Blog Post

Gerakan > Election > Ganjar-Mahfud Upayakan Program Zero Blank Spot
Ganjar Mahfud Perempuan dan Anak

Ganjar-Mahfud Upayakan Program Zero Blank Spot

Spread the love

Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud, yang diwakili oleh Juru Bicara Pangeran Siahaan, telah mengumumkan rencana ambisius untuk memastikan akses internet merata di seluruh Indonesia dengan “Zero Blank Spot.”

Dalam upaya memenuhi hak-hak digital masyarakat, pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD telah menyusun program “zero blank spot” yang bertujuan untuk menghapus daerah-daerah yang belum terjangkau oleh sinyal komunikasi internet.

“Kondisi tersebut dijawab oleh Ganjar-Mahfud melalui program zero blank spot sebagai pondasi pertama dalam memenuhi hak-hak digital warga negara.” jelas Pangeran

Dia menekankan pentingnya konektivitas internet di era digital saat ini, terutama dalam kehidupan sehari-hari generasi muda. Dengan program zero blank spot, Ganjar-Mahfud berharap untuk memberikan insentif positif terhadap produktivitas kegiatan digital, sehingga masyarakat Indonesia dapat bersaing di tingkat internasional.

“Internet akan inklusif karena mudah untuk diakses, juga memiliki koneksi yang kuat dan cepat ketika digunakan,” tambahnya.

Selain memastikan akses internet yang merata, Ganjar-Mahfud juga berencana untuk mengintegrasikan kurikulum pendidikan dengan kebutuhan dunia usaha, terutama di sekolah vokasi. Mereka sadar akan tantangan link and match antara pendidikan dan industri yang masih dihadapi oleh banyak individu.

Pangeran Siahaan menyoroti pentingnya program ini untuk meningkatkan serapan angkatan kerja dan menjadikan bonus demografi di Indonesia sebagai dividen yang nyata.

Dalam konteks peningkatan partisipasi anak muda dalam pemerintahan, Ganjar-Mahfud berjanji untuk memberikan kesempatan yang lebih besar bagi individu berprestasi untuk terlibat dalam pemerintahan mereka.

“Anak muda yang memiliki kompetensi dan semangat untuk memajukan bangsa tentu akan mendapat kesempatan yang besar dalam pemerintahan Ganjar-Mahfud nanti.” tegas Pangeran.

Baca Juga: Mahfud MD Rayu Anak Muda Agar Tidak Golput di Pemilu 2024

Masalah Blank Spot Internet di Indonesia, Ingin Diselesaikan Jadi Zero oleh Ganjar-Mahfud

Menurut Data Kementerian Komunikasi dan Informatika pada tahun 2022, ada sekitar 12.548 desa dan kelurahan yang masih belum mendapatkan layanan internet alias blankspot, termasuk di wilayah non-3T yang seharusnya sudah terjangkau oleh operator seluler dan fiber optik. Saat itu mantan Menteri Komunikasi dan Informatika, Jhonny G. Plate mendorong perusahaan operator seluler untuk berinvestasi di wilayah-wilayah tersebut guna memastikan pemerataan akses internet di seluruh Indonesia.

Penetrasi internet di Indonesia pada 2021-2022 mencapai 77,02 persen dari total populasi, namun masih ada sekitar 62,66 juta jiwa yang belum terjangkau internet. Data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan variasi yang signifikan dalam penetrasi internet di berbagai wilayah di Indonesia, dengan beberapa wilayah memiliki tingkat penetrasi yang rendah seperti di Sulbar, Papua Barat, NTB, Aceh, dan Papua.

Program zero blank spot yang disiapkan oleh Ganjar-Mahfud diharapkan dapat menjadi langkah konkret dalam mengatasi kesenjangan digital di Indonesia, serta memastikan bahwa hak-hak digital warga negara terpenuhi dengan merata. Dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk operator seluler dan pemerintah, diharapkan akses internet yang merata akan menjadi kenyataan di masa depan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *