Blog Post

Gerakan > Nasional > Borobudur Marathon 2023 Sukses Digelar!

Borobudur Marathon 2023 Sukses Digelar!

Spread the love

Lomba lari prestisius, Borobudur Marathon 2023, memperoleh sukses besar pada Minggu (19/11/2023). Lebih dari 1.000 pelari berpartisipasi dalam ajang ini, yang diadakan di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dan masa pandemi Covid-19, kali ini event berjalan tanpa pembatasan, menandai kembalinya semangat perlombaan lari.

Menggandeng tema “Voice Unility”, Borobudur Marathon kali ini menciptakan pengalaman berlari yang unik dengan start dan finish di Taman Lumbini, Zona II Taman Wisata Candi Borobudur. Total, terdapat tiga kategori lomba, yaitu marathon sepanjang 42,195 kilometer, half marathon sejauh 21,097 kilometer, dan 10 kilometer.

Dalam event ini, tercatat 78 pelari internasional dari negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Australia, China, Thailand, dan Filipina ikut memeriahkan acara. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo turut serta dalam pelepasan para pelari, memberikan dukungan penuh untuk ajang prestisius ini.

Baca Juga: Alasan Ganjar Pranowo Sebut Yogyakarta Penting

PJ Gubernur Jateng Siapkan Banyak Insentif Menarik Bagi Peserta Borobudur Marathon

Sementara itu, Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, memberikan insentif menarik bagi pelari nasional yang mampu memecahkan rekor nasional. Bonus sebesar Rp100 juta rupiah ditawarkan, dengan tambahan bonus untuk juara pertama, kedua, dan ketiga dalam kategori youth talent.

Borobudur Marathon 2023 diikuti oleh 10.453 pelari, melibatkan peserta dari berbagai negara dan tingkatan usia. Dalam tiga kategori utama, yaitu 10K, half marathon, dan marathon, peserta dapat menikmati rute lari yang melewati keindahan Candi Borobudur.

Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, melihat Borobudur Marathon sebagai peluang besar untuk mengangkat potensi pariwisata Candi Borobudur. “Event ini memberikan dampak positif bagi masyarakat. Semoga event ini dapat membuat Kota Magelang semakin dikenal luas oleh turis, baik lokal maupun mancanegara,” ujar Nana.

Event ini juga mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak, termasuk Bank Jateng sebagai penyandang dana utama. Penyelenggara Borobudur Marathon berupaya naik level dengan mencoba mendapatkan World Athletic Label, serta memberikan pengalaman terbaik bagi para pelari dengan koordinasi yang baik bersama pemangku kepentingan terkait.

Liem Chie An, Ketua Yayasan Borobudur Marathon, berharap event ini dapat memberikan dampak positif yang lebih besar dari tahun sebelumnya. “Antusiasme yang tinggi pasti dirasakan oleh seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Borobudur Marathon 2023,” kata Liem.

Sekitar 10.000 pelari, termasuk atlet-atlet terkenal seperti Agus Prayogo, Betmen Manurung, Odekta Naibaho, dan Pretty Sihite, berpartisipasi dalam Borobudur Marathon 2023. Bank Jateng Pawone turut serta dalam mengembangkan dan mengoptimalkan peran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Magelang.

Chief Marketing Officer Generali Indonesia, Vivin Arbianti Gautama, menyatakan dukungan Generali Indonesia sebagai Official Insurance Partner Borobudur Marathon. “Generali Indonesia menyediakan proteksi untuk 10.000 pelari yang akan mengikuti Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng,” ujar Vivin.

Event marathon bukan hanya ajang lari bergengsi, tetapi juga menjadi upaya untuk menghidupkan perekonomian lokal. Para pelari yang datang dari berbagai penjuru dunia meningkatkan daya hidup masyarakat sekitar melalui homestay, hotel, dan berbagai usaha lainnya.

Dengan keberhasilan Borobudur Marathon 2023, event ini tidak hanya menciptakan pengalaman berlari yang tak terlupakan, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi pariwisata dan ekonomi di kawasan Candi Borobudur, menjadikannya sebagai destinasi yang semakin dikenal secara internasional.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *