Blog Post

Gerakan > Daerah > Ganjar Pranowo Akan Perbaiki Sekolah Inklusi demi Anak Berkebutuhan Khusus

Ganjar Pranowo Akan Perbaiki Sekolah Inklusi demi Anak Berkebutuhan Khusus

Spread the love

Calon Presiden Ganjar Pranowo yang diusung oleh Partai Perindo, PDIP, PPP, dan Hanura itu, dengan tegas mempertanyakan kualitas pendidikan yang diterima oleh anak-anak inklusi di Indonesia.

Menurutnya, anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) masih menghadapi ketidaksetaraan dalam akses pendidikan yang layak, seringkali ditempatkan di pinggiran dan terabaikan.

Sosok berambut putih itu mengungkapkan keprihatinannya seputar isu-isu pendidikan dalam acara Sarasehan 100 ekonom Indonesia di Tendean, Mampang, Jakarta Selatan. Pertanyaan mengenai bullying pada anak-anak, pembentukan karakter pendidikan, dan perlindungan anak menjadi sorotannya.

“Tadi ada pertanyaan soal bullying pada anak-anak, bagaimana membangun karakter pendidikan anak, perlindungan anak, dan sebagainya? Kalau kita melihat inklusitasnya ya mesti disiapkan guru-gurunya,” ungkap Ganjar pada Rabu, (8/11/2023).

Baca Juga: Ganjar-Mahfud Ramai Didukung Anak Muda Gorontalo

Dalam penjelasannya, ia menegaskan bahwa untuk mencapai inklusivitas yang lebih baik, persiapan menyeluruh diperlukan. Ini mencakup aspek-aspek krusial seperti persiapan tenaga pengajar, fasilitas pelatihan, dan aksesibilitas sekolah.

Mantan Gubernur Jawa Tengah 2 periode itu turut menyoroti urgensi persiapan tenaga pengajar yang berkualitas untuk mendukung sistem tersebut. Ia menekankan bahwa pemerintah perlu memastikan ketersediaan guru-guru terlatih yang mampu mengajar anak-anak berkebutuhan khusus dengan efektif.

Meski sistem inklusi membutuhkan persiapan yang teliti, Ganjar Pranowo berharap fokusnya pada pengembangan sekolah inklusi dapat menghasilkan perubahan positif dalam sektor pendidikan. Harapannya adalah agar setiap anak, termasuk ABK, dapat merasakan akses yang adil dan layak terhadap pendidikan di masa depan.

Ganjar Pranowo Janji Akan Buat Sekolah Inklusi?

Sebelumnya, Calon Presiden Ganjar Pranowo juga pernah dengan tegas menyatakan niatnya untuk mengimplementasikan tindakan afirmatif yang mendukung penyandang disabilitas di Indonesia. Salah satu poin utama dari langkah-langkah yang akan diambilnya adalah komitmen untuk memastikan kesiapan sekolah di seluruh Indonesia untuk menerapkan inklusi.

Ganjar mengungkapkan komitmennya dalam acara Temu Kangen Disabilitas di Bumi Pospera Car Wash, Cipinang, Jakarta Timur, pada Kamis (28/9/2023).

“Mesti kita bangun komitmen semua sekolah musti siap inklusi sehingga semua bisa mendapatkan akses pendidikan yang setara,” ungkap mantan Gubernur Jawa Tengah 2 periode itu.

Dalam pernyataannya, Ganjar menegaskan bahwa penting untuk membangun komitmen bersama agar setiap sekolah di Indonesia siap menjalankan sistem tersebut, sehingga semua warga dapat mendapatkan akses pendidikan yang setara.

Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Dikti) pada tahun 2021 menunjukkan bahwa saat ini hanya sekitar 12% sekolah di Indonesia yang siap menerapkan sistem inklusi.

Mayoritas dari sekolah itu didominasi oleh sekolah dasar, dengan jumlah sekitar 17 ribu. Ganjar Pranowo menyoroti rendahnya angka tersebut, yang menjadi indikasi bahwa masih diperlukan langkah-langkah konkret untuk memperluas dan memperkuat sistem itu di sektor pendidikan.

Berkaca dari pernyataan itu, Ganjar Pranowo dengan sangat jelas menunjukkan tekadnya untuk memperbaiki kualitas pendidikan dengan menciptakan sekolah inklusi demi memastikan setiap anak meraih haknya, khususnya anak-anak berkebutuhan khusus.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *