Blog Post

Gerakan > Election > 3 Prestasi Ganjar Pranowo di Jawa Tengah
Ganjar Pranowo Dikenal Dengan Gaya Kepemimpinan Transformasional, Apa itu?

3 Prestasi Ganjar Pranowo di Jawa Tengah

Spread the love

Selama kepemimpinannya di Jawa Tengah, Calon Presiden Ganjar Pranowo meraih prestasi yang mengesankan, termasuk dalam upaya menurunkan tingkat kemiskinan dan meningkatkan kualitas hidup penduduk provinsi tersebut.

Prestasi-prestasinya dalam mengatasi masalah kemiskinan melibatkan berbagai tindakan, mencakup perbaikan dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM), implementasi program bantuan sosial, peningkatan kualitas pendidikan, investasi dalam infrastruktur, serta pemberdayaan ekonomi masyarakat, terutama para petani dan kelompok rentan.

Begitu juga dalam hal upaya menurunkan angka kemiskinan, Ganjar Pranowo telah mencapai prestasi penting dalam memimpin Jawa Tengah. Berikut ini adalah beberapa prestasinya.

3 Prestasi Ganjar Pranowo dalam Mengurangi Kemiskinan di Jawa Tengah

1. Program Satu SKPD Satu Desa Binaan

Calon Presiden Ganjar Pranowo telah mencorehkan prestasinya yang begitu gemilang dalam menangani angka kemiskinan di provinsi Jawa Tengah.

Dalam upaya menekan kemiskinan, ia memperkenalkan program “Satu SKPD Satu Desa Binaan,” yang melibatkan seluruh SKPD, dinas, dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk memberikan binaan kepada desa-desa miskin.

Program ini menekankan kolaborasi pemerintah di sektor, seperti perekonomian dan kesehatan dalam pembinaan desa-desa miskin. Hasil dari program ini adalah penurunan yang signifikan dalam hal angka kemiskinan di Jawa Tengah.

Data dari BPS setempat mengungkapkan bahwa penduduk miskin di provinsi ini berkurang sebanyak 102,57 ribu jiwa pada bulan September 2021. Jika dibandingkan dengan posisi pada Maret 2021, penurunan ini bahkan lebih besar, yakni mencapai 278,31 ribu jiwa.

Prestasi ini menunjukkan keseriusan dan komitmen Ganjar Pranowo dalam meningkatkan kualitas hidup penduduk Jawa Tengah melalui program-program inovatif seperti “Satu SKPD Satu Desa Binaan.”

2. Menaikkan Gaji Guru Honorer

Prestasi Calon Presiden Ganjar Pranowo yang berikutnya dalam mengurangi angka kemiskinan di Jawa Tengah juga mencakup upaya peningkatan kesejahteraan guru honorer di provinsi tersebut.

Sejak tahun 2017, ketika ia masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar mengambil tindakan berani dengan mengeluarkan kebijakan untuk menyamakan gaji guru honorer dengan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK).

Keputusan ini berarti peningkatan yang signifikan dalam penghasilan para guru honorer yang sebelumnya mendapatkan gaji yang sangat rendah.

Salah satu contoh nyata dari dampak positif kebijakan ini adalah cerita Ekasari Lukitawati, seorang guru honorer di Tegal. Setelah Ganjar Pranowo menaikkan gajinya, Eka sekarang menerima gaji sebesar 2,3 juta rupiah per bulan, yang merupakan peningkatan signifikan dari gaji sebelumnya yang hanya sekitar 200 ribu rupiah per bulan.

Baca Juga: Perhatian Ganjar Pranowo Terhadap Sektor Pendidikan

Prestasi dari kebijakan ini tidak hanya menghasilkan peningkatan pendapatan bagi para guru honorer tetapi juga memiliki dampak positif lebih luas pada kesejahteraan ekonomi mereka, yang pada gilirannya turut berkontribusi pada penurunan angka kemiskinan di Jawa Tengah.

3. Kebijakan Pemberian Zakat

Calon Presiden Ganjar Pranowo telah mengambil berbagai langkah inovatif dalam upayanya mengentaskan angka kemiskinan di Jawa Tengah. Salah satu kebijakan yang diterapkannya adalah memaksimalkan pengumpulan zakat dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Demi mencapai hal itu, Ganjar memutuskan untuk memotong gaji ASN sebesar 2,5 persen untuk zakat melalui Surat Edaran (SE) Gubernur Jateng. Keputusan ini didasari oleh laporan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengenai penerimaan dan pemanfaatan zakat sepanjang tahun 2018.

Hingga pekan kedua Oktober 2022, program ini telah berhasil mengumpulkan zakat sebesar Rp57 miliar dari ASN. Dampaknya sangat signifikan, dengan angka kemiskinan di Jawa Tengah turun sebanyak 124,2 ribu jiwa. Inisiatif ini menunjukkan komitmen Ganjar Pranowo untuk mengatasi masalah kemiskinan di wilayahnya.

Selain program zakat, Ganjar juga memberikan bantuan kepada pondok pesantren, termasuk renovasi masjid dan mushola, serta memberikan beasiswa kepada santri. Selain itu, ia juga memberikan bantuan kepada kaum yatim piatu dan dhuafa.

Itu dia prestasi Calon Presiden Ganjar Pranowo dalam menekan angka kemiskinan di Jawa Tengah. Melalui langkah-langkah itu, Ganjar Pranowo telah membuktikan bahwa ia adalah seorang pemimpin yang sangat peduli dan fokus dalam upayanya untuk mengentaskan kemiskinan di Jawa Tengah.

1 Comment

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *