Blog Post

Gerakan > Lifestyle > Dekat Dengan Warga, Ini Alasan Ganjar Menginap

Dekat Dengan Warga, Ini Alasan Ganjar Menginap

Spread the love

Calon Presiden Ganjar Pranowo merupakan sosok yang dekat dengan masyarakat, hal ini dapat dilihat dengan kebiasaannya menginap di rumah warga. 

 

Kebiasaan ini ternyata sudah dari masa menjabat menjadi Gubernur Jawa Tengah pada periode 2013-2017 dan periode berikutnya.

 

Pada tahun 2018 di Magelang, Ganjar menjelaskan alasan gaya blusukannya ampuh  karena memberikan interaksi dengan masyarakat secara langsung. Kehadirannya saat menginap bisa membuatnya mendengar aspirasi dan juga keluh kesah secara langsung di hari itu juga, pertukaran dialog yang membuahkan solusi dan pendekatan.

 

Dalam percakapannya, ia membagikan pengalamannya saat melakukan kunjungan ke beberapa daerah di Indonesia, seperti Brebes, Temanggung, dan Wonosobo.

 

Ia menyatakan, “Kalau saya nginepnya di hotel kapan ngobrolnya (dengan warga). Kalau nginep di warga, kayak kemarin di Brebes wah rame minta ampun, di Temanggung, juga Wonosobo.” Ganjar Pranowo memahami bahwa ketika ia menginap di rumah warga, hal ini menciptakan momen yang lebih santai dan nyaman untuk berbicara dengan masyarakat setempat.

 

Menurut Ganjar, kehadiran di tengah masyarakat yang ia sebut sebagai “jagongan” membuka pintu untuk masyarakat untuk berbicara tentang berbagai masalah yang mereka hadapi. 

 

Beberapa dari mereka mungkin memiliki masalah yang memerlukan penyelesaian segera, sementara yang lain mungkin memerlukan dukungan program pemerintah. Ini menggambarkan pentingnya mendengarkan suara rakyat secara langsung dan merespons kebutuhan mereka.

 

Ganjar Pranowo menjelaskan bahwa dalam setiap kunjungan ke daerah berbeda, ia menerima berbagai masukan dan aspirasi yang beragam.

 

Ia menyatakan, “Sederhana saja, ada yang engga bisa bayar sekolah, engga bisa berobat, urusan masyarakat kan itu-itu, lalu bagaimana mengurus sertifikat tanah. Mereka butuh dibantu. Ada jembatan bergeser, sungainya banjir, bencana alam, dan sebagainya.” Dalam kunjungannya, ia merespons berbagai masalah yang masyarakat hadapi, termasuk masalah pendidikan, kesehatan, administrasi tanah, dan infrastruktur.

 

Pendekatan yang dilakukan Ganjar Pranowo untuk mendengarkan suara rakyat secara langsung ini mencerminkan komitmennya yang kuat untuk melayani masyarakat dan menjalani peran sebagai pemimpin yang terhubung dengan realitas di lapangan. 

Baca Juga: Sejarah Mahkamah Konstitusi & Kewenangannya

Ia memahami bahwa setiap daerah memiliki tantangan uniknya sendiri, dan kehadiran langsung di tengah masyarakat membantu menciptakan hubungan yang lebih kuat antara pemimpin dan rakyat. Dengan mendengarkan dan merespons berbagai masalah ini, Ganjar Pranowo berusaha memahami dan mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia.

 

Kunjungan Ganjar Pranowo ke Desa Trikoyo

 

Ganjar Pranowo, seorang calon Presiden, menciptakan momen yang istimewa dengan memutuskan untuk menginap di rumah seorang warga di Desa Trikoyo, Sumatera Selatan, pada tanggal 6-7 November 2023. Keputusan ini mengejutkan warga setempat dan menciptakan antusiasme luar biasa. 

 

Dalam kunjungan ini, Ganjar secara langsung mendengarkan aspirasi masyarakat dan memahami berbagai masalah yang mereka hadapi, termasuk isu-isu sehari-hari seperti harga sembako, pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. 

 

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh masyarakat dari berbagai lapisan, Ganjar Pranowo mendengarkan dengan serius curahan hati dan aspirasi warga setempat. Mereka membahas berbagai isu yang melibatkan kehidupan sehari-hari, seperti masalah harga sembako, pupuk, kesehatan, pendidikan, pakan ikan, dan keluhan tentang guru honorer. Ganjar merespon setiap masukan dan pertanyaan dengan sungguh-sungguh, menciptakan suasana santai dengan guyonan yang membuat pertemuan semakin akrab.

 

Dalam lebih dari dua jam perbincangan, Ganjar menerima berbagai masukan dan harapan dari masyarakat Musi Rawas. Ia menjelaskan bahwa kunjungan semacam ini memberinya kesempatan untuk mendengar aspirasi warga dan memahami berbagai permasalahan yang mereka hadapi, seperti pangan, pendidikan, pertanian, kesehatan, dan lain-lain.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *