Blog Post

Gerakan > Election > Fakta Tenis Meja, Olahraga Favorit Mahfud MD
Mahfud MD Tenis Meja

Fakta Tenis Meja, Olahraga Favorit Mahfud MD

Spread the love

Calon Wakil Presiden Ganjar Pranowo, Mahfud MD, pernah mengunggah keasyikan dirinya tengah bermain Tenis Meja, atau  Pingpong.

“Olahraga menjadi kebutuhan rutin agar badan bugar shg bisa bekerja dgn tetap penuh energi. Jam 6.00 pagi ini jogging dan pingpongan dulu sblm memulai agenda pertama menjadi live di TV One jam 7.30 terkait Kesiapan Pemilu 2024 pasca vonis PN Jakarta Pusat” tulisnya dalam unggahan tersebut.

Tenis meja, yang juga dikenal sebagai ping pong, adalah salah satu olahraga yang sangat terkenal di seluruh dunia. Awalnya, olahraga ini berasal dari Inggris, namun seiring berjalannya waktu, tenis meja telah meraih popularitas yang besar di Asia. Ini jelas terlihat dari banyaknya atlet sukses dari negara-negara Asia, terutama Jepang dan China, yang sering meraih prestasi gemilang dalam kompetisi internasional.

Berikut 3 fakta olahraga tenis meja:

Dimulai Dari Permainan Ruang Tamu

Awal mula sejarah tenis meja dunia ditemukan di Inggris pada tahun 1880-an saat pemain tenis lapangan berinovasi memindahkan permainan ke ruang tamu dikarenakan lapangan yang penuh salju saat musim dingin. Lalu, sampai awal 1900-an, permainan ini dikenal sebagai permainan yang biasa dimainkan setelah pesta.

Oleh karena itu, terdapat istilah “permainan ruang tamu” dalam sejarah olahraga ini, karena awalnya permainan tenis meja ini memang dilakukan di ruang tamu dengan meja. Uniknya, yang digunakan sebagai net adalah tumpukan buku dan dayung sebagai raket. Bahkan, dulunya siapa saja bisa memainkan permainan tenis meja tanpa perlengkapan yang seragam.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Komitmen Buka Lapangan Kerja

Nama Ping Pong Sebelum Tenis Meja

Awalnya permainan tenis meja juga dikenal sebagai permainan ping pong. Ping pong sebenarnya adalah nama merek dagang untuk tenis meja dan segala perlengkapannya. Sejarah tenis meja mencatat bahwa nama perusahaan “Ping Pong” ditemukan oleh J. Jaques and Son.

Kemudian nama tersebut diadopsi oleh perusahaan asal Amerika Serikat yang dinaungi Parker Brothers, sebuah perusahaan permainan meja.

Awalnya, nama permainan tenis meja belum dikenal karena nama ping pong yang sangat populer. Kemudian, nama tenis meja baru diadaptasi pada 1922 ketika Asosiasi Ping-Pong yang pernah dibentuk pada 1902 kembali dihidupkan, dengan nama Asosiasi Tenis Meja.

Pada 1926, dengan semakin populernya olahraga ini di luar Inggris, organisasi besar tenis meja dibentuk dengan nama International Table Tennis Federating (ITTF) yang hingga saat ini menjadi organisasi resmi yang menaungi olahraga tenis meja. Negara pembentuknya adalah Inggris, Swedia, Hungaria, India, Denmark, Jerman, Cekoslowakia, Austria, dan Wales.

Baca Juga: Serangkaian Prestasi Ganjar Pranowo di Jawa Tengah

Arti Warna Ber Merah Dan Hitam

Dalam catatan sejarah tenis meja global, ITTF telah memiliki peran krusial dalam mengatur berbagai aspek aturan pertandingan guna memastikan bahwa permainan tenis meja dapat dipraktekkan secara seragam di seluruh dunia.

Bahkan, hingga masalah sepele seperti warna karet yang melekat pada bet tenis meja juga diatur dengan pertimbangan khusus.

Pilihan untuk menggunakan warna merah dan hitam pada karet tersebut bukan semata-mata karena warna-warna ini tidak mencolok. Lebih dari itu, karet berwarna merah dan hitam pada dasarnya memiliki karakteristik yang berbeda.

Karet berwarna hitam memiliki kekuatan yang signifikan, menjadikannya pilihan yang ideal untuk melakukan pukulan forehand. Di sisi lain, karet berwarna merah menekankan pada aspek kecepatan, sehingga sangat cocok bagi pemain tenis meja yang ingin mengimplementasikan teknik backhand.

Penggunaan kedua warna tersebut juga dirancang untuk memberikan pemain tenis meja kesempatan yang lebih baik dalam merencanakan strategi balik menahan pukulan lawan.

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa permainan tenis meja adalah pertandingan dengan jarak dekat dan tempo yang cepat, sehingga meskipun pemain mungkin telah memahami apakah lawan menggunakan pukulan kuat atau cepat, situasi tersebut hanya berlangsung dalam waktu singkat.

Itulah 3 fakta menarik, tentang tenis meja. Olahraga yang digemari oleh cawapres Ganjar Pranowo, Mahfud MD.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *