Blog Post

Gerakan > Daerah > 3 Prestasi Ganjar Pranowo Kelola Ekonomi Rakyat
Ganjar Pranowo Ekonomi

3 Prestasi Ganjar Pranowo Kelola Ekonomi Rakyat

Spread the love

Ganjar Pranowo selaku calon presiden 2024 memiliki kontribusi dalam sektor ekonomi, yang dapat terlihat dari sejak menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Selama dua periode memimpin Jateng,  Ganjar Pranowo berhasil mengeluarkan berbagai inisiatif yang membuahkan hasil, hingga layak menerima prestasi. Inisiatif Ganjar hingga saat ini bisa dirasakan, baik dalam menyediakan wadah, hingga bantuan anggaran yang terfokus untuk menjaga kestabilan ekonomi.

Apa aja prestasinya? Ayo simak 3 prestasi tersebut:

Program Kartu Jateng Sejahtera

Dalam upaya mengatasi kemiskinan di Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pernah meluncurkan Program Kartu Jateng Sejahtera (KJS) pada tahun 2017.

Program ini berhasil mendata 12.764 penerima, kebanyakan merupakan fakir miskin yang tidak produktif dan belum mendapat perlindungan sosial dari pemerintah pusat, termasuk para penyandang disabilitas dan individu dengan penyakit kronis.

KJS memberikan bantuan sosial tunai sebesar Rp 3 juta per tahun, dengan tenor pencairan tiap tiga bulan sekali. Pada tahun 2023, besaran bantuan ditingkatkan menjadi Rp 4,4 juta sebagai komitmen Ganjar dalam membantu masyarakat miskin.

Sumber pendanaan program ini berasal dari APBD Provinsi. Program KJS merupakan upaya konkret dan sukses dalam meningkatkan kesejahteraan warga miskin di Jawa Tengah.

Baca Juga: Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Mendunia

Hetero Space: Mendorong Inovasi dan Pertumbuhan Bisnis UMKM

Program “Hetero Space” adalah salah satu inisiatif Ganjar yang bertujuan memberikan fasilitas dan sumber daya penting kepada pelaku UMKM di Jateng. Program ini telah menciptakan lingkungan atau ekosistem yang mendukung pertumbuhan bisnis dengan cara berikut:

Ruang Kerja Bersama: “Hetero Space” menyediakan ruang kerja bersama yang memungkinkan para pelaku UMKM untuk bekerja, berkolaborasi, dan berbagi ide. Dengan akses ke fasilitas ini, mereka dapat meningkatkan produktivitas mereka.

Pelatihan dan Mentoring: Program ini juga memberikan pelatihan dan mentoring dari para ahli bisnis yang berpengalaman. Ini membantu para pelaku UMKM mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang mereka butuhkan untuk mengelola bisnis mereka dengan lebih baik.

Akses ke Jaringan dan Komunitas Bisnis: Melalui “Hetero Space,” pelaku UMKM mendapatkan akses ke jaringan bisnis dan komunitas yang dapat membantu mereka memperluas jangkauan bisnis dan menciptakan peluang baru.

Program “Hetero Space” adalah contoh nyata dari upaya pemerintah Jateng, di bawah Ganjar Pranowo, dalam memberikan dukungan holistik kepada pelaku UMKM untuk meningkatkan daya saing mereka dalam dunia bisnis.

Baca Juga: 3 Fakta Mahfud MD yang Inspiratif

Lapak Ganjar

“Lapak Ganjar” adalah program lain yang memberikan dorongan besar bagi UMKM di Jawa Tengah. Program ini menawarkan fasilitas yang meliputi:

Tempat Usaha: “Lapak Ganjar” menyediakan tempat usaha kepada pelaku UMKM, yang dapat membantu mereka memulai atau mengembangkan bisnis mereka.

Pelatihan dan Pendampingan Bisnis: Selain itu, program ini juga memberikan pelatihan dan pendampingan bisnis kepada peserta. Ini meliputi edukasi tentang pemasaran produk dan strategi bisnis.

Pameran Produk: “Lapak Ganjar” memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM untuk memamerkan produk-produk mereka, sehingga lebih banyak orang dapat mengenal dan membeli produk-produk lokal berkualitas.

Hingga saat ini, sudah ada hampir 3.000 pelaku usaha yang bergabung dalam program “Lapak Ganjar,” dan program ini terus tumbuh, memberikan manfaat yang signifikan bagi komunitas UMKM di Jateng, bahkan di Indonesia.

Salah satu UMKM yang berhasil dikembangkan Lapak Ganjar adalah Wijaya Madu Borobudur, sebuah produsen madu lokal yang sekarang dikenal di seluruh Indonesia dan bahkan di luar negeri seperti Swiss dan Belanda.

Kesuksesan ini menunjukkan bahwa program-program semacam ini memiliki potensi besar untuk membantu UMKM memperluas jangkauan mereka dan bersaing di kancah nasional maupun internasional.

Ke 3 program ini menunjukkan bukti kemampuan Ganjar Pranowo dalam kontribusinya meningkatkan dan mengelola ekonomi.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *