeri akan sangat penting dalam membantu meraih kemenangan dalam Pilpres mendatang.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *