Blog Post

Gerakan > Business > Alasan Ganjar Pranowo Sebut Pentingnya Diversifikasi Pangan Bagi Indonesia
Alasan Ganjar Pranowo Sebut Pentingnya Diversifikasi Pangan Bagi Indonesia

Alasan Ganjar Pranowo Sebut Pentingnya Diversifikasi Pangan Bagi Indonesia

Spread the love

Ganjar Pranowo, Calon Presiden 2024, menegaskan pentingnya diversifikasi pangan. Ia meyakini bahwa langkah ini tidak hanya berdampak positif pada kesehatan masyarakat secara keseluruhan, tetapi juga merupakan dasar yang vital dalam mencapai kedaulatan pangan yang berkelanjutan.

Ganjar juga menyoroti bahwa diversifikasi pangan ini adalah kunci untuk melestarikan makanan lokal. Dalam Rakernas IV PDIP di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat pada 29 September 2023, Ganjar menekankan pentingnya mempertahankan keberagaman makanan lokal.

“Biarkan mereka yang suka makan papeda tetap melakukannya, yang menyukai thiwul tetap memilihnya, dan yang memilih beras tetap mengonsumsinya,” ujar Ganjar.

Baca Juga : Tips Awet Muda Ganjar Pranowo Sampai Disebut Capres Paling Muda

Ganjar Pranowo Soroti Diversifikasi Pangan

Selain itu, Ganjar juga telah menyoroti bahwa diversifikasi pangan ini membantu mengurangi risiko terkait bencana alam yang dapat memengaruhi produktivitas pertanian, seperti cuaca panas El Nino.

Ia menekankan pentingnya menanam tanaman yang tahan terhadap cuaca ekstrem, khususnya kekeringan, dan menyediakan cadangan pangan untuk menghadapi kemungkinan pasokan yang berkurang.

Alasan Ganjar Pranowo Sebut Pentingnya Diversifikasi Pangan Bagi Indonesia
Alasan Ganjar Pranowo Sebut Pentingnya Diversifikasi Pangan Bagi Indonesia

 

Kepedulian Ganjar Pranowo terhadap diversifikasi pangan bukan tanpa alasan. Terdapat banyak manfaat yang dapat diperoleh oleh pemerintah dan masyarakat jika diversifikasi pangan diutamakan dan diperhatikan.

Indonesia memiliki kekayaan fauna dan flora yang berlimpah, sehingga Ganjar melihat hal ini sebagai fokus utama untuk kedaulatan pangan selama masa kepemimpinannya sebagai Presiden RI 2024-2029.

Mengapa diversifikasi pangan penting bagi kedaulatan pangan Indonesia?

Dalam melindungi sistem pangan Indonesia, diversifikasi pangan secara berkelanjutan menjadi penting. Data dari penelitian Kew Gardens dalam State of the Worlds Plants and Fungi 2020 menunjukkan bahwa ada lebih dari 7.000 spesies tanaman yang dapat dimakan secara global, tetapi hanya sedikit yang telah didomestikasikan secara luas, kurang dari 200 spesies.

Di Indonesia, salah satu contohnya adalah sorgum, yang belum banyak digunakan oleh masyarakat. Oleh karena itu, mengapa diversifikasi pangan di Indonesia menjadi sangat penting?

Pertama, bayangkan jika kita hanya bergantung pada beberapa jenis tanaman untuk kebutuhan pangan. Jika salah satu tanaman tersebut terkena hama, penyakit, atau bencana seperti kekeringan atau banjir, kita bisa kehilangan sumber makanan yang vital.

Diversifikasi pangan memungkinkan kita memiliki banyak pilihan tanaman, sehingga jika satu tanaman mengalami masalah, kita masih memiliki alternatif lain.

Kedua, diversifikasi pangan memberi warna pada kehidupan kita. Bayangkan jika kita hanya mengonsumsi nasi dan beberapa jenis sayuran atau buah yang sama setiap hari. Ini bisa menjadi monoton dan kurang menarik.

Dengan beragam pilihan makanan, kita dapat menikmati beragam rasa yang memperkaya pengalaman makanan kita dan memberikan manfaat kesehatan dengan lebih banyak nutrisi.

Terakhir, diversifikasi pangan juga mendukung perekonomian lokal. Dengan menanam beragam tanaman lokal, kita dapat mengurangi ketergantungan pada impor makanan dari luar negeri, yang pada gilirannya mendukung petani lokal dan pertumbuhan ekonomi di daerah kita.

Dengan membeli produk lokal, kita juga turut berkontribusi pada perekonomian dalam negeri. Dengan menerapkan diversifikasi pangan, kita tidak hanya menjaga ketersediaan makanan, tetapi juga memperkuat perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

1 Comment

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *