Blog Post

Gerakan > Election > 3 Tokoh Alumni Fakultas Hukum UGM
Waspadai Kecurangan & Sabotase Suara, TPN Ganjar-Mahfud Beri Pesan ke Relawan

3 Tokoh Alumni Fakultas Hukum UGM

Spread the love

Kenali 3 Sosok Tokoh Nasional Alumni Fakultas Hukum UGM

Universitas Gadjah Mada (UGM) kerap mencetak tokoh cemerlang dari berbagai fakultas. Dari fakultas hukum UGM, sosok Ganjar Pranowo dan Mahfud MD jadi contohnya.

Ganjar  Pranowo dan Mahfud MD kini menjadi Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada Pemilihan Umum (Pemilu) mendatang, jadi tidak perlu diragukan lagi kompetensi keduanya.

Fakultas Hukum UGM memang seringkali mencetak beberapa tokoh-tokoh cemerlang. Inilah 3 jebolan Fakultas Hukum UGM:

Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo Fakultas Hukum UGM

Capres Ganjar Pranowo merupakan nama yang sudah tidak lagi asing dalam dunia politik praktis di Indonesia. Selain merupakan sosok calon Presiden, Ganjar Pranowo juga pernah menjadi Gubernur Jawa Tengah (Jateng) dan juga mantan anggota DPR RI dalam dua periode.

Ganjar Pranowo merupakan alumni Fakultas Hukum UGM angkatan tahun 1987. Sejak dulu Ganjar merupakan pribadi yang aktif, ia kerap berorganisasi selama berkuliah.

Dulunya, ia pernah berkegiatan dalam kelompok pecinta alam dan lembaga pers mahasiswa MAHKAMAH.

Ganjar merupakan salah satu lulusan Fakultas Hukum UGM yang paling hebat, ini terbukti dengan capaiannya sebagai pejabat negara dan hingga saat ini berhasil menjadi salah satu Capres Indonesia.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Dapat Dukungan 3 Tokoh Besar

Mahfud MD

mahfiud md fakultas hukum ugm

Selanjutnya, Mahfud MD. Cawapres yang berpasangan dengan Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 ini, juga merupakan alumni dari Fakultas Hukum UGM.

Mahfud MD menempuh pendidikan Pasca Sarjana di Fakultas Hukum UGM pada tahun 1993. Tak berhenti sampai situ, ia juga berhasil mendapatkan gelar doktor Hukum Tata Negara di UGM.

Perjalanan karier Mahfud MD termasuk salah satu yang paling cemerlang. Ia merupakan salah satu tokoh yang mampu menempati jabatan penting dalam trias politica yaitu sebagai Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif.

Mahfud memulai kariernya dalam Eksekutif pada tahun 2000, ketika ia ditunjuk oleh Presiden keempat Indonesia, Abdurrachman Wahid atau Gus Dur sebagai Menteri Pertahanan.

Mahfud kemuian menjadi anggota DPR Ri dari tahun 2004 hingga 2008. Setelah itu, ia berhasil menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) pada tahun 2008 hingga 2013.

Baca Juga: 3 Momen saat Ganjar Pranowo Isi Kuliah Kebangsaan

Sri Sultan Hamengkubuwono X

sri sultan hamengkubuwono x fakultas hukum ugm

Sri Sultan Hamengkubuwono X adalah Raja dari Kesultanan Yogyakarta terhitung sejak Maret 1989. Ia merupakan alumni Fakultas UGM yang lulus di tahun 1982.

Sebagai salah satu bentuk dedikasi kepada UGM yang telah memberikan banyak ilmu dan pengalaman kepadanya, tokoh yang juga merupakan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini kemudian dipercaya untuk memegang jabatan Ketua Umum Pengurus Pusat di organisasi KAGAMA (Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada) hingga saat ini.

Sri Sultan Hamengkubuwono juga memiliki banyak pengalaman kerja yang mentereng. Ia pernah tergabung dalam organisasi Kamar Dagang dan Industri Indonesia Daerah DIY tepatnya pada 1983 hingga 1998, menjadi Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia DIY dari 1990 sampai 1998, Ketua DPD Golkar DIY dari 1982 sampai 1997, dan Presiden Komisaris Pabrik Gula Madukismo Yogyakarta.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *