Blog Post

Gerakan > Nasional > Ganjar: Pendidikan Kunci Memberantas Kemiskinan
Ganjar Mahfud Perempuan dan Anak

Ganjar: Pendidikan Kunci Memberantas Kemiskinan

Spread the love

Ganjar Pranowo, seorang calon presiden yang berpotensi untuk Pemilu 2024, dengan tegas menyatakan pendidikan sebagai elemen kunci dalam upaya memerangi kemiskinan.

Dalam kuliah umumnya di Universitas Kristen Maranatha Bandung, Ganjar mengemukakan program ambisius yang dikenal sebagai “satu keluarga miskin, satu sarjana” sebagai upaya nyata untuk mengatasi masalah kemiskinan yang persisten di Indonesia.

Dia menggarisbawahi bahwa pendidikan adalah jawaban terbaik untuk menanggulangi kemiskinan, sambil membagikan perjalanan hidupnya sebagai bukti konkret.

Ganjar, yang berasal dari latar belakang keluarga yang sangat sederhana, memandang bahwa pendidikan telah menjadi pilar utama dalam meraih kesuksesan yang ia nikmati saat ini.

Sebagai mantan Gubernur Jawa Tengah yang sukses menjabat selama dua periode, Ganjar membagikan pengalaman suksesnya dalam melawan kemiskinan melalui pendidikan.

Di masa kepemimpinannya, ia mendirikan sebuah sekolah asrama gratis bernama SMK Negeri Jateng yang bertujuan membantu ribuan anak miskin mendapatkan pendidikan berkualitas dan mengembangkan karier yang sukses.

Program ini terbukti sangat efektif, membuka pintu bagi anak-anak miskin yang tadinya terancam putus sekolah untuk mengenyam pendidikan.

Selain itu, lulusan dari sekolah ini memiliki tingkat pengangguran yang sangat rendah, dengan 100% di antaranya berhasil menemukan pekerjaan dan mengembangkan karier yang sukses, termasuk bekerja di perusahaan besar dan bahkan di luar negeri.

Melalui program “satu keluarga miskin, satu sarjana,” Ganjar berkomitmen untuk memperluas inisiatif ini di seluruh penjuru Indonesia.

Dia juga berencana untuk mendukung pendidikan gratis dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Baca Juga: TPD Ganjar di Jogja Targetkan Suara Lebih dari 70%

Ia meyakini bahwa dengan mewujudkan visi “satu keluarga miskin, satu sarjana,” Indonesia memiliki peluang nyata untuk menangani permasalahan kemiskinan secara efektif.

Pentingnya Pemimpin Untuk Melawan Korupsi dalam Menjalani Program

Ganjar Pranowo juga menyoroti pentingnya memiliki kepemimpinan yang kuat dan transparan dalam mengambil keputusan serta gencatan perang melawan korupsi. Ini menjadi landasan kunci dalam mendukung perwujudan program-program tersebut.

Ganjar yakin bahwa dengan meningkatkan alokasi anggaran negara, menggencarkan upaya digitalisasi pemerintahan, dan berjuang melawan korupsi, Indonesia memiliki potensi untuk mengalokasikan dana negara secara efektif ke berbagai sektor pembangunan, termasuk infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan.

Sejak berdiri pada tahun 2014, sekolah asrama gratis yang khusus diperuntukkan bagi siswa miskin telah menghasilkan ribuan lulusan sukses. Total hingga saat ini sudah ada tujuh angkatan dengan 1.837 orang lulusan.

Bahkan, Presiden Joko Widodo tertarik untuk menjadikan konsep ini sebagai rujukan yang bisa diadopsi di daerah-daerah lain di Indonesia, menjadikan program Ganjar Pranowo sebagai inspirasi untuk mengatasi masalah kemiskinan di negara ini.

Program tersebut menunjukkan bahwa pendidikan memiliki peran kunci dalam meraih perubahan positif dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Dengan itu, Ganjar Pranowo menekankan pentingnya pendidikan dalam memajukan Indonesia. Sejalan dengan visi-misinya yang dijalankan dengan Mahfud MD sebagai calon wakil Presiden, Ganjar berkomitmen untuk mendorong kepentingan pendidikan lebih lanjut.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *