Blog Post

Gerakan > Election > Berbagai Makna dari Angka 3, Nomor Ganjar-Mahfud
Calon Presiden Ganjar Pranowo

Berbagai Makna dari Angka 3, Nomor Ganjar-Mahfud

Spread the love

Calon presiden dengan urutan ke-3, Ganjar Pranowo, membagikan video mengenai Tiga Janji sambil menampilkan salam tiga jari bersama para pendukungnya. Inspirasi dari salam tiga jari ini diambil dari film The Hunger Games.

Pada Senin (20/11/2023),Ganjar Pranowo mempublikasikan video selama 23 detik melalui akun media sosialnya, termasuk Instagram dan platform lainnya. Dalam video tersebut, Ganjar tampak mengenakan pakaian serba hitam, berdiri di tengah-tengah kelompok pendukung yang juga mengenakan seragam serba hitam.

Sambil memegang mikrofon, Ganjar mengangkat tangan kanannya ke atas dan membentuk pose tiga jari dalam video berdurasi 23 detik tersebut. Dengan antusias, para pendukung turut mengikuti gerakan tersebut.

Rekaman video tersebut diperkaya dengan musik dramatis dan suara siulan, menciptakan atmosfer yang mirip dengan adegan dalam film The Hunger Games.

Dalam video tersebut, Ganjar menunjukkan salam tiga jari dengan jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis yang menunjuk ke atas, sementara ibu jari dan kelingking berada di bawah dan bersentuhan satu sama lain.

Ganjar menyertakan keterangan ‘tiga jari tiga janji’ pada unggahannya, di antaranya adalah janji untuk setia kepada rakyat.

“Tiga jari tiga janji: Taat pada Tuhan, patuh pada hukum, dan setia pada rakyat,” ujar Ganjar Pranowo.

3 Dalam Makna Lain

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud MD memberikan penjelasan mengenai makna di balik pose tiga jari yang mirip dengan yang ada dalam film The Hunger Games.

“Memang kami diberitahu bahwa salam 3 jari tersebut juga ada di film Hunger Games. Kami pikir cocok juga, apalagi di film tersebut salam 3 jari juga adalah simbol perjuangan rakyat,” ucap juru bicara (Jubir) TPN Ganjar-Mahfud, Pangeran Siahaan kepada wartawan pada Senin (20/11/2023).

Baca Juga : Ungkap Arti Video Salam 3 Jari Ganjar Pranowo!

Meskipun begitu, Pangeran menyatakan bahwa pose tersebut diilhami oleh gerakan demokrasi di dunia, terutama gerakan aktivisme demokrasi di Thailand, Hong Kong, dan Myanmar.

“Tapi sesungguhnya salam 3 jari yang digunakan Mas Ganjar itu terinspirasi gerakan demokrasi di seluruh dunia,” jelasnya.

Lalu, adakah arti angka 3 dalam makna lainnya? Berikut kami rangkum beberapa arti dari angka 3 dalam berbagai teori dan kepercayaan.

  1. Angka 3 Menurut Islam

Angka 3 memiliki peran istimewa dalam agama Islam, seperti yang dijelaskan oleh KH. M. Quraish Shihab. Dalam sebuah wawancara di NarasiTV yang dimiliki oleh Najwa Shihab pada bulan September 2020, beliau menjelaskan beberapa keistimewaan angka 3 dalam perspektif Islam.

Salah satu contohnya adalah pembagian tuntunan agama Islam menjadi tiga, mencakup aspek hati dan kepercayaan, kegiatan dan anggota badan, serta akhlak. Dalam konteks ini, angka 3 juga melambangkan ‘banyak’ dan memiliki makna mendalam dalam ajaran Islam.

Sebagai contoh, dalam praktik berwudhu, meskipun satu kali mencuci bagian tubuh sudah memenuhi syarat, namun untuk mencapai kesempurnaan disarankan melakukannya sebanyak tiga kali, mencerminkan nilai dan keberkahan yang terkandung dalam angka tersebut.

  1. Angka 3 Menurut Kepercayaan Jawa

Dalam kepercayaan Jawa, angka 3, atau Tigo dalam Bahasa Jawa, memiliki makna mendalam. Angka ini melambangkan kelengkapan dan kesempurnaan dengan simbolisasi atas elemen Bumi, Air, dan Api.

Dalam kepercayaan Jawa kuno, angka 3 juga menggambarkan tri kehidupan manusia, mencakup alam roh/kandungan, kehidupan duniawi, dan akhirat atau kematian.

Selain itu, angka 3 dianggap membawa pengaruh positif dalam kesehatan dan keselamatan, serta mencerminkan kekuatan akal manusia untuk bertahan di dunia. Ini termanifestasikan melalui konsep cipta (daya mencipta), rasa (perasaan), dan karsa (keputusan dalam moralitas).

  1. Angka 3 Menurut Fengshui

Angka tiga memiliki makna yang kuat dalam berbagai budaya, termasuk Islam, Jawa, dan Cina. Dalam kepercayaan Cina, angka tiga mencerminkan tiga peristiwa kunci dalam kehidupan manusia: kelahiran, pernikahan, dan kematian. Budaya Cina kuno mengaitkan angka tiga dengan konsep ‘banyak’ dan melihatnya sebagai simbol keberuntungan, kekayaan, dan kemakmuran.

Baca Juga : Kenali Benefit Jadi Anggota Parlemen

Dalam praktik feng shui Cina, angka tiga dihubungkan dengan kesucian hidup, keturunan, dan proses persalinan. Pemikiran Cina menyokong keyakinan bahwa “lebih baik jalan bertiga.” Di sisi lain, angka tiga juga dapat membawa perubahan energi, seperti yang terlihat dalam simbol zodiak Cina dan arah feng shui yang diwakili oleh nomor 3.

  1. Angka 3 dalam Kepercayaan Orang Jepang

Angka tiga memiliki makna keberuntungan dalam budaya Jepang. Dalam kanji, angka ini terdiri dari karakter satu (ichi) dan dua (ni), mencerminkan konsep penciptaan, waktu, serta tiga elemen tubuh, pikiran, dan jiwa.

  1. Angka 3 dalam kepercayaan Kristen dan Orang Italia

Angka 3 dianggap sebagai angka yang sempurna karena melambangkan segitiga yang sulit dirobohkan. Selain itu, angka ini memiliki makna dalam konteks trinitas dalam agama Kristen, mewakili Bapa, Anak, dan Roh Kudus. Di Italia, angka 13 dianggap sebagai angka keberuntungan karena merupakan jumlah dari saint of Naples, yaitu St. Anthony. Namun, di Italia utara, angka ini dianggap tidak membawa keberuntungan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *