Blog Post

Gerakan > Election > Ganjar – Mahfud Bisa Gaet Anak Muda
Agenda Politik Ganjar-Mahfud di Berbagai Kota

Ganjar – Mahfud Bisa Gaet Anak Muda

Spread the love

Duet pasangan Capres dan Cawapres, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD diyakini bisa menggaet dukungan para anak muda generasi milenial dan generasi Z.

Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Ade Reza Hariyadi memberikan penilaiannya. Menurutnya pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo – Mahfud MD sangat mungkin meraih dukungan mayoritas anak muda.

Ade Reza berpendapat, hal itu bisa terwujud apabila program-program milik pasangan Ganjar – Mahfud benar-benar mampu meyakinkan generasi muda untuk memilih mereka.

“Perlu kerja – kerja politik yang intens untuk meyakinkan pemilih dari kalangan kaum muda. Ini soal mampu atau tidak membangun pesan. Biasanya pemilih muda ini sangat visioner dan cenderung melihat hal-hal yang bersifat rasional dan proven,” ungkap Ade Reza.

Baca Juga: Alasan Ganjar Pranowo Sebut Pentingnya Diversifikasi Pangan Bagi Indonesia

Menurut Ade, Ganjar – Mahfud harus memiliki visi-misi yang sejalan dengan kebutuhan generasi anak muda dan juga harus bisa diterjemahkan menjadi program-program yang dapat diukur serta memiliki nilai rasional.

Ganjar – Mahfud juga perlu merancang program yang orientasi utamanya adalah membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya bagi kaum muda, karena di sini lah permasalahan besar yang menjadi tantangan bagi kaum muda.

Beberapa waktu lalu, saat menghadiri deklarasi kaum muda, Ganjar Pranowo sempat menyampaikan keinginannya melamar seluruh pemuda Indonesia untuk bergabung bersama tim Ganjar – Mahfud demi mewujudkan visi Indonesia Emas pada 2045.

Baca Juga: Sosok Ganjar Pranowo Calon Presiden 2024 di Mata Keluarga & Kerabat Terdekat

Menurut Ade Reza, lamaran seperti itu digaungkan oleh Ganjar Pranowo, karena sang capres memiliki kesadaran atas pentingnya memenangkan dukungan dari kalangan muda.

“Pemilih muda ada lebih dari 52%. Ini menunjukan keseriusan mereka untuk menggarap segmentasi dari pemuda sebagai basis potensial yang memiliki kontribusi besar dari perolehan suara mereka,” ungkapnya.

Ganjar Optimis Dapat Dukungan Anak Muda

Ganjar saat itu sempat menyatakan optimistis bahwa ia bisa meraih dukungan mayoritas pemilih anak muda dari generasi milenial dan gen Z.

Menurut Ganjar, dukungan dari generasi muda merupakan salah satu kunci untuk mencapai tujuan bersama, yaitu Indonesia unggul.

“Kami optimistis meraih suara generasi muda dan siap menerima aspirasi, masukan terkait keluh kesah yang mereka rasakan,” ungkap Ganjar Pranowo.

Sementara sang cawapres, Mahfud MD, mengatakan Pilpres 2024 merupakan pesta demokrasi bagi para anak muda. Ini disebabkan oleh suara generasi muda yang akan mewakili lebih dari 60 persen dari total pemilih pada pilpres 2024.

Pasangan capres – cawapres ini sendiri sudah merilis visi misinya. Dalam mengemas visi – misi tersebut, Ganjar dan Mahfud menyediakan cara yang modern dan baru. Booklet visi – misi pasangan calon (paslon) ini tersedia dalam bentuk barcode yang bisa di  scan.

Upaya ini ditujukan unduk menormalisasi penggunaan perangkat digital dan mempermudah akses visi – misi untuk para masyarakat, terlebih kaum generasi muda yang lekat dengan kemajuan digitalisasi.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *