Blog Post

Gerakan > Election > 5 Fakta Unik Mahfud MD, Nomor 3 Terungkap Kacamatanya

5 Fakta Unik Mahfud MD, Nomor 3 Terungkap Kacamatanya

Spread the love

Calon Presiden Ganjar Pranowo diketahui telah memilih sosok pendampingnya dalam Pilpres 2024 sebagai Calon Wakil Presiden yakni, Prof. Dr. Mahfud MD. Sosok Mahfud MD sendiri dikenal sebagai orang yang sudah memiliki pengalaman dalam Trias Politica di Indonesia.

Kendati demikian, Mahfud MD sendiri ternya memiliki beberapa fakta unik untuk dikulas selain memiliki pengalaman di Trias Politica Indonesia.

Baca Juga: 5 Prestasi Ganjar Pranowo, Nomor 3 dan 5 Sangat Pro UMKM

Berikut ini adalah beberapa fakta unik mengenai Mahfud MD Cawapres pilihan Calon Presiden Ganjar Pranowo.

5 Fakta Unik Mahfud MD

1. Berpengalaman dalam Trias Politica Indonesia

Mahfud MD dikenal memiliki pengalaman yang luas dalam tiga sektor kunci yang terkait dengan prinsip Trias Politica, yang membagi kekuasaan menjadi tiga komponen utama: Legislatif (Pembuat Undang-Undang), Eksekutif (Pelaksana Undang-Undang), dan Yudikatif (Pengawas Pelaksana Undang-Undang) dalam sistem perpolitikan Indonesia.

Dalam ranah Legislatif, Cawapres Ganjar Pranowo itu pernah memulai karirnya sebagai seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia. Selama masa jabatannya di DPR RI, ia terlibat dalam berbagai komisi, termasuk Komisi I dan Komisi III, bahkan pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Badan Legislatif DPR RI.

Selama masa sibuknya di tingkat legislative terungkap fakta unik bahwa, Mahfud MD tetap menjalankan tanggung jawabnya sebagai Rektor Universitas Islam Kadiri.

Sementara di level Eksekutif, Cawapres Ganjar Pranowon itu pernah menduduki berbagai jabatan dalam pemerintahan, termasuk sebagai Menteri Pertahanan Indonesia dan kemudian Menteri Kehakiman.

Kemudian, ia diangkat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (Menkopolhukam) pada tahun 2019.

Di bidang Yudikatif, Mahfud memiliki pengalaman sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia. Selama masa jabatannya, ia merasa bahwa menjadi seorang ahli hukum tata negara adalah panggilan hatinya.

Pengalaman dan kualifikasinya dalam ketiga sektor ini mencerminkan pemahaman dan komitmen Mahfud terhadap prinsip Trias Politica, yang menjadi dasar penting dalam sistem politik Indonesia. Fakta Unik inilah yang kemudian membuat koalisi pengusung Capres Ganjar Pranowo sepakat memilih Mahfud sebagai Cawapres.

2. Melarang Anaknya Menjual Nama Mahfud MD

Di malam deklarasi pasangan Capres-Cawapres yang diselenggarakan di Museum Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Jakarta Pusat pada tanggal 18 Oktober 2023, Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD berbicara tentang pencapaian anak-anaknya.

Dalam momen tersebut, Mahfud mengunkapkan fakta unik dimana anak-anaknya telah memutuskan untuk tidak memanfaatkan status ayah mereka atau mencari keuntungan pribadi dari hubungan dengan ayah mereka.

Dalam kesempatan tersebut, Mahfud MD didampingi dua dari tiga anaknya, yaitu Mohammad Ikhwan Zein dan Vina Amalia, sementara anaknya yang bernama Royhan Akbar tidak bisa hadir.

Cawapres pilihan Ganjar Pranowo itu mengakui bahwa di lingkungan pejabat atau orang-orang terkemuka, anak-anak seringkali mendapatkan akses yang lebih mudah karena hubungan keluarga.

Namun, ia dengan tegas meminta anak-anaknya untuk tidak memanfaatkan nama atau identitas ayahnya demi memperoleh keuntungan atau fasilitas tertentu.

3. Kacamata Sporty Mahfud MD Ternyata Pemberian Sandiaga Uno

Mahfud MD dikenal sebagai orang yang selalu mengenakan kacamata kemana-mana. Salah satu fakta uniknya adalah salah satu kacamata yang ia gunakan ternyata merupakan pemberian Sandiaga Uno.

Melalui salah satu laporan media nasional, Mahfud mengungkap bahwa pemberi kacamata ini adalah Sandiaga Uno. Sandiaga menganggap bahwa kacamata sebelumnya yang dikenakan oleh Mahfud MD kurang stylish ketika digunakan untuk tampil di televisi.

Bahkan, Sandiaga sampai mengundang seorang tukang kacamata untuk menciptakan gaya yang cocok bagi Mahfud.

“Dia (Sandiaga) datang berkunjung ke tempat saya. Dia bilang, pak bapak itu kalau di TV kecamatannya kurang bagus katanya. Ini saya kasih, saya bawakan tukang kecamata, lalu dikasih ini,” ujar Mahfud MD.

4. Makanan Favorit Mahfud Ternyata Nasi Jambel Pete

Mahfud MD, yang lahir di Sampang pada tanggal 13 Mei 1967, ternyata memiliki fakta unik yakni memiliki hasrat kuliner yang kuat terhadap nasi jambal pete, sebuah hidangan sederhana yang selalu berhasil memikat selera makanannya.

Fakta uniknya lainnya adalah Mantan Ketua MK ini dikenal sering berbagi pengalaman kulinernya di media sosial, terutama saat ia melakukan perjalanan ke berbagai tempat.

Sebagai contoh, ia baru-baru ini membagikan pengalaman kuliner saat mengunjungi Warung Bu Ageng di Yogyakarta pada tanggal 8 Oktober 2023, di mana ia menikmati hidangan nasi jambal pete santan.

Nasi jambal adalah hidangan yang terdiri dari nasi putih yang dimasak bersama potongan ikan jambal roti, pete, daun kemangi, cabai merah, dan santan.

Gabungan bahan-bahan ini menghasilkan cita rasa gurih yang lezat dan memanjakan lidah saat disantap. Pasangan Ganjar Pranowo ini dengan senang hati membagikan pengalamannya dalam menikmati hidangan sederhana ini melalui akun media sosialnya, menunjukkan betapa ia sangat menikmati kuliner tersebut.

5. Mengungkap Kasus Korupsi Besar di Indonesia

Calon Wakil Presiden Mahfud MD diketahui memiliki pengalaman dalam mengungkap berbagai kasus yang berkaitan dengan korupsi di Indonesia. Contohnya adalah kasus korupsi ASABRI dan Penyalahgunaan Anggaran di Kementerian Pertahanan.

Dalam kasus ASABRI tahun 2020, Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD mengungkap adanya indikasi penyimpangan dana negara sekitar Rp16 triliun. Setelah mendapatkan informasi lebih lanjut, Mahfud segera berkoordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melakukan investigasi lebih lanjut terkait kasus ini.

Hasil penyelidikan yang dilakukan oleh BPK mengungkapkan bahwa kerugian negara akibat penyimpangan tersebut diperkirakan mencapai angka Rp23 triliun.

Selain itu, Menkopolhukam ini juga pernah mengungkap dugaan pelanggaran hukum yang terjadi dalam proyek di Kementerian Pertahanan (Kemhan) pada tahun 2015. Kasus ini telah mengakibatkan kerugian negara yang signifikan.

Menurut Mahfud, pada tahun 2015, Kementerian Pertahanan telah melakukan kontrak dengan Avanti untuk melaksanakan suatu proyek, meskipun anggaran untuk proyek tersebut belum tersedia pada saat itu. Akibatnya, Avanti dan Navayo, dua perusahaan yang terlibat dalam proyek ini, menggugat pemerintah Indonesia.

Pengadilan Arbitrase di Inggris pada 9 Juni 2019 memutuskan bahwa negara harus membayar sejumlah besar uang kepada Avanti sebagai bagian dari kontrak sewa satelit Artemis, dengan total mencapai Rp 515 miliar.

Itu dia 5 Fakta Unik Mahfud MD Cawapres dari Calon Presiden Ganjar Pranowo. Rupanya sosok yang terpilih untuk mendampingi Calon Presiden Ganjar Pranowo ini memiliki sejumlah fakta unik dan menarik untuk diulas.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *