Blog Post

Gerakan > Election > 4 Langkah Mudah Mengecek Rekam Jejak Partai Politik Pilihan Kamu di Pemilu 2024 Nanti

4 Langkah Mudah Mengecek Rekam Jejak Partai Politik Pilihan Kamu di Pemilu 2024 Nanti

Spread the love

Menjelang tahun politik 2024, penting untuk melihat rekam jejak dari partai politik yang akan dipilih sebagai wakil di pemerintahan. Hal ini penting mengingat sebagai calon pemilih tentu kamu harus mengetahui rekam jejak dari kandidat maupun partai yang akan kamu pilih nantinya.

Salah satu platform yang dapat digunakan untuk melihat rekam jejak tersebut adalah melalui platform Bijak Memilih.

Bijak Memilih diinisiasi oleh Think Policy dan What is Up Indonesia (WIUI). Melalui Bijak Memilih, diharapkan bagi semua orang, terutama pemilih muda untuk dapat mempersiapkan diri mereka dalam menghadapi pemilihan umum 2024.

Andhyta Firselly Utami, CEO Think Policy pada awalnya memiliki keresahan dalam menghadapi pemilu mendatang yang tersisa hanya hitungan beberapa bulan lagi. Dirinya melihat bahwa saat ini juga susah dalam menemukan informasi yang akurat dan kredibel tentang kandidat pemimpin mana yang mempunya suatu ide tertentu.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk terinformasi akan seperti apa partai dan pemimpinan yang akan kamu pilih. Melalui platform Bijak Memilih, berbagai data seperti rekam jejak partaim jumlah kursi DPR saat ini, data mengenai perbandingan gender dari para calon legislatif, hingga beberapa informasi krusial lainnya.

Informasi yang termuat dalam platform Bijak Memilih terdiri dari beberapa fasse. Fase pertama dimana informasi yang dimuat berkatan dengan isu-isu strategis terkini. Pada fase ini, para pemilih muda dapat mempelajari hal tersebut dan lebih dalam mempelajari terkait partai mana yang menentang atau mendukung isu strategis tertentu.

Selanjutnya, fase kedua menyediakan informasi terkait profil partai politik para peserta pemilu. Lebih lanjut informasi terkait keberpihakan mereka, rekam jejak, dan ideologi yang dianut dapat dilihat pada fase ini.

Informasi yang diperoleh dalam menentukan rekam jejak partai politik peserta pemilu nanti juga diperoleh dengan cara bekerja sama dengan pihak lain seperti Indonesia Corruption Watch (ICW), Pejabat Pengelola Informasi, serta Dokumentasi Komisi Pemberantsan Korupsi.

Kolaborasi yang dilakukan dengan pihak lain ini bertujuan untuk memastikan kredibilitas dari informasi yang didapat.

Pada fase ketiga, secara khusus akan berfokus kepada profil para calon presiden dan calon wakil presiden untuk pemilu 2024 nanti.

4 cara untuk melihat rekam jejak dan informasi terkait partai politik di platform Bijak Memilih, adalah sebagai berikut:

1. Kunjungi laman www.bijakmemilih.id/
2. Klik pada menu “Partai” terdapat pada kolom atas
3. Akan tampil halaman yang berisikan daftar partai politik sesuai dengan urutan nomor urut di Komisi Pemilihan Umum (KPU).
4. Di bawah logo partai akan ada tombol “Pelajari Profil”.

Baca Juga: 5 Kuliner Khas NTB, Nomor 3 dan 5 Kesukaan Ganjar Pranowo

Pada laman yang selanjutnya akan muncul, sudah lengkap informasi yang tersedia tidak hanya berkaitan dengan jumlah anggota partai politik tersebut yang menempati kursi DPR pada saat ini, namun hingga top 3 perolehan suara daerah berdasarkan hasil pemilu sebelumnya.

Tokoh partai, fakta unik, hingga riwayat korupsi yang pernah dilakukan kader-kader dari partai politik tersebut juga dapat dipantau melalui Bijak Memilih. Jadi pastikan kamu mengecek rekam jejak partai politik sebelum memilih ya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *