Blog Post

Gerakan > Election > Ganjar Pranowo Capres Yang Peduli Kaum Disabilitas
Ganjar-Pranowo

Ganjar Pranowo Capres Yang Peduli Kaum Disabilitas

Spread the love

Ganjar Pranowo merupakan sosok calon presiden yang kerap kali menunjukan perhatiannya terhadap masyarakat disabilitas.

Ganjar mengungkap dan menegaskan bahwa dirinya akan memperjuangkan hak-hak para penyandang disabilitas, bila berhasil terpilih sebagai Presiden 2024.

Ganjar menyampaikan itu saat ia berkunjung ke Sekolah Luar Biasa (SLB) YPAC Malang pada Senin (16/10/2023). Di mana ia bertemu dan berbagi kebahagiaan dengan para penyandang disabilitas.

Bersama dengan ribuan relawan Ganjar se-Malang, dalam kesempatan itu Ganjar membagikan laptop, alat tulis, dan berbagai bantuan lainnya.

Ganjar mengungkapkan para penyandang disabilitas ini merupakan saudara sejati kita, dan mereka memiliki kelebihan dan bakat yang luar biasa.

Menurut Ganjar, negara memiliki tugas untuk hadir membantu para kelompok disabilitas untuk meraih prestasi dan menjadi mandiri, dan perlindungan terhadap kelompok disabilitas adalah bentuk pemerintahan yang amanah.

Ganjar juga mengungkap, ia pernah merasakan tamparan, saat menjadi gubernur dulu, pernah kedatangan kelompok disabilitas, namun tidak memiliki akses yang mumpuni untuk mereka.

Dari kejadian itulah, Ganjar melakukan evaluasi dan berbenah diri. Sejak saat itu pula, Ganjar selalu mengajak kelompok disabilitas dalam perhelatan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang).

Bahkan Ganjar memberikan “privilege” bagi mereka, sebagai kelompok pertama yang boleh mengajukan pertanyaan pada musyawarah-musyawarah yang diselenggarakan.

Baca Juga: Yenny Wahid Dukung Ganjar-Mahfud, Ini Profilnya

Dalam kesempatan lain, Ganjar Pranowo juga pernah berkunjung ke Badan Usaha Mandiri (BUMI) Pospera di DKI Jakarta Kamis (28/9/2023).

Dalam kegiatan ini, Ganjar disambut dengan antusias oleh puluhan penyandang disabilitas dengan penuh suka cita. Di sana Ganjar bertemu dan berinteraksi dengan puluhan tunarungu yang bekerja di sana.

Mereka bekerja di berbagai unit usaha, mulai dari usaha cuci mobil, bengkel, hingga kedai kopi.

Ganjar terlihat sangat senang dan bangga bisa berinteraksi dengan para penyandang disabilitas yang bekerja dengan penuh semangat.

Ganjar pun ikut mendukung usaha tersebut dengan mencuci mobil pribadinya, dan sambil menunggu, Ganjar mencicipi kopi yang tersedia di kafe yang ada di sana.

Baca Juga: 5 Alasan Ganjar Pranowo Calon Presiden 2024 Disukai Anak Muda

Ganjar menikmati kopi bersama dan mendengarkan curhatan para penyandang disabilitas yang berisi doa dan harapan padanya. Banyak isu yang dibahas dalam obrolan tersebut.

Di antaranya, harapan para penyandang disabilitas mendapatkan perhatian dari pemerintah terkait pekerjaan, akses pendidikan, pelatihan dan lainnya.

Mereka juga turut mendoakan Ganjar Pranowo, agar berhasil terpilih menjadi pemimpin masa depan dan terus peduli pada kelompok disabilitas.

Padahal, para penyandang disabilitas tidak berbeda dengan masyarakat lain. Mereka bisa bekerja dengan sama baiknya meskipun memiliki keterbatasan fisik.

Ganjar mengapresiasi kelompok disabilitas BUMI Pospera. Ganjar juga menekankan pentingnya negara melakukan tindakan afirmatif.

Membuat sekolah menjadi inklusif dalam menampung kelompok disabilitas mengenyam pendidikan, serta mendorong para pengusaha memberikan kuota kerja kepada para kaum disabilitas.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *