Blog Post

Gerakan > Election > Bersama Tokoh Agama, Ganjar Dukung Kerukunan

Bersama Tokoh Agama, Ganjar Dukung Kerukunan

Spread the love

Calon Presiden Ganjar Pranowo secara konsisten menunjukkan komitmennya dalam mengelola keberagaman dan mempromosikan kerukunan dengan menemui sejumlah tokoh agama di tengah masyarakat Indonesia yang beragam.

Salah satu pendekatan yang mencolok adalah kedekatannya dengan tokoh agama, terutama yang mewakili keyakinan selain Islam, menjadi bukti nyata komitmen Ganjar untuk mewujudkan kerukunan antarumat beragama di Jawa Tengah.

Pada kunjungan di Kota Tangerang, Ganjar Pranowo mengundang sejumlah tokoh agama dari berbagai latar belakang ke Pondok Pesantren Roudlotussalaam Cimone. Pertemuan ini melibatkan tokoh agama dari keyakinan Islam, Buddha, Hindu, Tao, Konghucu, dan Kristen.

Ganjar menekankan pentingnya peran tokoh agama dalam membentuk dan menjaga keberagaman di Indonesia, mengungkapkan bahwa keberagaman harus dijaga dan dirawat.

Contoh konkret dari upaya tersebut adalah penggunaan Candi Borobudur dan Candi Prambanan sebagai tempat ibadah bagi penganut Buddha dan Hindu, selain sebagai destinasi wisata.

Kunjungan Ganjar Pranowo ke Keuskupan Agung Malang juga menunjukkan hubungannya yang erat dengan tokoh agama, khususnya Katolik.

Dalam sarapan bersama Uskup Agung Malang, Mgr. Henricus Pidyarto Gunawan, Ganjar membahas isu-isu kebangsaan dengan fokus pada nilai-nilai toleransi, persaudaraan, dan perdamaian.

“Kami senang pak Ganjar mau berkunjung. Ini kunjungan persaudaraan dan kami terima Pak Ganjar Pranowo dengan senang hati” ujar Uskup Agung Mgr. Henricus dikutip Rabu (22/11/2023).

Ganjar menyampaikan pentingnya menjaga kerukunan di tengah perbedaan pilihan politik menjelang pemilihan umum, menekankan untuk tidak menyakiti orang lain berdasarkan perbedaan agama, suku, atau golongan.

Selain itu, kunjungan Ganjar ke Vihara Mendut menandai kedekatannya dengan tokoh agama Buddha.

Bhante Pannavaro Mahathera menyambut Ganjar dengan hangat, memaparkan hubungan baik antara Vihara Mendut dan komunitas muslim setempat.

Ganjar berinteraksi dengan warga setempat, mendengarkan cerita Bhante tentang toleransi beragama di Magelang, dan membahas isu-isu kebangsaan.

Ganjar menegaskan bahwa kedekatannya dengan Bhante Pannavaro telah membuka wawasan tentang toleransi dan pemahaman perbedaan.

”Beliau banyak mengajarkan kita tentang toleransi. Bagaimana cara kita menjaga negara bersama-sama. Saya senang dapat buku beliau, isinya tentang ceramah dan persepsi beliau, tentang bagaimana kita memahami perbedaan,” ujar Bhante Pannavaro, Dikutip Rabu (22/11/2023).

Keseluruhan aktivitas ini mencerminkan upaya Ganjar Pranowo dalam mempromosikan perdamaian, persaudaraan, dan toleransi, khususnya selama periode politik yang sensitif.

Kedekatannya dengan tokoh agama dari berbagai keyakinan menjadi langkah nyata menuju masyarakat yang harmonis dan berkeadilan.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Puji Toleransi Beragama yang Kuat di Sumatera Utara

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *