Blog Post

Gerakan > Daerah > 5 Kuliner Khas NTB, Nomor 3 dan 5 Kesukaan Ganjar Pranowo

5 Kuliner Khas NTB, Nomor 3 dan 5 Kesukaan Ganjar Pranowo

Spread the love

Dari pantai hingga pedesaan, Nusa Tenggara Barat (NTB) dikenal dengan kelezatan hidangan kulinernya yang begitu khas. Dalam wilayah ini, Kamu dapat menemukan berbagai hidangan lezat yang mencakup makanan laut yang memikat selera dan hidangan khas Sasak yang autentik.

NTB menawarkan pengalaman kuliner yang benar-benar memukau bagi siapa saja yang berkunjung ke sana. Dari Sate Bulayak yang istimewa hingga Plecing Kangkung yang pedas, berikut adalah lima hidangan khas NTB yang pasti harus kamu coba saat berada di wilayah ini.

5 Kuliner Khas NTB

1. Sambel Beberuk Terung

Sambel Beberuk Terung adalah salah satu hidangan khas Nusa Tenggara Barat (NTB) yang cocok untuk pencinta makanan pedas.

Hidangan ini terbuat dari terong ungu bulat dan kacang panjang yang dipotong kecil-kecil, kemudian dicampur dengan sambal tomat yang memiliki tingkat kepedasan yang khas.

Beberuk terong sering digunakan sebagai pelengkap untuk hidangan seperti ayam taliwang atau hidangan laut.

Rasanya yang segar dan pedas, sangat cocok disantap bersama dengan ayam taliwang atau hidangan laut lainnya, ditambah dengan sepiring nasi yang hangat.

Hidangan ini akan benar-benar menggugah selera makan Kamu, terutama jika Kamu menyukai cita rasa pedas yang khas.

2. Sate Bulayak

Sate Bulayak adalah hidangan sate istimewa yang patut dicoba jika Kamu mengklaim diri sebagai pecinta sate sejati. Hidangan ini sangat khas dan populer di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Secara tampilan, sate bulayak mirip dengan sate pada umumnya, tetapi rasanya benar-benar istimewa dan berbeda dari yang lain.

Kelezatan sate bulayak terletak pada perpaduan rempah-rempah dalam saus yang menghiasi potongan daging, yang bisa terbuat dari ayam, sapi, atau jeroan, yang dipotong menjadi bagian-bagian kecil.

Hal yang membuatnya benar-benar istimewa adalah bumbu sausnya yang unik, terbuat dari kacang tanah sangrai yang kemudian dimasak bersama santan, menciptakan cita rasa yang mirip dengan bumbu kari.

Hidangan ini juga menarik karena penggunaan lontong yang dibungkus dengan daun aren. Secara harfiah, “bulayak” berarti memutar, yang merujuk pada cara membuka lontong tersebut dengan melakukan penekanan pada ujung kulit lontong, yang kemudian diputar.

Sate bulayak sangat lezat sehingga kamu mungkin akan menikmatinya begitu banyak sehingga tanpa sadar kamu akan menghabiskan beberapa piring sate bulayak sampai habis, bahkan sausnya yang terakhir.

3. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang adalah hidangan khas Nusa Tenggara Barat (NTB) yang menjadi favorit bagi para penyuka hidangan pedas.

Hidangan kuliner ini menawarkan sensasi luar biasa melalui perpaduan unik antara ayam dan bumbu tradisional yang telah meraih ketenaran baik di dalam maupun luar negeri.

Ayam Taliwang menawarkan kombinasi rasa pedas yang merangsang selera dengan sentuhan manis dan kekayaan rempah yang benar-benar mampu memikat hati siapa pun yang mencicipinya.

Hidangan ini lebih nikmat saat dinikmati bersama dengan sepiring nasi putih yang masih hangat.

Baca Juga: Target Ambisius! Ganjar-Mahfud Ingin Ciptakan 17 Juta Lapangan Pekerjaan Baru

Bahkan, Calon Presiden Ganjar Pranowo juga merupakan penggemar setia Ayam Taliwang. Ia tidak ragu-ragu mengungkapkan cintanya terhadap hidangan ini ketika berkunjung ke Mataram bersama mantan Gubernur NTB, Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi.

Menurut Ganjar, ayam Taliwang memiliki rasa yang sangat istimewa, terutama berkat bumbunya yang unik.

Ayam Taliwang adalah salah satu contoh sempurna dari kekayaan kuliner Indonesia yang telah menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Hidangan ini tidak hanya memikat selera masyarakat lokal, tetapi juga mendapatkan tempat di hati para pelancong internasional yang mencari pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Dengan rasa pedas yang berani, bumbu rempah yang kaya, dan keunikan citarasa yang sulit diungkapkan dengan kata-kata, Ayam Taliwang telah mencapai puncak popularitas di dunia kuliner.

4. Nasi Balap Puyung

Nasi Balap Puyung adalah hidangan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang mempunyai ciri khasnya sendiri, seperti nasi kucing atau nasi rames di Jawa.

Hidangan ini terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan ayam goreng, abon pedas yang diiris halus, sambal pedas, kacang kedelai goreng, kelapa parut, dan tumisan sayuran berupa kacang panjang atau buncis sebagai pelengkap.

Citarasa unik Nasi Balap Puyung menggabungkan rasa gurih dari ayam goreng, pedas dari abon dan sambal, serta tekstur renyah dari kacang kedelai goreng.

Tambahan kelapa parut memberikan sentuhan segar dan aroma khas, sementara tumisan sayur memberikan keseimbangan dengan cita rasa yang lebih segar.

Hidangan ini sangat cocok dinikmati sebagai sarapan pagi yang mengenyangkan atau sebagai makanan ringan saat malam hari yang memuaskan selera.

Buat kamu yang ingin merasakan kuliner lezat dan khas NTB, Nasi Balap Puyung adalah salah satu pilihan yang tidak boleh dilewatkan.

5. Plecing Kangkung

Plecing Kangkung adalah hidangan pedas yang terkenal di Nusa Tenggara Barat (NTB), termasuk Lombok, dan menjadi salah satu hidangan yang patut dicoba.

Hidangan ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan versi plecing kangkung dari daerah lain, seperti Bali.

Perbedaan utama Plecing Kangkung khas NTB adalah dalam penyajiannya. Biasanya, Plecing Kangkung di daerah lain disajikan dengan sambal kacang, namun versi Lombok-nya disajikan dengan sambal tomat yang segar dan pedas.

Selain itu, kangkung yang digunakan di NTB memiliki ciri khas tersendiri, dengan batang yang lebih besar dan daun yang lebih lebar, yang memberikan hidangan ini sentuhan khusus.

Dalam hal rasa, Plecing Kangkung dikenal sangat pedas dan menggugah selera. Bahkan Calon Presiden Ganjar Pranowo sendiri adalah penggemar hidangan ini, dan menurutnya, Plecing Kangkung khas NTB memiliki rasa yang sangat enak dan keunikan yang membedakannya dari versi daerah lain.

Jadi, kalau kamu mengunjungi NTB, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi Plecing Kangkung khas NTB yang pedas dan menggugah selera ini.

Itulah 5 kuliner khas NTB yang bisa jadi pertimbangan kamu ketika berkunjung ke tanah sasak. Nikmati kuliner khas NTB yang memiliki cita rasa unik yang bakal bikin kamu pengen balik terus ke NTB.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *