Blog Post

Gerakan > Election > Duet Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Tingkatkan Kualitas SDM Indonesia Melalui Peningkatan Anggaran Riset
Waspadai Kecurangan & Sabotase Suara, TPN Ganjar-Mahfud Beri Pesan ke Relawan

Duet Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Tingkatkan Kualitas SDM Indonesia Melalui Peningkatan Anggaran Riset

Spread the love

Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD dengan tegas menyatakan tekad mereka untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan melipatgandakan alokasi dana untuk riset dan inovasi. Rencana ini diuraikan dalam visi dan misi mereka, khususnya pada sub-bab nomor 2.1.1 yang berjudul “Peningkatan Anggaran Riset.”

Dalam visi dan misi tersebut, mantan Gubernur Jawa Tengah dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut berkomitmen untuk meningkatkan investasi dalam bidang riset dan inovasi dengan meningkatkan alokasi dana yang lebih besar.

Mereka menyadari pentingnya investasi dalam sektor ini untuk meningkatkan kualitas SDM di Indonesia dan menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan pengetahuan, teknologi, dan inovasi.

Visi mereka bahkan mencakup target alokasi dana riset dan inovasi mencapai 1% dari Produk Domestik Bruto (PDB) pada tahun 2029, dengan dukungan dari pemerintah dan sektor swasta.

“Meningkatkan investasi riset dan inovasi industri unggulan melalui peningkatan anggaran riset dan inovasi (Gross Domestic Expenditure on Research and Development) mencapai 1% dari PDB pada tahun 2029 dengan mendorong sinergi pendanaan pemerintah dan swasta melalui efisiensi pagu anggaran dan penyederhanaan regulasi pendanaan filantropi maupun insentif pajak atau subsidi bagi swasta.” dikutip dari dokumen visi misi pasangan capres-cawapres Ganjar-Mahfud Senin, (31/10/2023).

Baca Juga: 3 Janji Politik Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, Nomor 2 Bikin Heboh

Rencana ini bertujuan untuk meningkatkan investasi dalam riset dan inovasi industri unggulan melalui sinergi antara pendanaan pemerintah dan swasta dengan efisiensi anggaran dan penyederhanaan regulasi pendanaan, serta penyediaan insentif pajak dan subsidi bagi sektor swasta.

Peningkatan investasi dalam riset dan inovasi diharapkan akan memberikan dukungan yang cukup bagi para peneliti, ilmuwan, dan inovator untuk mengembangkan solusi baru terhadap tantangan yang dihadapi oleh negara.

Selain itu, Kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta juga dianggap penting untuk memastikan proyek-proyek riset dan inovasi mendapatkan dukungan finansial yang memadai.

Demi Meningkatkan Kualitas SDM Indonesia Diperlukan Infrastuktur Penunjang yang Memadai?

Inas Nasrullah, selaku politikus Partai Hanura, menyoroti pentingnya memiliki infrastruktur riset dan laboratorium yang modern dan lengkap sebagai bagian dari upaya meningkatkan alokasi anggaran.

Menurutnya, sistem pendidikan yang berkualitas perlu didukung dengan investasi dalam riset dan pengembangan untuk mendukung inovasi. Investasi ini juga mencakup peningkatan kurikulum, fasilitas, dan peningkatan kualifikasi guru.

“Sistem pendidikan yang baik harus didukung juga dengan investasi riset dan pengembangan sehingga pemerintah dan sektor swasta perlu meningkatkan investasi dalam riset dan pengembangan untuk mendukung proyek-proyek inovatif,” kata Inas dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (20/10/2023).

Inas juga melihat bahwa sosok mantan Gubernur Jawa Tengah itu telah memberikan contoh melalui program peningkatan kualitas Sekolah Menengah Kejuruan (SMKN) di Jawa Tengah.

Seluruh upaya yang diajukan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD itu sejalan dengan visi Indonesia untuk menjadi Indonesia Emas 2045, yang menekankan pentingnya investasi dalam pengembangan sumber daya manusia. Hal itu mencerminkan komitmen Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, dalam memajukan pendidikan dan memperkuat SDM Indonesia.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *