Blog Post

Gerakan > Election > Alam Ganjar Jadi Idola Baru Kaum Gen-Z!

Alam Ganjar Jadi Idola Baru Kaum Gen-Z!

Spread the love

Momen kontestasi Pilpres 2024 dapat digunakan oleh masyarakat untuk lebih mengenal lebih dalam keluarga inti dari Capres dan Cawapres yang sedang bertanding.

Salah satu contohnya adalah Alam Ganjar, anak dari Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo yang sedang naik daun sekarang ini.

Mungkin banyak orang yang belum akrab dengan sosok Alam Ganjar ketika Ganjar Pranowo masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Namun, saat Ganjar Pranowo ikut dalam kontes Pilpres, Alam Ganjar tiba-tiba menjadi daya tarik baru bagi generasi muda di Indonesia.

Saat ini, Alam Ganjar sering diundang untuk wawancara, baik bersama Ganjar Pranowo maupun sendirian.

Dalam konteks ini, Alam Ganjar mendapatkan penilaian positif dari berbagai pihak, terutama dalam kemampuan berbicara di depan umum.

Banyak yang menilai bahwa Alam Ganjar memiliki kelebihan dalam public speaking, terutama untuk seorang pemuda.

Saat ini, meskipun masih berkuliah di UGM, Alam Ganjar terampil dalam memberikan jawaban yang lancar dan mengesankan dalam berbagai wawancara.

Tidak hanya itu, jawabannya juga dianggap memiliki kualitas yang lebih baik daripada anak-anak seusianya.

Alam Ganjar Ketika Ditanya Soal Sang Ayah

Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa wawancaranya dengan berbagai pihak. Salah satu momen yang mencuri perhatian adalah ketika Alam disinggung mengenai bagaimana cara dirinya memandang sebuah kekuasaan di salah satu stasiun televisi swasta.

Pertanyaan ini ditanyakan karena sang ayah Ganjar Pranowo sedang mencalonkan diri menjadi Capres untuk pemilu tahun 2024.

Baca Juga : Ganjar Akan Dorong Perkembangan Ekonomi Kreatif

“Kekuasaan cuma terminologi aja sih Mbak sebenarnya, karena kan yang perlu kita sadari dari kata kekuasaan itu adalah bagaimana sesuatu kekuasaan itu bisa mempengaruhi banyak orang. Bagaimana hal itu bisa berpengaruh kepada orang banyak, karena di saat orang memegang kekuasaan paling tinggi, dia itu yang memiliki tanggung jawab paling besar kepada masyarakat,” jawab Alam.

Jawaban tersebut mengundang decak kagum dari warga net yang memuji cara berpikir Alam. Bahkan ada yang menyatakan bahwa buah tidak jatuh dari pohonnya.

Alam Ganjar beserta sang ayah Ganjar Pranowo dan sang Ibu Siti Atikoh

Alam Ganjar Ketika Ditanya Soal Politik Dinasti

Salah satu contoh lagi ketika Alam Ganjar ditanyakan soal politik dinasti yang sedang menjadi kontroversi.

Pertanyaan tersebut diajukan oleh Grace Tahir kepada Alam Ganjar dalam episode podcast Iso-late Show yang disiarkan pada Kamis (26/10/2023). Grace meminta pandangan Alam, yang baru berusia 21 tahun, mengenai topik tersebut.

“Bagaimana menurutmu, apakah politik dinasti itu sesuatu yang dapat diterima?” tanya Grace Tahir, sebagaimana dikutip dari YouTube pada Jumat (27/10/2023).

“Menurutku, politik dinasti tidak menjadi masalah jika dijalankan dengan baik. Sepertinya kita tidak pernah mempertanyakan kepemimpinan Kennedy (John F. Kennedy, Presiden AS ke-35) atau Bush (George Walker Bush, Presiden AS ke-43) karena mereka terlibat dalam politik dinasti,” ujar Alam Ganjar.

Alam Ganjar menyatakan bahwa politik dinasti menjadi isu ketika hasilnya tidak memuaskan. Dia juga menyoroti masalah ketika seseorang menduduki jabatan tertentu tidak sesuai dengan kapasitasnya hanya karena keterlibatannya dalam politik dinasti.

Baca Juga : Ganjar Pranowo: K-pop Kiblat Industri Kreatif

“Yang menjadi permasalahan adalah ketika politik dinasti menghasilkan hasil yang buruk, ketika seseorang yang tidak sesuai kapasitasnya mendapatkan status yang tidak pantas, dan ketika proses-proses diabaikan,” ungkap Alam Ganjar.

Dalam akhir pernyataannya, Alam menjelaskan tentang hak politik bagi semua individu.

Dia ingin masyarakat menyadari bahwa dirinya akan selalu diidentifikasi sebagai anak Ganjar Pranowo, bahkan ketika terlibat dalam dunia politik suatu hari nanti.

“Semua orang memiliki hak untuk berpolitik. Jika misalnya saya dicap atau dibatasi oleh orang-orang, ‘Kamu anak Ganjar. Jika kamu terlibat dalam politik, itu politik dinasti’. Mbak, saya tidak memilih untuk menjadi anak Ganjar,” tegas Alam.

“Saya dilahirkan di dunia ini dengan ayah saya, Ganjar Pranowo, dan ibu saya, Siti Atikoh. Saya tidak memiliki kendali atas kondisi tersebut. Saya tidak bisa memilih bagaimana ayah saya bekerja, atau bagaimana ibu saya bekerja. Saya tidak bisa memilih kondisi itu,” pungkasnya.

Potongan pembicaraan Alam Ganjar mendapatkan banyak komentar setelah diunggah ulang oleh akun TikTok apakabarbumiku. Banyak netizen yang terkesan mendengar respons Alam Ganjar mengenai politik dinasti.

Emang mantap cara pikirnya. Pundi-pundi suara Ganjar akan bertabah dari Alam,” kata netizen. “Keren, tak pikir-pikir cara bicaranya mirip-mirip Arsyad Rasyid. Top banget enggak ada, anak semua itu, secerdas itu,” sahut yang lain.

Cerdas, jawaban diplomatis, public speaking-nya bagus,” puji netizen lain. “Sudah cakep, cerdas, publik speaking-nya luar biasa, didikan orang tuanya,” sambung lainnya. “Cerdas banget anak pak Ganjar,” kata netizen.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *