Blog Post

Gerakan > Daerah > Ganjar Berupaya Keras Dalam Mengurangi Korupsi
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD

Ganjar Berupaya Keras Dalam Mengurangi Korupsi

Spread the love

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, calon presiden dan wakil presiden, berkomitmen untuk mempercepat pengembangan sistem digital nasional guna mengurangi risiko korupsi dan memastikan kepastian hukum.

“Dengan meningkatnya penggunaan digitalisasi dalam administrasi pemerintahan, Ganjar-Mahfud yakin bahwa anggaran bisa dikurangi hingga 1,2 triliun rupiah,” ungkap Roby Muhamad, Direktur Narasi dan Konten TPN Ganjar-Mahfud, dalam pernyataannya yang diterima di Jakarta pada hari sebelumnya.

Dia menyatakan bahwa Ganjar-Mahfud meyakini bahwa setiap individu berhak mendapatkan akses internet yang handal, cepat, dan terjangkau. Tujuannya adalah untuk meningkatkan ekonomi digital dan mengembangkan SDM digital yang memiliki daya saing, bahkan di tingkat internasional. Selain itu, pentingnya menerapkan sistem digital nasional juga disorot sebagai upaya untuk mengurangi risiko korupsi serta menegakkan kepastian hukum.

Roby menyampaikan bahwa Ganjar-Mahfud berkomitmen untuk mempertahankan kedaulatan digital dengan fokus pada perlindungan setiap individu dalam ranah digital. Ini termasuk menegakkan hak-hak digital dan melindungi warga dari ancaman seperti perjudian online dan penyebaran informasi yang tidak akurat.

Langkah nyata untuk mencapai tujuan tersebut melibatkan percepatan implementasi sistem digital nasional melalui peningkatan infrastruktur digital yang canggih dan SDM digital yang kompeten. Hal ini meliputi pemberian akses digital kepada semua warga di seluruh wilayah Indonesia (tanpa area yang tidak terjangkau), serta penyediaan koneksi internet yang handal, cepat, dan terjangkau.

Setelah itu, peningkatan kualitas SDM di bidang digital di dalam negeri dan peningkatan kompetitivitas ekosistem digital akan menghasilkan keamanan data, dukungan bagi pengembangan usaha digital baru (start-up), penerapan pajak bagi platform digital multinasional, serta perkembangan industri digital yang mandiri.

“Dengan ketersediaan internet yang merangkul semua orang atau mudah dijangkau, ini akan meningkatkan produktivitas dalam berbagai kegiatan digital. Contohnya, kemudahan dalam ekonomi digital seperti yang dialami oleh pelaku UMKM digital (e-commerce), para pelaku usaha start-up, dan kemudahan dalam menciptakan aplikasi yang merupakan karya anak bangsa,” ungkap Roby.

Ganjar-Mahfud melihat bahwa potensi ekonomi digital di Indonesia sangat besar, sekitar 4,531 triliun rupiah. Namun, potensi ini belum dimanfaatkan secara optimal. Oleh karena itu, Ganjar-Mahfud sangat berkeinginan untuk mengakselerasi perkembangan ekonomi digital di Indonesia. Mereka menyadari bahwa Indonesia tidak dapat terus mengandalkan pendapatan negara dari metode-metode konvensional saja.

“Selain itu, sejalan dengan upaya untuk menyamakan akses internet, masyarakat dapat merasa tenang karena Ganjar-Mahfud akan terus memprioritaskan perlindungan data pribadi,” ungkap Roby.

Sebelumnya, Capres Ganjar menyatakan kegembiraannya atas penerimaan nomor urut tiga pada Pemilu 2024, karena sesuai dengan nilai Pancasila ketiga, yaitu Persatuan Indonesia.

“Mendapatkan nomor tiga sesuai dengan nilai ‘Persatuan Indonesia’ merupakan penyatuan semua elemen dalam proses politik yang membanggakan,” ucap Ganjar dalam pidatonya setelah pengundian dan penetapan nomor urut calon presiden dan wakil presiden di Kantor KPU RI, Jakarta, pada malam Selasa.

Ganjar juga mengamati bahwa situasi politik di Indonesia terkadang mirip dengan alur drama Korea yang tidak menguntungkan semua pihak. Oleh karena itu, dia menekankan pentingnya semua elemen masyarakat untuk berupaya agar drama tersebut segera berakhir. Baginya, masyarakat harus merasakan suasana pemilu yang ceria dan menyenangkan.

Ganjar juga menegaskan bahwa drama seharusnya tidak terjadi menjelang Pemilu 2024. Dia juga berpendapat bahwa setiap pasangan calon presiden dan wakil presiden harus memperjuangkan proses demokrasi yang damai, nyaman, dan tenteram.

Sementara di sisi lain, DPC PDIP Kota Surabaya mulai memperkenalkan nomor urut 3 dari pasangan capres dan cawapres Ganjar-Mahfud MD kepada penduduk Kota Pahlawan, Jawa Timur.

Adi Surarwijono, Ketua DPC PDIP Surabaya, menyampaikan bahwa semua anggota PDI Perjuangan Surabaya, termasuk satgas, relawan, dan pendukung masyarakat, merespons dengan sukacita dan antusiasme saat Ganjar-Mahfud diberikan nomor urut 3 pada pengundian, yang berlangsung di Surabaya pada hari Rabu.

“Ada berbagai reaksi yang terlihat saat acara nobar di kantor PDIP Surabaya kemarin (14/11). Ada sorak-sorai, mengangkat tiga jari sebagai tanda antusiasme, bahkan ada yang bersujud sebagai ungkapan syukur karena nomor yang diinginkan ternyata dipilih,” ungkapnya.

Menurutnya, ini sesuai dengan nomor yang telah disosialisasikan oleh PDI Perjuangan untuk Pemilu 2024. Nomor 3, tambahnya, melambangkan kesatuan yang diharapkan membawa kemenangan serta kejayaan dalam Pemilu 2024.

Adi mengatakan nobar itu digelar kader-kader PDI Perjuangan bersama rakyat di 31 titik kecamatan. Berlangsung di rumah-rumah penduduk, membaur dengan warga masyarakat. Banyak kader banteng yang berharap Ganjar Pranowo-Mahfud MD dapat nomor undian 3.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *