Blog Post

Gerakan > Business > Ganjar Bantu Ekspor Produk UMKM Ke Eropa

Ganjar Bantu Ekspor Produk UMKM Ke Eropa

Spread the love

Ganjar Pranowo, Calon Presiden yang dikenal sebagai Gubernur Jawa Tengah pada periode 2013-2023, terus memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan produk, peningkatan kualitas, penjualan, dan bahkan ekspor produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah).

Melalui berbagai program, termasuk pendampingan, pelatihan, akses modal, dan strategi pemasaran, Ganjar berupaya meningkatkan daya saing UMKM di Jawa Tengah.

Salah satu program unggulan yang berhasil diluncurkan oleh Ganjar adalah Lapak Ganjar. Dengan memanfaatkan platform Instagram yang memiliki jutaan pengikut, Ganjar berhasil mendukung para pelaku UMKM dalam mempromosikan produk-produk mereka.

Selama periode 2020 hingga 2023, Lapak Ganjar telah memberikan promosi kepada lebih dari 3.365 UMKM dari 124 kabupaten/kota di seluruh Indonesia, melibatkan 136 jenis produk berbeda.

Dalam salah satu kesaksiannya, Ganjar Pranowo menjelaskan bahwa awalnya Lapak Ganjar diinisiasi untuk membantu pemasaran produk UMKM selama pandemi.

Namun, antusiasme masyarakat yang tinggi mendorong kelanjutan program ini. Banyak pelaku UMKM mengakui manfaat besar yang diperoleh dari program ini, termasuk peningkatan kepopuleran produk mereka.

Salah satu contoh sukses dari program ini adalah Bisnis Herbal Elisa yang meraih pencapaian luar biasa.

Elisa selaku pemilik bisnis, menyatakan bahwa berkat Lapak Ganjar, ekspor produk UMKM miliknya kini dikenal luas hingga ke Eropa.

enjualan produknya melonjak 250 persen, dan ia bahkan berhasil ekspor produk UMKM miliknya ke Belanda, Venesia, Malaysia, dan Hongkong.

Elisa yang semula memiliki omzet bulanan sekitar Rp500.000, kini meraih pendapatan Rp25 juta hingga Rp30 juta per bulan, memungkinkannya membeli rumah senilai Rp450 juta.

Sementara itu, UMKM lain yang dibantu oleh Ganjar adalah Wijaya Madu Borobudur, yang menjalankan bisnis madu lokal.

Pemiliknya, Aklis Nurdiansyah, menceritakan bahwa setelah bergabung dengan Lapak Ganjar, produk madunya mendapatkan pengakuan yang lebih luas, bahkan berhasil diekspor hingga ke Swiss dan Belanda.

Permintaan yang pesat membuatnya kesulitan memenuhi stok produk, namun Aklis terus mengembangkan bisnisnya dengan bekerja sama dengan pemburu lebah dan petani lebah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas madu yang dihasilkan.

Kesuksesan ekspor produk UMKM ke pasar Eropa ini menjadi bukti konkret bahwa dukungan Ganjar Pranowo melalui program-program seperti Lapak Ganjar mampu membantu UMKM mencapai pangsa pasar baru dan meningkatkan taraf bisnis mereka.

Para pelaku UMKM yang meraih kesuksesan ini berharap semangat dan dedikasi Ganjar Pranowo menjadi inspirasi bagi pemimpin lainnya, sambil mengharapkan kelanjutan program-program positif ini di masa depan.

 

Baca Juga: Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD Bertekad Dukung UMKM

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *