Blog Post

Gerakan > Daerah > Daftar Kota Paling Toleran di Indonesia
Kota toleran setara institute

Daftar Kota Paling Toleran di Indonesia

Spread the love

SETARA Institute merilis daftar kota yang paling toleran se-Indonesia dalam laporannya berjudul Indeks Kota Toleran (IKT) Tahun 2022.

Setara Institute adalah organisasi non-pemerintah yang berbasis di Indonesia yang melakukan penelitian dan mengadvokasi demokrasi, kebebasan politik, dan hak asasi manusia.

IKT 2022 merupakan hasil pengukuran yang dilakukan oleh SETARA Institute untuk mempromosikan praktik-praktik toleransi terbaik dari kota-kota di Indonesia. Indeks Kota Toleran 2022 adalah laporan keenam dari SETARA Institute ketika pertama kali diterbitkan pada tahun 2015.

Baca Juga : Kereta Cepat Whoosh Catat Rekor Angkut 11.329 Penumpang Kemarin

IKT bertujuan untuk memberikan fasilitas dan status kinerja pemerintahan kota dalam mengelola toleransi, kerukunan, inklusi sosial dan wawasan kebangsaan. Data ini akan menjadi informasi bagi masyarakat, pemerintah dan berbagai pihak yang ingin mengetahui kondisi tentang toleransi di 94 kota di Indonesia.

Penilaian indeks dilakukan berdasarkan pertimbangan empat variabel, yaitu regulasi kota, tindakan pemerintah, regulasi sosial dan demografi sosial keagamaan. Setelah itu, variabel peraturan sosial dan tindakan pemerintah di kota ini semuanya mencapai 6,5 poin. Variabel sosio-religius-demografi mendapat skor 6.

Alhasil, Kota Singkawang dinobatkan sebagai kota paling toleran di Indonesia pada tahun 2022. Kota yang berada di Kalimantan Barat ini tercatat memiliki skor IKT sebesar 6.583 poin.

Hasil Survei

Selain Singkawang, ada beberapa kota lain yang meraih nilai IKT tertinggi di Indonesia pada tahun 2022. Berikut 10 kota paling toleran di Indonesia tahun 2022 menurut indeks SETARA Institute:

  1. Singkawang, Kalimantan Barat.

Skor : 6,583 poin

  1. Salatiga, Jawa Tengah.

Skor : 6,417 poin

  1. Bekasi, Jawa Barat.

Skor : 6,080 poin

  1. Surakarta, Jawa Tengah.

Skor : 5,883 poin

  1. Kediri, Jawa Timur.

Skor : 5,850 poin

  1. Sukabumi, Jawa Barat.

Skor : 5,810 poin

  1. Semarang, Jawa Tengah.

Skor : 5,783 poin

  1. Manado, Sulawesi Utara.

Skor : 5,767 poin

  1. Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Skor : 5,687 poin

  1. Magelang, Jawa Tengah.

Skor : 5,670 poin

Baca Juga : KSAL: Tidak Tercapainya MEF TNI AL Disebabkan Oleh Masalah Anggaran

Dari hasil survei Laporan IKT tersebut, empat kota diantaranya adalah berasal dari Jawa Tengah. Kota Salatiga (urutan kedua), Kota Surakarta (ururan empat), Kota Semarang (urutan tujuh) dan Kota Magelang (urutan sepuluh) Empat kota di Jawa Tengah merupakan kota yang mendapat predikat kota yang toleran.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *