Blog Post

Gerakan > Business > Ganjar Pranowo dan Era Digitalisasi: Manfaat Besar bagi Indonesia

Ganjar Pranowo dan Era Digitalisasi: Manfaat Besar bagi Indonesia

Spread the love

 

Digitalisasi telah menjadi salah satu pendorong utama dalam pembangunan Indonesia di era modern. Dalam perkembangan ini, calon presiden 2024 Ganjar Pranowo merupakan salah satu sosok yang terkenal dalam mendukung digitalisasi di dalam bidang.

Hal ini disebabkan karena masyarakat harus sudah bisa beradaptasi dengan majunya waktu dan juga sadar akan potensi dalam menggunakan teknologi yang diintegrasi dalam kegiatan dalam sehari hari.

Menurut Ganjar, agar bisa merasakan manfaat dari digitalisasi, diperlukan persiapan yang matang baik melalui pendidikan atau sosialisasi. Dengan adanya skill digital yang sudah diajarkan, bisa membantu berbagai bidang pekerjaan dengan cara memaksimalisasikan potensi melalui teknologi itu tersendiri.

Lalu, manfaat apalagi yang Indonesia bisa dapat dari digitalisasi? Ayo kita simak manfaatnya dari perspektif Ganjar Pranowo.

 

Majunya UMKM melalui Digitalisasi

Digitalisasi juga telah mengubah cara bisnis di Indonesia beroperasi. Perusahaan-perusahaan kecil dan menengah dapat memanfaatkan platform digital untuk memperluas pasar dan meningkatkan efisiensi operasional. Ganjar Pranowo memandang ini sebagai peluang besar untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di Indonesia.

Ganjar Pranowo juga menyatakan bahwa digitalisasi telah menjadi sebuah keharusan dalam konteks bisnis saat ini, terutama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Selain meningkatkan popularitas produk yang dijual, digitalisasi UMKM juga memiliki potensi untuk meningkatkan pendapatan dan membuka peluang usaha yang lebih luas.

Pada saat pandemi, pertemuan tatap muka untuk bisnis tidak memungkinkan, membatasi ruang gerak dan kerja untuk para UMKM. Didampingi dengan teknologi, banyak usaha yang menggunakan platform online untuk bertemu dengan para konsumen. 

Ia menyampaikan, “Dalam bisnis saat ini, sudah menjadi keharusan untuk masuk ke dunia digital. Jika tidak, kemungkinan besar bisnis akan kalah saing. Ketika UMKM beralih ke platform digital, mereka mulai mengubah cara mereka berbisnis. Mereka perlu memperhatikan kualitas kemasan produk, mengambil foto produk dengan baik, dan bahkan memahami proses onboarding hingga manajemen logistik.

Dengan atau tanpa pilihan, mereka perlu belajar. Proses pembelajaran ini tidak memakan waktu lama, terutama ketika ada contoh yang dapat diikuti,” ujar Ganjar ketika berbicara tentang pentingnya digitalisasi UMKM dalam acara diskusi mengenai penjualan daring bersama Shopee pada Rabu (6 April 2022).

 

Membantu Pemerintah dalam Mencegah Korupsi

Tidak hanya untuk masyarakat, era digitalisasi juga memberikan manfaat ke pemerintah dalam pengelolaan uang dan membantu melayani masyarakat.

Ganjar Pranowo, telah mengungkapkan tiga pilar utama yang akan membawa Indonesia ke arah negara maju. Ketiga pilar tersebut mencakup digitalisasi dalam administrasi pemerintah, pemberantasan korupsi, serta peningkatan anggaran negara untuk memberikan pelayanan berkualitas kepada masyarakat.

Salah satu contoh sukses dalam upaya digitalisasi yang diakui oleh Ganjar Pranowo adalah implementasi aplikasi keuangan selama masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Tengah. Melalui langkah-langkah seperti e-budgeting dan e-planning, sistem ini berhasil menghindari kebocoran anggaran hingga mencapai Rp 1,2 triliun.

Ganjar Pranowo juga menekankan pentingnya terus meningkatkan digitalisasi dalam berbagai aspek pemerintahan, termasuk proses tender, pelayanan publik, dan perpajakan. Langkah ini bertujuan untuk mengurangi potensi tindak pidana korupsi.

Pernyataan ini disampaikan oleh Ganjar Pranowo dalam sebuah acara berjudul ‘Ganjar Menjawab Tantangan Masa Depan Indonesia,’ yang diadakan oleh Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia di The Ballroom Djakarta Theater, Jakarta Pusat, pada Minggu (17 September) yang lalu.

Ini bisa terlihat dari aplikasinya bernama GMRS. GRMS, atau Sistem Manajemen Sumber Daya , adalah sebuah aplikasi terintegrasi yang digunakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Sistem ini berfokus pada integrasi data dalam proses internal birokrasi, terutama dalam manajemen keuangan pemerintah, dengan tujuan mendukung pelayanan publik dan pembangunan.

Dengan GRMS, instansi pemerintah di Provinsi Jawa Tengah dapat mengelola dan memantau sumber daya pemerintah secara lebih efektif dan efisien. Sistem ini tidak hanya membantu dalam pengambilan keputusan, tetapi juga meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam manajemen sumber daya pemerintah. 

Hal ini juga berkontribusi pada peningkatan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan sumber daya pemerintah serta berperan penting dalam pencegahan korupsi dan penyelewengan di Provinsi Jawa Tengah.

 

Elemen utama dalam GRMS Provinsi Jateng mencakup aplikasi e-Budgeting, yang memungkinkan instansi pemerintah mengelola anggaran secara terintegrasi dan real-time, mempercepat proses perencanaan anggaran, dan mengurangi kesalahan. Selain itu, ada juga aplikasi e-Planning, yang membantu instansi pemerintah menyusun program dan kegiatan secara terpadu untuk mempercepat proses perencanaan. 

 

Terakhir, ada e-Procurement, sebuah aplikasi pengadaan barang dan jasa secara online, yang memastikan transparansi, akuntabilitas, dan mengurangi risiko tindakan korupsi dan penyelewengan dalam proses pengadaan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *