Blog Post

Gerakan > Daerah > 5 Fakta Menarik Taman Nasional Meru Betiri
Taman Nasional Meru Betiri

5 Fakta Menarik Taman Nasional Meru Betiri

Spread the love

Kabupaten Jember di Jawa Timur menawarkan pesona wisata terbaik yang dapat dijadikan destinasi wisata. Salah satu daya tarik utama adalah Taman Nasional Meru Betiri, yang terletak di wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember. Kabupaten ini tidak hanya terkenal dengan pantainya, tetapi juga memiliki keindahan alam yang unik.

Taman Nasional Meru Betiri menarik dengan kelestarian hutan dan pantainya yang memukau. Lokasi ini menjadi tujuan yang sempurna bagi para pecinta petualangan alam. Pengunjung dapat menemukan berbagai flora dan fauna yang dilindungi, menciptakan pengalaman wisata alam yang tak terlupakan.

Fakta Menarik Meru Betiri

Berikut Fakta Menarik dari Taman Nasional Meru Betiri :

  1. Memilik Banyak Spot Wisata

Taman Nasional Meru Betiri, yang terletak di bagian selatan Jawa Timur dan berbatasan dengan pantai, menyajikan banyak pantai yang menarik untuk dieksplorasi. Selain keindahan pantainya, tempat ini juga menawarkan pengalaman berwisata alam yang mencakup menjelajahi hutan belantara.

Baca Juga : Pertemuan Ganjar Pranowo dengan Susi Pudjiastuti, Ini yang Dibahas

Kesempatan untuk mengeksplorasi alam liar dan menikmati pesona pantai membuat Meru Betiri menjadi destinasi wisata yang menyeluruh dan menarik bagi para pengunjung yang mencari pengalaman alam yang unik.

  1. Habitat Terakhir Harimau Jawa

Taman Nasional Meru Betiri adalah tempat terakhir yang menjadi habitat bagi harimau loreng Jawa (Panthera tigris sondaica). Harimau loreng Jawa termasuk dalam daftar satwa yang mendapatkan perlindungan khusus karena populasinya hampir punah. Kehadiran harimau loreng Jawa di taman nasional ini menjadi penting untuk pelestarian dan perlindungan spesies yang langka dan terancam punah. Melalui upaya konservasi di Taman Nasional Meru Betiri, diharapkan dapat memastikan kelangsungan hidup harimau loreng Jawa dan mempertahankan keanekaragaman hayati di kawasan ini.

  1. Terletak di 2 Kabupaten

Taman Nasional Meru Betiri terletak di wilayah Kabupaten Jember (sebelah barat) dan Kabupaten Banyuwangi (sebelah timur) di Provinsi Jawa Timur.

  1. Menyimpan Kekayaan Flora-Fauna yang beragam
Bunga Rafflesia Zollingeriana, Hanya Tumbuh di Meru Betiri
Bunga Rafflesia Zollingeriana, Hanya Tumbuh di Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri tidak hanya menawarkan pantai-pantai yang menakjubkan, tetapi juga keindahan flora yang beragam. Salah satu flora yang mendapat perlindungan khusus di kawasan ini adalah Rafflesia Zollingeriana, yang hanya dapat ditemui di wilayah ini.

Selain itu, terdapat hampir 520 jenis tanaman yang beragam, termasuk berbagai jenis bunga dan tanaman obat. Taman nasional ini juga menjadi rumah bagi setidaknya 27 spesies anggrek yang berbeda.

Baca Juga : Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Pengolahan Tempe

Fauna yang berada di Taman Nasional Meru Betiri juga beragam. Penyu adalah salah satu hewan yang banyak mendiami kawasan Pantai Sukamade. Selain itu, berbagai hewan lain seperti Elang Jawa, Banteng, Rangkong Badak, dan lainnya juga dapat ditemui di sini.

  1. Banyak Pantai yang masih terjaga keasriannya

Taman Nasional Meru Betiri menampilkan keindahan hutan dan pantai yang alaminya tetap terjaga dengan baik, menjadikannya destinasi yang sangat ideal bagi pecinta petualangan alam yang ingin merasakan keaslian alam.

Pantai-pantai di Taman Nasional Meru Betiri juga terkenal karena keindahan alamnya yang masih alami dan terpelihara dengan baik. Beberapa destinasi pantai yang menarik di dalam taman nasional ini antara lain Pantai Sukamade, Pantai Bandealit, Pantai Rajegwesi, Pantai Teluk Hijau, dan Pantai Batu.

Taman Nasional Meru Betiri menjadi pilihan yang bagus untuk bersantai dan menikmati keindahan alam Jawa Timur, khususnya di wilayah Banyuwangi dan Jember. Pantainya yang indah tetap alami dan sangat menarik untuk dieksplorasi.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *