Blog Post

Gerakan > Election > Ganjar-Mahfud Peduli Pada Isu Sosial
Ganjar-Mahfud

Ganjar-Mahfud Peduli Pada Isu Sosial

Spread the love

Tim Pemenangan Nasional Mengungkap Kepedulian Ganjar-Mahfud pada Isu Sosial

TPN Ganjar-Mahfud

Anggota Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, mengungkapkan pasangan Capres dan Cawapres tersebut memiliki kepedulian terhadap berbagai isu sosial.

Ganjar-Mahfud Akan Bangun 10 Juta Rumah

Achmad Baidowi, salah satu anggota TPN menyebut, Ganjar-Mahfudmemiliki program bertajuk “Rumah Kita” yang bertujuan membangun 10 juta rumah untuk rakyat jika menang dalam Pilpres 2024 mendatang.

Program tersebut meliputi pembangunan bermacam hunian baru atau renovasi seperti rumah sederhana, rusunami, rusunawa, pembangunan juga disertai ketersediaan lahan yang strategis dan terjangkau dari pusat perekonomian serta transportasi umum.

“Program Rumah Kita akan difokuskan untuk masyarakat yang tidak mampu dan belum punya rumah,” ujar Ahmad Baidowi, atau yang biasa dikenal dengan sebutan Awiek pada Senin (13/11/2023).

Ketua DPP partai PPP itu menyebut program Rumah Kita ditargetkan untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah, pekerja sektor informal, buruh, dan anak muda. Program itu nantinya dibuat dengan skema pembiayaan yang lebih mudah dan murah.

“Skemanya yang memudahkan, yang tidak memberatkan masyarakat dan juga tidak membebani anggaran negara, tentu kita carikan solusinya,” ujarnya.

Awiek mengatakan bahwa program perumahan bagi masyarakat akan dilaksanakan secara merata untuk memastikan tidak ada kesenjangan. Dia tidak ingin pembangunan hanya terjadi di Pulau Jawa.

“Sebagai bagian dari upaya pemerataan pembangunan, itu akan dilakukan di seluruh Indonesia, terkhusus di daerah yang belum mendapat perhatian,” ungkap Awiek.

Selain itu, Awiek mengatakan Ganjar-Mahfud juga telah mencanangkan program Kampung Sehat. Menurut dia, pihaknya akan memperbaiki permukiman kumuh di desa dan kota dengan berbagai fasilitas yang memadai.

“Memperbaiki kampung-kampung kumuh di desa dan kota, dengan dibangun hunian layak, sanitasi sehat, air minum dan air bersih, fasilitas umum dan sosial memadai, dan ruang terbuka hijau yang mencukup,” tandasnya.

Baca Juga: Peran Kunci Pemuda Sebagai Calon Pemimpin Bangsa

Ganjar-Mahfud Anti Kekerasan

Sementara itu, Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud MD, Aryo Seno Bagaskoro mengatakan, isu sosial yang Ganjar dan Mahfud juga sedang persiapkan adalah program pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak di lembaga dan komunitasnya. Program itu bertajuk “Jaga Teman”.

Seno mengatakan Ganjar sudah memiliki program serupa saat menjabat Gubernur Jawa Tengah. Menurut Seno, Ganjar menganggap serius persoalan kekerasan dan pelecehan terhadap perempuan dan anak.

“Jaga Teman ini adalah satu rangkaian program yang tercantum dalam visi misi Ganjar-Mahfud. Memberikan perhatian terhadap perempuan dan anak dalam hal kesejahteraan, melindungi anak terutama dalam menghadapi berbagai kasus kekerasan atau bullying yang marak terjadi,” ujar Seno pada, Minggu (12/11/2023).

Seno menjelaskan, program Jaga Teman bertujuan untuk membangkitkan kesadaran keberpihakan pada korban. Ia menyebut program Jaga Teman akan memberikan ruang yang memadai dalam pendampingan dengan fasilitas yang cukup di tiap tingkatan penegakan hukum, termasuk dalam hal penguatan anggaran bagi Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak.

“Memberikan edukasi sosialisasi serta pembangkitan kesadaran secara rutin untuk berpihak kepada korban kekerasan, baik aparat penegak hukum, kemudian lingkungan keluarga,” jelasnya.

Seno mengatakan Ganjar berkomitmen mendukung perempuan dan anak sejak duduk di DPR, termasuk memperjuangkan pengesahan kuota afirmatif perempuan di ruang politik.

Baca Juga: Sejarah ESG, Prinsip Untuk Ekonomi Hijau

Kemudian, saat Ganjar menjadi gubernur, ia menjadikan Jawa Tengah sebagai daerah pionir dalam perlindungan anak, dengan program Jogo Konco sebagai program andalannya.

“Maka semangat itulah yang berusaha ditingkatkan dalam semangat perlindungan anak dan perempuan. Sebab dalam hal ini, kata kuncinya adalah penyiapan ekosistem dan penumbuhan kesadaran secara kolektif. Ini harus dengan tegas, tapi tidak bisa instan. Harus bertumbuh,” tandasnya.

Itulah sejumlah isu sosial yang menjadi perhatian bagi pasangan Ganjar-Mahfud, menurut tim pemenangan nasionalnya

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *