Blog Post

Gerakan > Election > 4 Langkah Ganjar-Mahfud Bentuk Desa Mandiri Pangan

4 Langkah Ganjar-Mahfud Bentuk Desa Mandiri Pangan

Spread the love

Pasangan Capres-Cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, bertekad untuk mengupayakan kedaulatan pangan. Mereka menegaskan hal ini dalam visi dan misi mereka yang berjudul ‘Menuju Indonesia Unggul: Bergerak Cepat untuk Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Berkelanjutan’.

Ganjar dan Mahfud mewujudkan gagasan kedaulatan pangan tersebut dengan berjanji untuk memastikan pasokan pangan yang berasal dari dalam negeri, yang aman, bermutu tinggi, terjangkau, dan beragam, yang didasarkan pada kearifan lokal.

Selain itu, mereka juga mendukung inisiatif desa-desa untuk menjadi mandiri dalam pemenuhan kebutuhan pangan serta menjamin stabilitas harga pangan untuk memastikan ketersediaan pangan yang terjangkau.

Baca Juga : Jawaban Menohok Mahfud MD Ketika Ditanya Soal Dirinya Mundur dari Menko Polhukam

Salah satu fokus program Ganjar-Mahfud adalah memajukan industri pangan yang berkelanjutan. Mereka berharap agar industri ini memiliki daya saing dengan menekankan penggunaan sumber daya lokal untuk mengubah hasil pertanian menjadi produk bernilai tambah melalui dukungan riset dan teknologi pangan yang ramah lingkungan.

Dalam visi dan misi mereka, Ganjar-Mahfud juga memiliki program untuk meningkatkan kesejahteraan petani, peternak, dan nelayan. Mereka bertujuan agar terjadi peningkatan nilai hasil dari pertanian, hasil tangkapan nelayan, dan kesejahteraan peternak, yang didukung oleh kebijakan perdagangan yang mendukung produksi dalam negeri.

Langkah Wujudkan Desa Mandiri Pangan

Salah satu fokus dari visi misi mereka adalah untuk membangun desa mandiri pangan. Namun untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan langkah cepat yang harus dilakukan. Ganjar-Mahfud telah merancang 4 langkah untuk mencapai hal tersebut, diantaranya :

  1. Menjamin, Menjaga, dan Memberikan Akses Pangan yang Terjangkau dan Terdiversifikasi

Pemerintahan Ganjar-Mahfud nantinya akan menjamin ketersediaan pangan dari dalam negeri, aman, berkualitas, murah, dan terdiversifikasi berbasis kearifan lokal. Lalu juga memastikan harga pangan yang murah melalui stabilisasi harga pangan.

  1. Dukungan Sarana Prasarana

Pemerintahan Ganjar-Mahfud nantinya akan mendukung para petani, peternak, dan juga nelayan dengan alat-alat yang modern, benih unggul, pupuk yang berkualitas, murah dan juga tepat waktu.

Baca Juga : Mahfud MD Anggap Putusan MKMK Berhentikan Anwar Usman di Luar Ekspektasi

“Memperbanyak sistem pengairan (waduk, bendungan, embung, dan irigasi), jalan usaha tani yang memadai, fasilitas cold storage, serta pengolahan dan pemasaran hasil tani, ikan, maupun ternak terintegrasi,” dikutip dari dokumen visi misi.

  1. Mengusahakan Industri Pangan yang Berkelanjutan

Pemerintahan Ganjar-Mahfud akan membangun industri yang berdaya saing dengan mengutamakan sumber pangan lokal untuk mengolah hasil pertanian menjadi produk yang bernilai tambah melalui fasilitas penelitian dan teknologi pangan yang ramah lingkungan.

  1. Menghentikan Alih Guna Lahan

Pemerintahan Ganjar-Mahfud akan berjanji untuk menghentikan alih guna lahan untuk memastikan lahan subur dan lahan produktif diberikan kepada petani kecil dan buruh tani. Hal tersebut nantinya akan diperkuat dengan pengelolaan tata ruang yang adil dan juga berkelanjutan.

Lebih lanjut, Pasangan Capres-Cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dalam visi misinya memiliki program untuk mensejahterakan para petani, peternak, dan nelayan.

Pasangan ini akan memastikan terjadinya peningkatan nilai tukar petani, nilai tukar nelayan, dan kesejahteraan peternak yang disertai dengan kebijakan perdagangan yang pro produksi dalam negeri.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *