Blog Post

Gerakan > Election > 5 Prestasi Ganjar Pranowo, Nomor 3 dan 5 Sangat Pro UMKM

5 Prestasi Ganjar Pranowo, Nomor 3 dan 5 Sangat Pro UMKM

Spread the love

Prestasi Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024 telah terbukti melalui kepemimpinannya di Jawa Tengah termasuk dalam mendorong UMKM. Keberhasilan ini mendorongnya memiliki misi ambisius untuk mengelola dan meningkatkan kualitas Indonesia menuju visi Indonesia Emas 2045, jika terpilih dalam Pemilu 2024 mendatang.

Selama dua periode sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo telah menunjukkan inisiatif yang menghasilkan dampak positif, sehingga pantas mendapatkan berbagai penghargaan dan prestasi. Inisiatif tersebut tidak hanya sekadar retorika, melainkan diwujudkan melalui tindakan nyata yang dirasakan oleh masyarakat.

Salah satu kontribusi konkret Ganjar adalah menciptakan berbagai wadah yang mendukung pengembangan ekonomi terutama UMKM. Melalui program dan kebijakan yang diterapkannya, Ganjar memberikan dukungan kepada pelaku usaha dan masyarakat untuk mengembangkan potensi ekonomi daerah.

Lantas apa saja prestasi Ganjar Pranowo? Berikut ini adalah ulasannya.

Baca Juga: TPN Ganjar-Mahfud Dukung Toleransi Dalam Pemilu 2024, Apa Manfaat Toleransi?

5 Prestasi Ganjar Pranowo

1. Lapak Ganjar yang Berhasil Bawa UMKM Mendunia

Lapak Ganjar, yang digagas di Jawa Tengah saat Ganjar Pranowo menjabat sebagai Gubernur, telah menjadi motor utama dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Program ini dirancang untuk menyediakan fasilitas yang mendukung pertumbuhan dan kelangsungan UMKM di wilayah tersebut.

Keberhasilan program ini tercermin dari salah 1 UMKM Wijaya Madu Borobudur, produsen madu lokal yang kini diakui tidak hanya di Indonesia tetapi juga di pasar internasional seperti Swiss dan Belanda.

Prestasi Ganjar Pranowo yang satu ini menunjukkan bahwa inisiatif sejenis “Lapak Ganjar” memiliki potensi besar untuk membantu UMKM meningkatkan visibilitas mereka dan bersaing lebih baik di pasar nasional dan internasional.

2. Berhasil Menurunkan Suku Bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro Sampai 3%

Ganjar Pranowo telah mengenalkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro sebagai dukungan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Jawa Tengah selama masa kepemimpinannya di provinsi tersebut.

Fokus utama program ini adalah memberikan akses permodalan kepada UMKM dengan suku bunga yang rendah, hanya 3% per tahun. Keberhasilan Ganjar Pranowo dalam hal ini merupakan tindakan konkret untuk membantu pelaku UMKM di Jawa Tengah mendapatkan tambahan modal dan menghindari risiko pinjaman online (Pinjol).

Ganjar Pranowo berhasil menurunkan suku bunga KUR secara signifikan di Jawa Tengah, menguranginya dari 12% menjadi 9%, dan akhirnya mencapai suku bunga terendah yang berada di angka 3%, sebuah prestasi yang sangat luar biasa.

Dampak positif dari prestasi Ganjar Pranowo yang pro UMKM ini terlihat dari peningkatan nilai penyaluran KUR di Provinsi Jawa Tengah yang mencapai Rp 55,27 triliun pada tahun 2022 selama masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Tengah.

3. SMK Gratis di Jawa Tengah yang 80% Lulusannya Langsung Bekerja

Ganjar Pranowo, pernah memperkenalkan program SMK Negeri Jawa Tengah pada tahun 2014, tepat hanya setahun setelah dirinya dilantik sebagai Gubernur. Sebagai sebuah sekolah kejuruan, SMK Negeri ini dikenal sebagai asrama yang memberikan pendidikan gratis kepada siswa miskin di Jawa Tengah.

Pendirian sekolah ini mencerminkan komitmen Ganjar Pranowo terhadap pendidikan dan niatnya untuk mereformasi sistem pendidikan di Indonesia. Ganjar menyatakan bahwa pendidikan memiliki peran kunci dalam mengatasi kemiskinan dan memajukan masyarakat.

Ganjar Pranowo yakin bahwa melalui pendidikan berkualitas, tingkat kemiskinan dapat dikurangi. Bahkan, 80% dari lulusan SMK Negeri Jawa Tengah langsung mendapatkan pekerjaan, memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan taraf hidup keluarga.

SMK ini telah meluluskan tujuh angkatan dengan total 1.837 lulusan, dan saat ini telah mendirikan tiga sekolah SMK di Jawa Tengah, yaitu di Semarang, Pati, dan Purbalingga. Prestasi Ganjar Pranowo yang satu ini menunjukkan bahwa program sekolah gratis dapat menjadi teladan yang diikuti oleh pemimpin-pemimpin di masa mendatang.

4. Membentuk E-Makaryo untuk Bantu Cari Kerja

Calon Presiden Ganjar Pranowo juga berhasil membuktikan keberhasilannya dalam mengurangi tingkat kemiskinan melalui peluncuran program E-Makaryo di Jawa Tengah. Inisiatif ini bertujuan untuk mengatasi angka pengangguran dan mengurangi tingkat kemiskinan di wilayah tersebut.

Dengan adanya E-Makaryo, para pencari kerja dapat dengan mudah menemukan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan dan minat mereka. Aplikasi ini dirancang dengan antarmuka yang sederhana sehingga dapat diakses oleh berbagai lapisan masyarakat.

Prestasi Ganjar Pranowo yang satu ini terbukti berhasil menjadi solusi bagi lebih dari 140 ribu pencari kerja dan 5.000 lulusan dari bursa kerja khusus (BKK). Lebih dari 700 perusahaan telah mendaftar di E-Makaryo, membuka lebih dari 50 ribu lowongan pekerjaan yang kemudian dilamar oleh lebih dari 35 ribu pencari kerja.

5. Membentuk Hetero Space UMKM

Program Hetero Space yang diinisiasi oleh Calon Presiden Ganjar Pranowo ketika masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, memiliki keterkaitan erat dengan Program KUR Super Mikro dan konsep pusat kreatif.

Program ini terbukti sebagai inisiatif holistik dan terukur yang memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Jawa Tengah.

Hetero Space berperan sebagai platform bagi UMKM untuk tumbuh, mendapatkan pelatihan, bimbingan, dan dukungan modal melalui Program KUR Super Mikro. Selain itu, Hetero Space mewujudkan konsep pusat kreatif, menciptakan lingkungan yang mendukung kreativitas dan inovasi bagi pelaku UMKM.

Dengan melibatkan berbagai pihak, Hetero Space berhasil menciptakan ekosistem dinamis dan berkembang, yang tercermin dalam ekspor produk UMKM senilai 2,5 miliar dolar AS dan surplus sebesar 708 juta dolar AS.

Prestasi Ganjar Pranowo yang satu ini tidak hanya memberikan manfaat lokal tetapi juga memberikan kontribusi positif pada perekonomian nasional melalui ekspansi pasar internasional.

Itu dia 5 Prestasi Ganjar Pranowo. Keberhasilan program-program itu menunjukkan komitmen nyata Ganjar Pranowo dalam mengutamakan kepentingan rakyat, serta keyakinannya bahwa jabatan adalah sarana untuk memberikan manfaat kepada masyarakat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *