Blog Post

Gerakan > Nasional > 7 Manfaat Lari Pagi, Olahraga Yang Sangat Ramai Penggemar

7 Manfaat Lari Pagi, Olahraga Yang Sangat Ramai Penggemar

Spread the love

Lari pagi merupakan olahraga kaya manfaat. Udara sejuk dan segar, serta tubuh yang masih penuh energi menjadikan lari pagi olahraga yang sangat digemari.

Dalam artikel ini, kita akan bahas 7 manfaat lari pagi yang harus kamu simak. Ini dia :

  1. Menurunkan Berat Badan

Lari pagi dapat membantu menurunkan dan mengontrol berat badan. Sebab, berlari dapat membakar kalori dan lemak di dalam tubuh. Lari pagi sangat cocok untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Jumlah kalori yang dibakar saat berlari akan bervariasi berdasarkan ukuran tubuh, kecepatan lari, dan durasi berlarinya. Namun, pada umumnya, berlari selama 30 menit bisa membakar hingga 670 kalori.

Menurut penelitian, berlari secara rutin dengan total 3 jam dalam seminggu dapat menjaga berat badan tetap ideal. Angka tersebut mungkin terdengar besar, tapi kamu bisa membagi menjadi 30 menit per harinya.

 

  1. Meningkatkan Stamina

Lari pagi bisa menjaga stamina tetap prima sepanjang hari, dan dalam waktu yang lama bisa meningkatkan stamina. Bahkan, lari pagi juga dapat meningkatkan konsentrasi selama beraktivitas di hari itu, hingga bisa meningkatkan produktivitas.

Untuk memperoleh manfaat ini secara maksimal, sangat perlu menyeimbangkannya dengan sarapan sehat setelah berlari, juga penting untuk menjaga konsumsi air mineral.

Baca Juga: 5 Manfaat Memahami Literasi Digital, Nomor 2 dan 3 Jangan Terlewat

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat lainnya adalah meningkatkan kualitas tidur dan membuat tidur lebih nyenyak. Dengan rutin berolahraga di pagi hari, kamu akan merasa lebih cepat mengantuk dan mudah untuk jatuh tidur di malam hari.

Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa orang yang lari pagi selama 30 menit sebanyak 5 kali dalam 3 minggu berturut-turut, akan mengalami peningkatan kualitas tidur yang signifikan.

Ingat, meskipun banyak kesibukan, istirahat yang cukup juga sangat penting guna menjaga kesehatan tubuh untuk beraktivitas kembali esoknya.

 

  1. Menjaga Kekuatan Otot

Olahraga lari juga memberikan manfaat pada kekuatan otot, khususnya bagian tungkal. Khasiat lari pagi ini bisa diperoleh bila kamu berlari dengan intensitas tinggi dan durasi pendek, yang artinya berlari dengan cepat dalam waktu yang singkat, seperti sprinting.

Kamu juga bisa melakukannya lalu berjalan atau berlari pelan (jogging) selama 2 menit. Mengkombinasikan sprinting dan jogging akan memberikan hasil yang lebih baik.

 

  1. Memperkuat Tulang

Ketika lari pagi, tubuh kita akan terpapar sinar matahari yang dapat merangsang produksi vitamin D. Vitamin ini berfungsi melakukan penyerapan kalsium, elemen yang penting bagi kesehatan dan kekuatan tulang.

Selain olahraganya yang memang baik untuk kesehatan otot dan tulang, paparan matahari pagi akan membantu penyerapan kalsium oleh tubuh dengan lebih optimal. Dengan begitu, kekuatan tulang yang terjaga bisa mengurangi resiko osteoporosis saat tua.

Baca Juga: Tips Awet Muda Ganjar Pranowo Sampai Disebut Capres Paling Muda

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Lari pagi secara rutin juga baik untuk menjaga kesehatan organ pemompa darah kita. Ketika berlari, detak jantung akan meningkat sehingga melatih kekuatan otot jantung untuk mempompa darah dengan lebih baik.

Jika fungsi jantung terjaga dan aliran darah lancar, risiko kamu terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti stroke dan serangan jantung, akan menjadi lebih kecil.

 

  1. Memperbaiki Mood

Manfaat selanjutnya dari olahraga ini adalah sebagai mood booster. Saat berolahraga, tubuh akan melepaskan berbagai senyawa kimia di otak, termasuk dopamin, serotonin, dan endorfin, yang akan membantu memperbaiki suasana hati. Berolahraga juga dapat menyeimbangkan kadar hormon stres dalam tubuh.

Dari penjelasan tersebut bisa disimpulkan bahwa memulai hari dengan berolahraga, termasuk lari pagi, bisa menjadi pilihan tepat untuk membangun mood yang bagus untuk menjalani hari.

Itu dia 7 manfaat dari lari pagi. Dengan banyaknya manfaat yang bisa didapat, kamu juga harus mulai rutin lari pagi, agar tetap sehat dan fit.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *