Blog Post

Gerakan > Business > 5 Alasan Tiktok Shop Menjadi Platform Ecommerce Masa Kini, Menungdang Atensi Capres Ganjar Pranowo Hingga Petinggi Negara

5 Alasan Tiktok Shop Menjadi Platform Ecommerce Masa Kini, Menungdang Atensi Capres Ganjar Pranowo Hingga Petinggi Negara

Spread the love

Penutupan platform ecommerce Tiktok Shop baru-baru ini telah menarik perhatian yang luas, termasuk dari para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), Kementerian Perdagangan (Kemendag), dan bahkan Calon Presiden Ganjar Pranowo.

TikTok Shop dihentikan sejak pukul 17.00 WIB pada tanggal 4 Oktober 2023, yang telah mengecewakan banyak penjual online.

Pedagang tradisional dan pelaku UMKM yang berjualan melalui Tiktok Shop telah menyuarakan aspirasi mereka kepada berbagai pejabat negara, termasuk Kemendag dan para calon presiden, terutama Ganjar Pranowo.

Dalam sebuah wawancara dengan salah satu media nasional, Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, menegaskan bahwa Tiktok Shop tidak akan diizinkan beroperasi tanpa izin usaha ecommerce yang sah.

“Jika mereka tidak memperoleh izin ecommerce, kami tidak akan memberikan izin. Negara tidak boleh diatur oleh pengusaha sembarangan, begitu juga sebaliknya. Jika mereka tidak mematuhi aturan, kami akan memastikan bahwa mereka patuh,” ujarnya dalam konferensi pers realisasi investasi kuartal III-2023 pada Jumat (20/10/2023).

Sebelumnya, perhatian publik juga tertuju pada Calon Presiden Ganjar Pranowo, yang dikenal sebagai sosok yang progresif dan memahami betul tentang digitalisasi perdagangan.

Baca Juga: Impikan Transisi Energi Indonesia, Ini Pengalaman Ganjar

Kepemimpinannya yang berhasil meningkatkan UMKM di Jawa Tengah menjadikan dirinya sebagai target permintaan opini dari warganet terkait isu ini.

Dalam salah satu acara di Cirebon, Ganjar Pranowo merespons berbagai isu seputar penutupan Tiktok Shop, terutama ketika beberapa TikTokers mencoba membuat konten viral untuk mendapatkan tanggapan darinya.

Setelah melihat video yang viral tersebut, Ganjar Pranowo memberikan pandangannya tentang isu ecommerce ini dan meminta para pengguna untuk tetap tenang karena kebijakan sedang dalam proses regulasi dan akan menghasilkan keuntungan terbaik bagi pedagang tradisional dan daring.

“Jika kita membiarkan toko-toko pasar tradisional tutup, maka kita harus mendengarkan. Tindakan yang harus diambil adalah memastikan semua orang mematuhi aturan, dan kami akan melindungi rakyat Indonesia,” kata Ganjar (9/10/2023)

Ini bukan kali pertama Ganjar Pranowo memberikan pandangan terkait isu ini. Baginya, regulasi adalah hal yang penting bagi perusahaan dengan konsep baru seperti Tiktok Shop.

Lalu, mengapa Tiktok Shop diminati oleh berbagai pihak? Apa yang membuat ecommerce Tiktok Shop menarik perhatian Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Menteri, bahkan ketika ditutup?

5 Alasan Tiktok Shop Menjadi Platform Masa Kini

1. Kemudahan Pengguna

TikTok Shop mmampu mempertemukan pedagang dan pembeli secara langsung dan mudah digunakan.

Dibandingkan dengan platform ecommerce lainnya, TikTok Shop lebih ramah pengguna, membuat pengalaman berbelanja menjadi lebih lancar dan menyenangkan.

2. Jangkauan yang Luas

Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif di seluruh dunia, TikTok Shop memberikan peluang kepada penjual untuk mencapai audiens yang luas.

Fitur-fitur promosi di aplikasi ini juga memungkinkan penjual untuk menargetkan pengguna dengan lebih spesifik, sehingga mereka dapat mencapai pasar target yang lebih tepat.

 

3. Viralitas

TikTok Shop memanfaatkan unsur viralitas yang terkait dengan TikTok.

Konten menarik di TikTok sering kali menjadi viral, dan hal ini juga berlaku untuk produk yang dijual.

Produk yang menarik memiliki peluang lebih besar untuk menjadi viral, memberikan keuntungan bagi penjual dengan meningkatkan kesadaran merek dan menarik lebih banyak calon pembeli.

4. Keunikan yang Kreatif

FItur live yang ditawarkan memungkinkan penjual untuk menampilkan produk mereka dengan cara yang unik dan kreatif melalui video pendek.

Dengan iklan yang kreatif, produk dapat menjadi lebih menarik bagi pengguna TikTok, yang pada akhirnya menguntungkan penjual.

5. Harga Bersaing

Fitur TikTok ini memberikan fleksibilitas kepada penjual untuk menawarkan produk dengan harga yang kompetitif.

Biaya operasional yang lebih rendah memungkinkan penjual untuk menawarkan

 

Baca Juga: Starlink Gagal Masuk ke Indonesia?

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *