Blog Post

Gerakan > Lifestyle > 5 Manfaat Ekonomi Digital yang Difokuskan Ganjar
Calon Presiden Ganjar Pranowo

5 Manfaat Ekonomi Digital yang Difokuskan Ganjar

Spread the love
Calon Presiden Ganjar Pranowo
Calon Presiden Ganjar Pranowo

Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo menegaskan komitmennya untuk memprioritaskan optimalisasi ekonomi baru, terutama melalui ekslpoitasi manfaat ekonomi digital, dengan tujuan membuka pasar dan peluang yang dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi menuju Indonesia unggul.

“New economy untuk membuka market dan kesempatan baru, ada green, blue, dan digital economy,” ujar Ganjar dalam acara Sarasehan 100 Ekonom 2023 di Jakarta pada Rabu (8/11/2023).

Ganjar menekankan perlunya dukungan infrastruktur digital yang memadai untuk mendukung perkembangan ekonomi digital, khususnya dalam mendukung transaksi perdagangan online (e-commerce). Namun, dalam era digitalisasi, keamanan data juga menjadi fokus untuk dijamin.

Pandangan serupa diungkapkan Ganjar Pranowo saat berbicara di acara temu daerah BEM Nusantara Jawa Timur di Universitas Dr. Soetomo Surabaya.

Ia menyampaikan bahwa ekonomi digital adalah masa depan Indonesia, dan sebagai langkah nyata, ia ingin memfokuskan programnya pada percepatan pembangunan infrastruktur digital di Tanah Air.

Ganjar menyatakan potensi ekonomi digital di Indonesia mencapai angka yang signifikan, sekitar Rp 4.531 triliun.

“Potensi ekonomi digital di Indonesia itu besar sekali, sekitar Rp 4.531 triliun.” Tuturnya dalam keterangan tertulis Sabtu  (23/9/2023)

Namun, menurutnya, potensi tersebut belum dikelola secara optimal oleh pemerintah saat ini. Oleh karena itu, Ganjar berkomitmen untuk mendorong kemajuan dan perkembangan ekonomi digital di Indonesia.

Baca Juga: Mengenal 5 Karakteristik Ekonomi Digital, Sebuah Bidang yang Digeluti Ganjar Pranowo

 

5 Manfaat Ekonomi Digital

 

Tidak hanya memberikan dampak materi, ekonomi digital juga memiliki manfaat untuk pekerja dan pengusaha, antara lain:

 

  1. Peningkatan Akses Global: Ekonomi digital memungkinkan perusahaan untuk merambah pasar global tanpa harus memiliki kehadiran fisik di berbagai lokasi. Ini memberikan peluang ekspansi yang luas bagi perusahaan kecil dan menengah serta mengurangi hambatan perdagangan internasional.
  2. Inovasi Produk dan Layanan: Melalui adopsi teknologi digital, perusahaan dapat mengembangkan produk dan layanan baru yang lebih responsif terhadap kebutuhan konsumen dan tren pasar. Ini memungkinkan perusahaan untuk tetap relevan dalam lingkungan bisnis yang cepat berubah dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
  3. Penciptaan Peluang Kerja Baru: Pertumbuhan ekonomi digital menciptakan permintaan yang meningkat untuk tenaga kerja dengan keterampilan digital yang kuat. Ini mendorong pengembangan ekosistem pendidikan dan pelatihan yang lebih berorientasi pada teknologi, memberikan peluang bagi generasi muda untuk mengembangkan karir di industri-in industri yang berkembang.
  4. Peningkatan Pengalaman Konsumen: Akses mudah dan cepat melalui platform digital memungkinkan konsumen menikmati pengalaman yang lebih personal dan disesuaikan dengan preferensi mereka. Interaksi langsung antara perusahaan dan konsumen juga memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan umpan balik yang berharga untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan.
  5. Pengurangan Dampak Lingkungan: Dengan mengurangi kebutuhan akan transportasi dan konsumsi energi, ekonomi digital dapat memberikan kontribusi pada pengurangan emisi karbon dan dampak lingkungan negatif lainnya. Ini sejalan dengan pergeseran global menuju praktik bisnis yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Deretan manfaat ekonomi digital tersebut menjadikan Ganjar Pranowo yakin bahwa ekonomi baru dapat terwujud dengan modernisasi  ekonomi mengikuti arus globalisasi yang ada.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *