Blog Post

Gerakan > Daerah > Ganjar-Mahfud Buka Layanan 24 Jam Untuk Mental

Ganjar-Mahfud Buka Layanan 24 Jam Untuk Mental

Spread the love

Ganjar-Mahfud mengakui betapa pentingnya faktor kesehatan dalam mempercepat perkembangan manusia Indonesia yang memiliki kualitas, produktivitas, dan kepribadian yang unggul, yang menjadi dasar utama menuju Indonesia Unggul. Sunanto, juru bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, atau yang biasa disapa Cak Nanto, mengungkapkan rencana pasangan calon presiden dan wakil presiden, 

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, jika mereka terpilih dalam Pilpres 2024 untuk mengatasi isu kesehatan mental. Menurut Sunanto, mereka akan memberikan layanan nomor darurat 24 jam yang akan memudahkan akses masyarakat yang membutuhkan bantuan terkait kesehatan mental.

“kita akan menyediakan nomor darurat 24 jam full dalam 7 hari, guna untuk membangun komunikasi krisis untuk menangani isu kesehatan mental secara holistik,” Kata Cak Nanto kepada jurnalis di Jakarta pada hari Jumat, tanggal 26 Oktober 2023.

Cak Nanto juga menyampaikan bahwa mereka berencana untuk mendirikan sebuah badan komunikasi krisis yang akan mengatasi permasalahan kesehatan mental secara komprehensif dan responsif. 

Ini akan mencakup pendirian pusat-pusat konseling di semua perguruan tinggi, pelayanan kesehatan jiwa di semua puskesmas, dan penyediaan fasilitas kesehatan jiwa di seluruh rumah sakit umum.

BACA JUGA : Cerita Mahfud MD Masa Muda Penuh Perjuangan: Sekolah Enggak Pakai Sepatu

legislatif DPR yang mewakili PDIP, Cak Nanto menegaskan bahwa isu kesehatan mental, terutama depresi, adalah sebuah masalah serius yang sangat memengaruhi banyak warga, khususnya generasi muda. 

“betapa pentingnya kehadiran psikolog dan pelayanan konseling; pemerintah bersedia berperan aktif dalam menangani permasalahan ini gak bisa diabaikan,” tuturnya.

“maka dari itu, Ganjar-Mahfud sangat concern dan perduli terhadap isu ini,” tutur dia.

Sebelumnya, dalam pertemuan pasca-deklarasi cawapres Mahfud MD di Gedung Arsip Nasional pada Rabu, 18 Oktober 2023, calon presiden Ganjar Pranowo menawarkan tiga strategi untuk menghadapi dan menyelesaikan permasalahan kesehatan mental, yang merupakan isu penting bagi generasi muda di tengah bonus demografi.

Dalam konteks ini, Ganjar mengusulkan solusi pertama, yaitu melalui promosi pola asuh yang baik yang dimulai dari lingkungan keluarga. Solusi kedua yang diajukan adalah membuat bimbingan konseling menjadi bagian wajib dalam kurikulum sekolah.

“Ketiga, pemerintah harus memberikan fasilitas yang memadai sehingga anak-anak yang mengalami masalah terkait kesehatan mental dapat mengadu, berkonsultasi, dan merasa nyaman dalam menyelesaikan masalah mereka,” ungkap Ganjar.

Ganjar juga menekankan komitmen dirinya dan Mahfud MD dalam mengutamakan kesejahteraan fisik dan mental masyarakat Indonesia, terutama generasi muda. Berdasarkan data dari Indonesia-National Adolescent Mental Survey (I-NAMHS) tahun 2022, sekitar 5,5% dari remaja berusia 10-17 tahun di Indonesia telah dinyatakan mengalami gangguan mental dalam kurun waktu 12 bulan terakhir, dan sekitar 34,9% menghadapi setidaknya satu masalah kesehatan mental. 

Angka-angka tersebut mencerminkan tingkat keparahan yang signifikan dalam isu kesehatan mental di kalangan generasi muda. Sementara itu, mengingat mayoritas penduduk Indonesia adalah generasi muda, pentingnya layanan kesehatan mental 24 jam yang diinisiasi oleh pasangan Ganjar-Mahfud menjadi pertimbangan utama dalam mempersiapkan masa depan Indonesia, terutama dalam mencapai visi bonus demografi menuju Indonesia Emas 2045.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *