Blog Post

Gerakan > Election > Crowdfunding Jadi Cara Relawan Ganjar untuk Mendukung Kampanye Ganjar-Mahfud

Crowdfunding Jadi Cara Relawan Ganjar untuk Mendukung Kampanye Ganjar-Mahfud

Spread the love

Relawan AkuGanjar (Anakmuda Koalisi Untuk Ganjar) memilih menggunakan crowdfunding melalui penjualan merchandise sebagai salah satu sumber pendanaan untuk mendukung kampanye pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam Pilpres 2024.

Dalam upayanya meraup dana, relawan ini berfokus pada transparansi dan kreativitas, menjadikan penjualan merchandise sebagai solusi yang efektif.

“Bagi kami transparansi dan kreatifitas adalah yang utama, jadi mentalnya enggak mental proposal, anak muda harus kreatif.” ungkap Ketua Umum AkuGanjar, Riezky Delastama pada Rabu (15/11/2023) kepada salah satu media nasional.

Merchandise AkuGanjar, seperti jaket dan kaos, terkenal di kalangan Gen Z dan Millenial karena desainnya yang kekinian dan pendekatannya yang tidak bersifat hard selling. Wabendum AkuGanjar, Bayu Perkasa, menjelaskan bahwa fokus utama adalah pada politik sukarela, yang menjadi sorotan dalam setiap produk yang dihasilkan. Ia  menambahkan bahwa penjualan melalui e-commerce tidak hanya mendatangkan pendapatan tetapi juga mempermudah proses pendataan anggota.

Melalui strategi penjualan merchandise, relawan AkuGanjar berhasil membangun database yang kuat, mengundang pembeli untuk bergabung dalam grup atau media sosial mereka. Kelompok relawan muda ini juga turut menjelaskan bahwa peminat merchandise mereka berasal dari berbagai daerah, sehingga menunjukkan militansi pendukung Ganjar Pranowo & Mahfud MD yang masif di seluruh Indonesia.

“Ketika mereka sudah membeli berarti bisa disebut 80 persen mereka preferensinya ke Ganjar-Mahfud.” ungkap Sekjen AkuGanjar, Aditya PN

Pendekatan ini membuktikan efektif dalam mendukung kampanye Ganjar-Mahfud, menciptakan hubungan erat dengan pendukung yang tidak hanya sekadar pembeli merchandise tetapi juga menjadi bagian dari komunitas AkuGanjar. Dengan pendekatan crowdfunding yang transparan dan melibatkan masyarakat luas, AkuGanjar berhasil meraih dukungan yang signifikan untuk pasangan capres-cawapres nomor ururt 3, Ganjar Pranowo & Mahfud MD.

Baca Juga: 3 Komoditas Investasi Favorit Ganjar Pranowo

Mengenal Crowdfunding, Strategi yang Digunakan Relawan AkuGanjar untuk Mendukung Kampanye Ganjar-Mahfud

Crowdfunding adalah metode pendanaan di mana sejumlah kecil uang dikumpulkan dari banyak orang melalui platform online. Pendanaan ini memungkinkan individu atau kelompok untuk menggalang dana untuk proyek, usaha, atau tujuan tertentu tanpa bergantung pada sumber pendanaan tradisional seperti bank atau investor besar. Jenis-jenis crowdfunding dapat dibagi menjadi beberapa kategori utama.

1. Equity Crowdfunding

Dalam model ini, investor mendapatkan kepemilikan saham atau ekuitas dalam perusahaan atau proyek yang didanai. Pendukung proyek menjadi pemegang saham, dan mereka dapat mendapatkan keuntungan jika proyek tersebut sukses.

2. Reward-Based Crowdfunding

Pendukung proyek ini menerima imbalan non-keuangan, seperti produk atau layanan dari proyek yang mereka dukung. Ini adalah bentuk crowdfunding yang umum digunakan untuk proyek seni, teknologi, atau produk konsumen.

3. Debt Crowdfunding (Peer-to-Peer Lending)

Dalam jenis ini, peminjam mendapatkan pinjaman dari sejumlah individu melalui platform crowdfunding, dan mereka kemudian membayar kembali pinjaman tersebut dengan bunga. Pendana mendapatkan pengembalian investasi melalui pembayaran pinjaman.

4. Donation Crowdfunding

Pada model ini, dana dikumpulkan tanpa imbalan finansial atau kepemilikan saham. Ini sering digunakan untuk kegiatan amal, bantuan medis, atau proyek sosial. Pendukung memberikan sumbangan berdasarkan dukungan moral terhadap tujuan atau penyebab tertentu.

5. Real Estate Crowdfunding

Model ini memungkinkan individu untuk berinvestasi dalam proyek properti atau real estat bersama-sama. Mereka bisa mendapatkan keuntungan melalui pendapatan sewa atau apresiasi nilai properti.

Crowdfunding telah menjadi inovasi signifikan dalam dunia pendanaan kampanye karena memberikan akses lebih luas kepada para penggalang dana dan memungkinkan masyarakat untuk berpartisipasi secara langsung dalam proyek yang mereka dukung.

Pendanaan kampanye melalui penjualan merchandise AkuGanjar menciptakan ikatan erat antara para pendukung dan calon presiden yang mereka dukung, sambil memberikan ruang untuk ekspresi politik secara lebih aktif. Dengan demikian, crowdfunding tidak hanya menjadi sumber pendanaan alternatif tetapi juga sarana untuk membangun komunitas yang kuat di sekitar visi dan misi politik Ganjar-Mahfud.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *