Blog Post

Gerakan > Internasional > Bagaimana Bisa Hamas Membobol Israel
hamas vs israel

Bagaimana Bisa Hamas Membobol Israel

Spread the love

Sekilas Tentang Hamas

Hamas adalah gerakan Islam Sunni dan nasionalisme Palestina yang menentang pendudukan Zionis di wilayah tersebut. Gerakan ini percaya bahwa kebangkitan mereka adalah titik masuk utama untuk tujuannya “membebaskan seluruh Palestina dari sungai ke laut”.

Hamas didirikan pada tahun 1987 oleh sekelompok anggota Ikhwanul Muslimin dan aktivis Palestina yang menentang pendudukan Israel. Gerakan ini awalnya aktif di Jalur Gaza, tetapi kemudian memperluas pengaruhnya ke Tepi Barat.

Hamas memiliki sayap politik dan militer. Sayap politik Hamas, Partai Al-Islamiyah, memenangkan pemilihan parlemen Otoritas Palestina tahun 2006. Sayap militer Hamas, Brigade Izzedine al-Qassam, bertanggung jawab atas berbagai serangan terhadap Israel.

Hamas telah ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh Israel, Amerika Serikat, Uni Eropa, dan Inggris. Gerakan ini juga dikritik oleh beberapa negara Arab, termasuk Arab Saudi dan Yordania.

Tujuan Hamas adalah untuk mendirikan negara Islam di wilayah yang diklaim sebagai Palestina. Gerakan ini menentang penyelesaian dua negara dengan Israel dan menginginkan penghapusan negara Israel.

Hamas telah melakukan berbagai serangan terhadap Israel, termasuk serangan roket, serangan terowongan, dan serangan komando. Serangan-serangan ini telah menyebabkan korban jiwa di kedua belah pihak.

Hamas adalah kekuatan politik dan militer yang penting di wilayah Palestina. Gerakan ini memiliki pengaruh yang signifikan di Jalur Gaza dan Tepi Barat.

Bagaimana Hamas Membobol Israel

Hamas berhasil membobol Israel pada tanggal 7 Oktober 2023. Serangan ini dimulai dengan serangan roket besar-besaran dari Jalur Gaza ke Israel. Serangan ini berhasil melumpuhkan pertahanan Iron Dome Israel, yang memungkinkan Hamas untuk menyusup ke dalam Israel.

Hamas menggunakan berbagai metode untuk membobol Israel, termasuk:

  • Serangan roket: Serangan roket digunakan untuk melumpuhkan pertahanan Israel dan menciptakan kekacauan.
  • Serangan terowongan: Hamas memiliki jaringan terowongan yang luas yang menghubungkan Jalur Gaza dengan Israel. Terowongan ini digunakan untuk menyusup ke dalam Israel dan melancarkan serangan.
  • Serangan komando: Hamas mengerahkan unit-unit komando khusus untuk menyusup ke dalam Israel dan melancarkan serangan.

Berikut adalah rincian dari masing-masing metode tersebut:

Serangan roket

Serangan roket Hamas dimulai pada tanggal 7 Oktober 2023, sekitar pukul 06.30 waktu setempat. Hamas mengklaim telah menembakkan sekitar 5.000 roket ke arah Israel. Serangan ini menyebabkan kerusakan dan korban jiwa di Israel.

Serangan roket Hamas berhasil melumpuhkan pertahanan Iron Dome Israel. Iron Dome adalah sistem pertahanan anti-roket yang dirancang untuk mencegat roket-roket yang ditembakkan ke Israel. Serangan roket Hamas yang begitu masif menyebabkan Iron Dome kewalahan dan tidak dapat mencegat semua roket.

Serangan terowongan

Hamas memiliki jaringan terowongan yang luas yang menghubungkan Jalur Gaza dengan Israel. Terowongan ini dibangun selama bertahun-tahun dengan bantuan dari Iran. Terowongan ini digunakan oleh Hamas untuk menyusup ke dalam Israel dan melancarkan serangan.

Pada tanggal 8 Oktober 2023, Hamas menggunakan terowongan untuk menyusup ke dalam Israel dan melancarkan serangan. Serangan ini menyebabkan korban jiwa di Israel.

Serangan komando

Hamas mengerahkan unit-unit komando khusus untuk menyusup ke dalam Israel dan melancarkan serangan. Unit-unit komando ini dilatih untuk melakukan serangan-serangan yang cepat dan tepat.

Pada tanggal 9 Oktober 2023, unit-unit komando Hamas menyusup ke dalam Israel dan melancarkan serangan. Serangan ini menyebabkan korban jiwa di Israel.

Serangan Hamas ke Israel pada tahun 2023 merupakan serangan paling dahsyat yang pernah terjadi sejak perang Gaza tahun 2014. Serangan ini menyebabkan korban jiwa di kedua belah pihak dan menimbulkan kekhawatiran akan eskalasi konflik.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *