Blog Post

Gerakan > Nasional > Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD Bertekad Dukung UMKM
ganjar mahfud komitmen bantu umkm

Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD Bertekad Dukung UMKM

Spread the love

Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD 

Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD bertekad untuk mendukung pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta memberikan kepastian hukum. Visi-Misi mereka menggarisbawahi upaya untuk “Mempercepat Pembangunan Ekonomi Berdikari Berbasis Pengetahuan dan Nilai Tambah.”

Dalam dokumen Visi-Misi mereka yang mencakup 63 halaman, terdapat komitmen untuk menciptakan lingkungan bisnis yang mendukung pertumbuhan  UMKM, usaha ultra mikro, dan usaha yang mampu meningkatkan kualitasnya secara berkelanjutan, sambil memastikan kepastian hukum.

Mereka berkomitmen untuk “menciptakan lingkungan bisnis yang mendukung pertumbuhan usaha ultra mikro dan UMKM, serta usaha-usaha yang mampu naik kelas secara berkelanjutan melalui pengaturan dan penerapan regulasi untuk memberikan kepastian hukum, dengan fokus pada pemberdayaan rakyat dalam aktivitas bisnis. Selain itu, mereka akan memastikan bahwa setidaknya 35% alokasi kredit perbankan disediakan untuk koperasi, UMKM, dan perusahaan rintisan, yang akan disertai dengan pelatihan dan fasilitasi akses pasar.”

Dari misi ini, Ganjar-Mahfud menekankan komitmen mereka untuk menciptakan lingkungan bisnis yang memberikan kepastian hukum bagi UMKM dan usaha lain yang mampu meningkatkan kualitasnya. Mereka juga menegaskan bahwa rakyat akan menjadi fokus utama dalam aktivitas bisnis, terutama dalam sektor usaha ultra mikro dan UMKM.

Ganjar Pranowo diakui sebagai pemimpin yang mampu mewujudkan visi ini, dengan bukti kinerjanya dalam memajukan sektor pariwisata. Selama kepemimpinannya sebagai Gubernur Jawa Tengah, ia secara berkelanjutan berusaha untuk mengembangkan sektor UMKM di wilayah tersebut. Hasilnya, ekspor UMKM dari Jawa Tengah mencapai 2,5 miliar dolar AS pada triwulan I tahun 2023, menghasilkan surplus sebesar 708 juta dolar AS.

Selama dua periode kepemimpinannya, yaitu dari tahun 2013 hingga 2023, Ganjar telah melakukan berbagai upaya untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan UMKM. Salah satu inovasinya adalah Hetero Space, yang berfungsi sebagai wadah kreatif untuk memberikan pengetahuan kepada pelaku UMKM sebelum mereka memasarkan produk-produk mereka.

Ganjar Pranowo juga telah menyediakan fasilitas berikutnya, yaitu akses ke modal, dengan memperkenalkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Supermikro dengan tingkat bunga yang hanya tiga persen per tahun. Dalam kerjasamanya dengan Bank Jateng, program ini diharapkan dapat membantu UMKM dalam mengembangkan usaha mereka.

Provinsi Jawa Tengah saat ini memiliki tiga Hetero Space yang berfungsi sebagai pusat pengembangan UMKM dan tempat kreasi bagi para pemuda. Ini telah melibatkan banyak anggota dan memberikan manfaat kepada ribuan UMKM, startup, perusahaan, dan banyak individu lainnya.

Dengan komitmen kuat dan bukti kinerja yang terbukti, Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD bertekad untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM serta memberikan kepastian hukum dalam aktivitas bisnis mereka.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *